5 Manfaat SMTP Relay yang Buat Email Marketing Sukses

SMTP Relay memiliki peran yang krusial dalam pengiriman email marketing Anda. Seperti yang Anda tahu, email marketing menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif dan efisien saat ini.

Menurut laporan dari Campaign Monitor, email marketing rata-rata menghasilkan pengembalian investasi (ROI) sebesar 44:1. Angka tersebut berarti bahwa setiap USD 1 yang diinvestasikan dalam email marketing menghasilkan USD 44.

Tidak heran jika banyak perusahaan besar di dunia menggunakan cara ini untuk menjangkau calon pelanggan baru dan mengelola pelanggan lama bisnis mereka.

Lalu, apa sebenarnya peran SMTP Relay dalam email marketing? 

SMTP Relay memungkinkan bisnis Anda mengirim email massal dengan lancar, melindungi reputasi Anda, dan menghindarkan email Anda dari daftar blokir.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui lebih dalam tentang konsep, cara kerja, dan peran SMTP Relay termasuk berbagai manfaatnya untuk bisnis Anda.

Apa itu SMTP Relay?

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Relay adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan email dari satu server ke server lainnya melalui pihak ketiga.

Layanan ini umumnya digunakan untuk mengatasi beberapa masalah ketika Anda ingin mengirimkan email secara massal, beberapa di antaranya seperti:

  • Pembatasan jumlah email yang dapat dikirim oleh server email pengirim dalam satu waktu.
  • Menghindari email masuk ke kotak spam.
  • Ketika server email pengirim tidak dapat terhubung langsung ke server email penerima. 

Selain itu SMTP Relay juga dapat membantu meningkatkan keamanan email bisnis Anda dengan memperkenalkan lapisan tambahan antara pengirim dan penerima.

Cara Kerja SMTP Relay

Cara kerja SMTP Relay sebenarnya cukup sederhana, sebelum email yang Anda kirimkan sampai ke tujuan akhir atau alamat email penerima, email tersebut akan terlebih dahulu melewati server email relay.

Beberapa tahapannya bisa Anda lihat sebagai berikut :

  1. Anda mengirimkan email melalui klien email seperti Microsoft Outlook atau Gmail.
  2. Pesan email tersebut tidak langsung dikirimkan ke server email tujuan, melainkan akan diteruskan ke server email relay yang bertindak sebagai pengantar email.
  3. Setelah email masuk di server relay, maka email Anda akan diperiksa untuk memastikan tidak ada masalah yang bisa menghambat email Anda sampai ke tujuan akhir.
  4. Setelah email melewati proses pemeriksaan di server email relay, email yang Anda kirimkan kemudian diteruskan ke server email penerima untuk disampaikan ke akun email tujuan.

Dibandingkan dengan server email konvensional, SMTP Relay memberikan berbagai kelebihan ketika Anda ingin menjalankan strategi email marketing.

Baik itu dalam hal kemudahan, keamanan, akses, dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi ketika Anda mengirimkan email.

Manfaat SMTP Relay untuk Pengiriman Email Marketing

Foto layar iPhone menunjukkan ikon aplikasi Google, Apple Mail dan Phone
Email marketing masih menjadi strategi efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Gambar oleh Torsten Dettlaff di Pexels.

Sebelum memutuskan untuk memilih dan menggunakan layanan SMTP Relay yang tepat, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui manfaat dari layanan yang satu ini.

Berikut ini 5 manfaat SMTP Relay yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pengiriman email marketing untuk bisnis.

1. Delivery Email Terjamin

Reputasi domain dan alamat IP Anda menjadi salah satu penentu apakah email Anda diarahkan ke kotak masuk penerima atau justru masuk ke folder spam.

Di sinilah peran penting dari layanan SMTP Relay.

Penyedia layanan SMTP Relay akan menambahkan bisnis Anda ke dalam kumpulan pengirim bereputasi tinggi yang dapat dipercaya sekaligus menjaga reputasi IP Anda.

Dengan begitu, tingkat keterkiriman email Anda akan tinggi dan membantu menghindari email marketing masuk ke kotak spam. 

2. Mengirim Email Dalam Volume Besar

SMTP Relay dapat membantu meningkatkan pengiriman email marketing Anda dengan menangani masalah pembatasan jumlah email yang dapat dikirim oleh server email pengirim dalam satu waktu. 

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirim email marketing dalam jumlah besar dan memastikan bahwa email marketing tersebut sampai ke kotak masuk pelanggan.

3. Dukungan Teknis dari Pakar SMTP Relay

Penyedia layanan SMTP Relay yang baik tentunya ingin benar-benar memudahkan pekerjaan Anda dalam menjalankan email marketing.

Selain menyediakan infrastruktur email terbaik, biasanya mereka juga akan menyediakan dukungan teknis dari pakar yang berpengalaman untuk membantu Anda ketika mengalami masalah pengiriman email.

4. Hemat Sumber Daya dan Biaya

Kalau berkaitan dengan penghematan biaya dan sumber daya, semua pemilik bisnis tentu saja akan mempertimbangkan hal ini.

Ketika perusahaan atau bisnis Anda menggunakan layanan SMTP Relay, Anda bisa menghemat biaya-biaya yang harus Anda bayarkan ketika memilih mengelola SMTP Anda sendiri.

Biaya tersebut bisa berupa biaya server email, biaya bandwidth, serta biaya pengiriman email yang gagal.

Itulah kenapa memilih menggunakan layanan SMTP Relay bisa jauh lebih hemat sumber daya dan juga biaya.

5. Mudah untuk Di-Scale Sesuai Kebutuhan

Berjalannya waktu, Anda tentu akan memiliki lebih banyak prospek yang perlu terus dikelola.

Yang awalnya hanya ratusan, mungkin meningkat menjadi ribuan bahkan puluhan ribu customer dan calon customer yang perlu Anda kirimkan email marketing. 

SMTP Relay memungkinkan Anda untuk melakukan scale up dan memperbesar volume email sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap penyedia layanan SMTP Relay biasanya sudah menyediakan paket serta fitur pendukung yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca juga: Apa itu Internet Marketing dan 10 Contoh Terbaiknya

Pilih Penyedia SMTP Relay Terbaik untuk Campaign Email Marketing Anda!

Menjalankan email marketing memang tidak sesederhana membuat email lalu mengirimkannya ke banyak orang agar mereka mau membeli produk yang Anda jual.

Ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan agar strategi email marketing yang Anda jalankan bisa memberikan dampak yang baik untuk bisnis atau perusahaan, termasuk dalam hal keterkiriman email.

Jika Anda mencoba untuk mengelola SMTP Anda sendiri, waktu Anda mungkin akan habis untuk memantau dan mengelola hal-hal teknis pengiriman email.

Oleh karena itu, layanan SMTP Relay menjadi satu bagian yang Anda butuhkan dalam pekerjaan ini, karena layanan SMTP Relay akan membantu untuk memastikan email yang Anda kirimkan bisa sampai ke tujuan dengan baik, bahkan ketika Anda mengirimkan email dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

Setelah mengetahui berbagai hal mulai dari definisi, cara kerja serta manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan SMTP Relay, kini Anda bisa mulai mencoba untuk menggunakan layanan SMTP Relay untuk membantu pengiriman email marketing Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *