Strategi Pemasaran Email Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda Berkembang

strategi pemasaran email

Sebelum tahu lebih dalam tentang strategi pemasaran email, mungkin disini ada yang belum tau apa itu email marketing? Jadi, kita kenali dulu yuk! apa yang dimaksud email marketing. Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk ataupun yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email newsletter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan atau calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan pengguna email global yang mencapai 4 miliar pada tahun 2020, potensi memasuki dunia pemasaran email sangat besar untuk bisnis di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan mencapai 4,6 miliar pada tahun 2025. Selain itu, pemasaran email menghasilkan ROI (Return on Investment) rata-rata $42. Tidak heran jika 87% pemasar B2B menganggap email sebagai salah satu saluran distribusi organik gratis teratas.

Cara Pemasaran Email Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis Anda

strategi pemasaran email

Strategi pemasaran email merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan bisnis Anda agar tetap berada di depan pesaing. Banyak orang berharap dapat berkomunikasi dengan bisnis melalui email. Sederhananya, jika pemasaran email dilakukan dengan benar, maka dapat membantu Anda menghasilkan penjualan dan pendapatan untuk bisnis Anda yang belum pernah ada sebelumnya.

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan strategi pemasaran email Anda:

1. Buat Proses Pendaftaran Lancar

Langkah pertama menuju keberhasilan pemasaran email Anda adalah membawa pelanggan ke dalamnya. Dari mempermudah proses pendaftaran hingga memberi pengunjung alasan untuk mendaftar. Singkatnya, formulir pendaftaran yang sederhana dan lugas akan menarik pengunjung untuk memberi kesempatan pada situs web Anda dengan mendaftar.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tentang tampilan. Jika Anda akan menampilkan popup pada formulir pendaftaran, maka Anda juga harus memperhatikan tampilan popup, jika popup muncul di layar penuh dan mengaburkan konten di latar belakang, kemungkinan pengunjung terganggu dan meninggalkan formulir pendaftaran di tengah jalan.

2. Kirim Email yang Sesuai dengan Pelanggan Anda

Setelah mendaftar, pekerjaan sebenarnya dimulai ketika Anda harus mengirim email ke pelanggan Anda. Penting untuk membuat email Anda layak dibaca. Pada intinya, jangan sampai pelanggan Anda merasa kecewa dengan email yang Anda kirim. Dari baris subjek yang menarik hingga salinan yang diklik, email Anda harus menarik pelanggan Anda untuk membuka dan mengkliknya. Sebanyak 47% penerima email membuka email hanya berdasarkan baris subjek dan akun salinan email yang efektif. Oleh karena itu, pastikan baris subjek tepat dan to the point beserta salinan yang menarik dan sepadan dengan waktu pelanggan.

Baca juga: 5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

3. Jaga agar Email Anda Tetap Segar dan Menarik

Pastikan Anda menjaga konten Anda tetap unik. Jangan biasakan mengirim email promosi, Anda dapat melakukannya se-sekali saja. Selebihnya kirimkan buletin yang menarik. Anda juga dapat memberitahu pelanggan Anda tentang produk dan layanan baru melalui email pemasaran Anda.

4. Personalisasi Adalah Kuncinya

80% konsumen lebih suka membeli dari merek yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Selain itu, 90% konsumen di AS menantikan pesan pribadi yang relevan dari merek. Oleh karena itu, mempersonalisasi kampanye email Anda dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan buka secara signifikan. Jadi, alih-alih mengganggu pelanggan Anda dengan email umum, Anda harus mengerjakan personalisasi. Dari menyapa pelanggan dengan nama depan mereka hingga mengirim rekomendasi produk berdasarkan riwayat penelusuran mereka, ada banyak strategi personalisasi yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Selanjutnya, mengirim email dengan menggunakan nama orang sungguhan di alamat “dari” adalah taktik hebat lainnya dalam personalisasi email. Bahkan 68% orang Amerika membuka email dengan melihat nama pengirimnya. Dengan kata lain, mengirim email dari orang sungguhan tidak hanya memberikan sentuhan yang akrab pada email, tetapi juga meningkatkan kredibilitas dan efektivitas email.

Selain itu, memanfaatkan tanggal penting pelanggan Anda seperti ulang tahun mereka juga dapat meningkatkan strategi personalisasi Anda. Pelanggan pasti akan terlibat dengan email Anda, sehingga meningkatkan konversi dan pendapatan Anda.

5. Bekerja Menuju Segmentasi Email

Segmentasi membantu pemasar menghasilkan pendapatan lebih banyak. Itulah alasan 84% pemasar di seluruh dunia telah memanfaatkan segmentasi dalam kampanye email mereka. Berikut adalah beberapa dari banyak kriteria segmentasi yang dapat Anda gunakan untuk kampanye pemasaran email Anda.

Demografi

Usia, jenis kelamin, lokasi, dan pendapatan adalah data demografis yang dapat Anda gunakan untuk mengelompokkan daftar pelanggan Anda dan menargetkannya sesuai dengan itu.

Geografi

Lokasi geografis merupakan aspek penting dari segmentasi email. Dari tempat pelanggan sering berbelanja hingga zona waktu tempat mereka berada, mengirim email yang ditargetkan secara khusus kepada seseorang pasti akan mendorong kampanye email Anda menuju kesuksesan dengan meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi.

Pembelian Sebelumnya

Riwayat pembelian pelanggan juga memainkan peran penting dalam segmentasi email. Anda dapat mengirim email rekomendasi untuk produk yang serupa dengan pembelian mereka sebelumnya. Selanjutnya, Anda dapat mengirim email kepada mereka dengan memahami persyaratan masa depan mereka.

Misalnya, jika pelanggan Anda sebelumnya membeli produk yang perlu diisi ulang atau diperpanjang, Anda dapat menghitung kapan ia akan kehabisan produk tersebut dan mengirimkannya email setelah beberapa bulan menyarankan untuk memesan ulang/mengisi ulang produk tersebut. Inilah cara Rockin’ Wellness melakukannya seperti seorang profesional.

6. Pilih Pengoptimalan Email Seluler

Perangkat seluler menyumbang 60% dari email yang dibuka. Selain itu, email ramah seluler adalah strategi kedua yang paling banyak digunakan yang diadopsi oleh pemasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran email mereka. Jika Anda belum mengoptimalkan email untuk seluler, Anda pasti akan kehilangan sebagian besar pelanggan Anda. Anda dapat membuat email ramah seluler dengan menjaga baris subjek Anda tetap pendek. Sementara versi desktop email menampilkan 60 karakter baris subjek, versi seluler hanya menampilkan 25 karakter yang sama. Jadi, seperti yang sudah disebutkan, Anda harus menjaga baris subjek Anda singkat dan langsung ke intinya. Kemudian teks pra-tajuk juga memainkan peran besar dalam membuat email yang ramah seluler. 

Selain itu, Anda harus menjaga agar salinan email Anda tetap singkat dan menempatkan ajakan bertindak CTA (Call To Action) Anda di bagian atas. Ini akan meningkatkan kemampuan klik email Anda.

7. Pertimbangkan Mengotomatiskan Email Anda

Otomatisasi email dapat mengambil banyak pekerjaan dari bahu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan kampanye otomatisasi. Dari email sambutan dan tindak lanjut hingga konfirmasi pesanan dan email keterlibatan kembali, otomatisasi dapat dengan mudah membantu Anda merampingkan komunikasi dengan pelanggan tanpa Anda harus menginvestasikan waktu di dalamnya. Dan dengan begitu banyak waktu yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten email luar biasa yang diklik dan dikonversi. Tidak heran ini adalah strategi ketiga yang paling banyak digunakan oleh pemasar email untuk mempercepat kinerja email mereka!

8. Manfaatkan Pengujian A/B

Setelah selesai dengan semua strategi di atas, Anda harus menguji kampanye email Anda secara A/B. Lagi pula, bisnis yang menggunakan pengujian A/B untuk setiap kampanye email mereka menyaksikan peningkatan pendapatan 37% lebih banyak daripada bisnis yang tidak pernah memilih pengujian A/B.

Pengujian A/B memungkinkan Anda mengirim dua variasi kampanye email yang berbeda kedua subkumpulan pelanggan, sehingga memberi Anda gambaran tentang kampanye mana yang memperoleh hasil lebih tinggi. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu Anda memahami kampanye mana yang akan berkinerja lebih baik, sehingga memudahkan Anda untuk menerapkan versi terbaik kampanye Anda pada tingkat yang lebih besar.

Kesimpulannya, dari personalisasi dan segmentasi hingga otomatisasi dan pengoptimalan seluler, pemasaran email dapat terbukti menjadi pengubah permainan untuk bisnis Anda. Singkatnya, dengan menggunakan teknik yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah merampingkan strategi pemasaran email Anda dan membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Jadi, lanjutkan dan berikan bisnis Anda awal yang dibutuhkan melalui kampanye pemasaran email yang sempurna.

Baca Juga : Email Marketing untuk Bisnis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?