5 Text Editor Terbaik Untuk Web Developer (Update 2022)

Bagikan ke media sosial

Text editor adalah hal utama yang harus Anda tentukan sebelum Anda melangkah lebih jauh menjelajahi dunia pengembangan web.

Ibarat seorang desainer, memilih software dengan fitur yang lengkap akan membantunya menyajikan sebuah desain yang memanjakan mata.

Begitu pula dengan seorang web developer, Anda membutuhkan sebuah text editor yang bisa menunjang pekerjaan Anda. Sehingga proyek yang Anda kerjakan bisa selesai dengan cepat dengan hasil yang memuaskan.

Dalam artikel ini, kami akan meninjau 5 text editor terbaik dan 1 honorable mention, mengeksplorasi kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan memberikan informasi tentang popularitas text editor dari 2015 hingga 2021. Setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat memilih text editor terbaik untuk Anda.

Apa itu Text Editor?

Text editor atau sering disebut dengan code editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh developer atau programmer untuk menulis dan menyusun kode pemrograman.

Aplikasi ini menjadi kebutuhan wajib bagi setiap programmer apapun bahasa pemrograman yang akan digunakan. Baik itu JavaScript, Phyton, PHP, C++, Ruby dan lain sebagainya.

Selain berfungsi untuk menuliskan kode program, text editor juga berfungsi untuk mempermudah Anda dalam mencari kata pada sebuah file ataupun folder. Kemudian Anda juga bisa menggunakannya untuk mengurutkan data dari yang terbesar hingga yang terkecil atau sebaliknya. 

Bukan hanya seorang web developer yang memanfaatkan code editor. Apps developer dan segala sesuatu yang berhubungan dengan coding pasti membutuhkan code editor.

Pertimbangan Dalam Memilih Text Editor

Sebelum memutuskan memilih satu code editor yang ingin Anda gunakan, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan pilihan tersebut dari berbagai sisi, misalnya:

Kurva Belajar

Anda perlu mempelajari banyak hal penting jika ingin menjadi seorang developer handal. Contohnya seperti memahami bahasa pemrograman, metode pengembangan website, framework dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui posisi kurva belajar Anda saat ini sehingga akan lebih mudah dalam menentukan text editor yang cocok dengan Anda.

Baca juga: 9 Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat

Kapabilitas

Banyaknya text editor yang tersedia tentu akan membuat Anda pusing memilihnya. Karena setiap text editor tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Sebuah text editor mungkin saja mampu melakukan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan oleh text editor lain, begitu pun sebaliknya. Jadi, pertimbangkan baik-baik kemampuan sebuah text editor, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ekstensi

Tidak semua alur pemrograman bisa Anda lakukan secara langsung di text editor. Ada juga alur pemrograman yang tidak didukung sebuah text editor sehingga Anda perlu menambahkan ekstensi. 

Misalnya penggunaan code snippets, code highlighting, auto-completion dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan dukugan ekstensi pada code editor sebelum menjatuhkan pilihan.

Kecepatan

Kecepatan sebuah text editor juga menjadi salah satu hal yang penting Anda pertimbangkan. Semakin ringan dan cepat sebuah text editor tentunya akan lebih mempercepat pekerjaan Anda ketika melakukan pemrograman.

5 Text Editor Paling Banyak Digunakan

Ada banyak code editor yang bisa Anda pilih, mulai dari code editor gratis hingga yang berbayar.

Setiap code editor tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbedaan tersebut bisa dalam segi kelengkapan fitur, kecepatan, maupun dukungan integrasi dengan program lain di luar code editor tersebut.

Berikut ini adalah daftar text editor populer yang bisa Anda pilih.

1. Visual Studio Code

Situs Resmi: https://code.visualstudio.com/
Harga: Gratis
Pengembang: Microsoft
Sistem Operasi: macOS, Windows, Linux

Visual Studio Code merupakan text editor gratis buatan Microsoft. Anda bisa menggunakan Visual Studio Code untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, hingga MacOS.

Software yang satu ini mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, C++ dan masih banyak lagi.

Nilai plus Visual Studio Code adalah dukungan ekstensi yang melimpah. Dengan menginstall ekstensi Anda bisa menambah dukungan bahasa pemrograman baru, mengganti tema, atau menghubungkan dengan layanan pendukung lainnya.

Kelebihan lain Visual Studio Code yaitu terintegrasi dengan Git secara bawaan. Ini akan memudahkan Anda berkolaborasi dengan rekan programmer dalam tim Anda.

antarmuka visual studio code
Antarmuka Visual Studio Code. Foto oleh Mohammad Rahmani dari Unsplash

Fitur Unggulan Visual Studio Code

  • Dukungan bahasa pemrograman yang luas
  • Mode Zen – menghapus semua menu dan elemen antarmuka yang tidak Anda perlukan
  • IntelliSense – syntax highlighting dan autocomplete
  • Built-in Git

Kelebihan Visual Studio Code

  • Gratis, open source dan aktif dikembangkan
  • Multi-paltform, Mendukung sistem operasi Windows, MacOS dan Linux
  • Dapat disesuaikan berkat koleksi ekstensi yang melimpah
  • Anda dapat men-debug kode langsung di editor
  • Mudah digunakan baik untuk pemula maupun pengembang berpengalaman

Kekurangan Visual Studio

  • Kurang tangkas di komputer dengan spesifikasi rendah.

2. Notepad++

Situs Resmi: https://notepad-plus-plus.org/
Harga: Gratis
Pengembang: Don Ho
Sistem Operasi: Windows

Notepad++ juga masuk dalam daftar text editor terbaik yang banyak digunakan pengembang web di dunia.

Notepad++ adalah text editor sumber terbuka yang ditulis dalam bahasa C++ dan didasarkan pada komponen pengeditan Scintilla.

Notepad++ mendukung banyak fitur, termasuk penyimpanan otomatis, line bookmarking, pengeditan simultan, dan antarmuka tab untuk membuka banyak dokumen. Ada 140 plugin yang tersedia untuk digunakan di Notepad++.

Dibandingkan dengan Visual Studio Code, Notepad++ jauh lebih ringan saat digunakan untuk coding. Sehingga tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang terlalu tinggi untuk menggunakannya.

Kelebihan lain dari Notepad++ yaitu memiliki pengaturan yang sangat mudah dipahami.

Buat Anda yang membuat program yang kompleks, fitur sederhana yang dimiliki Notepad++ mungkin menjadi kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan lagi.

Tangkapan layar Notepad++
Tangkapan layar Notepad++. Gambar dokumentasi resmi dari Notepad++

Fitur Unggulan Notepad++

  • Mendukungan banyak bahasa pemrograman
  • Code folding – menyembunyikan blok kode agar tetap bersih dan rapi
  • Kemampuan membuka banyak file
  • Synchronize Vertical Scrolling

Kelebihan Notepad++

  • Open source dan gratis
  • Editor yang canggih namun tetap mudah digunakan
  • Dukungan plugin untuk menambah fungsi

Kekurangan Notepad++

  • Kurang cocok untuk pengguna yang membutuhkan fungsionalitas lebih luas
  • Hanya tersedia untuk platform Windows

3. Vim

Situs Resmi: https://www.vim.org/
Harga: Gratis
Pengembang: Bram Moolenaar
Sistem Operasi: macOS, Windows, Linux

Sudah ada sejak 1991, Vim menjadi salah satu code editor tertua yang masih banyak digunakan sampai hari ini. Vim sendiri sangat populer di kalangan developer karena Vim bisa dikustomisasi dan bisa Anda gunakan secara gratis.

Vim juga sudah mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti PHP, C, dan bash script. Di samping itu, adanya catatan riwayat di Vim akan memudahkan Anda untuk kembali ke bagian yang Anda inginkan ketika terjadi kesalahan.

Kemudian jika ditanya soal kecepatan, Vim menjadi salah satu text editor terbaik yang ringan dan dapat diandalkan dalam hal kecepatan. Hal ini tentu akan menunjang pekerjaan Anda ketika membangun website yang kompleks.

Kelebihan lain yang dimiliki Vim tentunya berkaitan dengan banyaknya plugin yang bisa Anda install sehingga bisa akan lebih meningkatkan produktivitas Anda. Vim juga bisa Anda gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Namun, bagi Anda yang baru belajar programing, Anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan karena feature set yang kurang familiar dibandingkan text editor lainnya.

Antarmuka Vim
Antarmuka Vim. Gambar oleh Carolinedmoreschi dari Wikimedia Commons.

Fitur Unggulan Vim

  • Mendukung hampir semua bahasa pemrograman
  • Cocok untuk refactoring, penulisan ulang kode untuk menghasilkan kode yang lebih baik
  • Mendukung pintasan keyboard

Kelebihan Vim

  • Mudah dikustomisasi
  • Dukungan ekstensi yang dapat membuat Vim menjadi IDE yang lengkap
  • Mendukung berbagai sistem operasi

Kekurangan Vim

  • Sulit dipelajari bagi pemula karena aplikasi ini berbasis Command Line

4. Sublime Text

Situs Resmi: https://www.sublimetext.com/
Harga: Percobaan gratis, lisensi penuh USD99
Pengembang: Sublime HQ Pty Ltd
Sistem Operasi: macOS, Windows, Linux

Sublime Text sudah pasti masuk ke dalam daftar text editor terbaik yang mungkin perlu Anda coba. Software text editor ini sangat kaya akan fitur, memiliki tampilan yang dinamis, serta cukup terkenal di kalangan para web developer.

Anda bisa menggunakan Sublime Text di sistem operasi Windows, MacOS, maupun Linux. Namun, dari ketiga sistem operasi tersebut, Anda akan merasakan performa yang maksimal jika menggunakan Linux.

Beberapa kelebihan Sublime Text di antaranya memiliki split mode yang memungkinkan Anda membuka beberapa kolom, grid, dan baris dalam waktu bersamaan. Kemudian fitur multi selection yang bisa membantu Anda mengubah beberapa kode di baris atau kolom yang berbeda secara bersamaan.

Penggunaan resource data yang kecil dengan fitur-fitur yang modern juga menjadi kelebihan yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk menggunakan Sublime Text. 

Sayangnya, untuk menikmati semua fitur Sublime Text Anda perlu mengeluarkan biaya USD99. Fitur gratis hanya bisa Anda gunakan dalam waktu yang terbatas.

Demo Fitur Unggulan Sublime Text
Demo fitur split pane dan navigasi di Sublime Text. Gambar dokumentasi resmi Sublime Text.

Fitur Unggulan Sublime Text

  • Mendukung berbagai macam bahasa pemrograman
  • Multi-Selection, untuk mengubah beberapa kode sekaligus
  • Split-Editing, untuk menulis kode di monitor layar lebar
  • Distraction Free Mode, untuk fokus menulis kode tanpa ganguan

Kelebihan Sublime Text

  • Mudah digunakan, cocok untuk pemula
  • Sangat ringan, tidak memberatkan komputer meski spesifikasinya rendah
  • Desain antarmuka yang nyaman dilihat
  • Fungsi pencarian yang cepat
  • Dapat diinstall di berbagai sistem operasi baik Windows, MacOS maupun Linux

Kekurangan Sublime Text

  • Untuk menikmati semua fitur harus menggunakan versi berbayar

5. Emacs

Situs Resmi: https://www.gnu.org/software/emacs/
Harga: Gratis
Pengembang: Free Software Foundation, Inc. 
Sistem Operasi: macOS, Windows, Linux

Buat pengguna linux, Emacs bisa menjadi text editor terbaik yang bisa diandalkan. Usia Emacs sendiri sudah cukup tua bahkan lebih tua dari Vim. Software ini sudah ada sejak 1975 yang ditulis oleh Richard Stallman.

Emacs mendukung banyak bahasa pemrograman atau bahasa markup. Anda bisa menggunakan Emacs untuk melakukan running, compiling, ataupun testing program. 

Salah satu fitur Emacs yang bernama Tramp memungkinkan Anda untuk mengedit file dari jarak jauh. Anda bisa mengedit file dari komputer lain melalui SSH, FTP dan metode lainnya.

Meskipun sebenarnya sudah cukup untuk mendukung pekerjaan Anda sebagai web developer, namun masih banyak keterbatasan yang dimiliki oleh Emacs.

Antarmuka aplikasi Emacs
Antarmuka aplikasi Emacs. Gambar dokumentasi resmi GNU Emacs.

Fitur Unggulan Emacs

  • Mendukung berbagai bahasa pemrograman
  • Multi Platform, dapat diinstall di berbagai sistem operasi
  • Tidak sekadar text editor, Emacs juga bisa digunakan untuk Project Planner, Calendar, IRC Client, dan pembaca email dan berita
  • Mendukung ekstensi untuk menambah fungsionalitas

Kelebihan Emacs

  • Gratis dan open sources
  • Dapat dikustomisasi

Kekurangan Emacs

  • Tidak cocok untuk pengguna pemula

Honorable Mention, Neovim

Situs Resmi: https://neovim.io/
Harga: Gratis
Pengembang: Neovim Team 
Sistem Operasi: macOS, Windows, Linux

Neovim adalah fork dari Vim dengan tujuan meningkatkan basis kode (30% lebih sedikit dibanding Vim), mengembangkan API, dan menambahkan sentuhan modern dengan tetap mempertahankan filosofi Vim.

Beberapa fitur baru yang ditambahkan oleh tim pengembangan Neovim adalah pemrosesan asinkron dan emulator terminal bawaan.

Mulai aktif dikembangkan sejak 2014, kini pengguna Neovim mencapai 400 ribu pengembang dan terus meningkat tiap tahunnya.

Neovim bisa diinstall di sistem operasi Linux, Windows, dan MacOS secara gratis.

Start Screen dan fuzzy finder Neovim
Start screen dan fuzzy finder Neovim. Gambar dokumentasi resmi Neovim.

Fitur Utama Neovim

  • Cepat
  • Emulator Terminal yang sudah built-in
  • Dapat dikustomisasi dengan beragam pilihan tema dan plugins. Neovim kompatibel dengan sebagian besar plugin Vim.

Kelebihan Neovim

  • Gratis dan open sources
  • Multi platform, mendukung sistem operasi Windows, macOS, dan Linux
  • Antarmuka lebih modern dibanding Vim

Kekurangan Neovim

  • Tidak cocok untuk pemula, perlu kustomisasi di awal penggunaan

Grafik Popularitas Text Editor 2015-2022

Pembaruan dan penambahan fitur dari berbagai jenis dukungan text editor membuat popularitasnya terus berubah dari tahun ke tahun.

Menurut survey tahunan StackOverflow, Notepad++ menjadi text editor paling populer digunakan para programer pada 2015 dan 2016. Kemudian diikuti Sublime Text, Vim, dan Emacs.

Namun mulai 2017 hingga 2021, popularitas Notepad++ digeser oleh Visual Studio Code dengan jumlah persentase yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2021 visual studio code mendapatkan angka popularitas sebesar 71,06% dari jumlah responden sebanyak 82.277.

Tahun 2022 bisa disebut tahunnya Visual Studio Code. Karena hanya Visual Studio Code yang mengalami kenaikan persentase pengguna menjadi 74,48%.

Sementara code editor lainnya mengalami penurunan persentase pengguna rerata 1%-2%, kecuali Sublime Text yang persentase penggunanya turun hampir 4% di tahun 2022.

Rekomendasi Text Editor Terbaik

Sampai pada tahap ini mungkin Anda masih bingung menentukan text editor terbaik yang cocok untuk Anda gunakan. 

Tenang saja, kami akan membagi berbagai jenis text editor tersebut menjadi dua kategori. Pertama, berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan. Kemudian yang kedua, berdasarkan kompetensi yang Anda miliki.

Semoga ini akan lebih mempermudah Anda untuk menentukan text editor terbaik.

1. Pilihan Text Editor Berdasarkan Sistem Operasi

Berikut ini adalah text editor terbaik yang bisa Anda pilih untuk setiap sistem operasi yang Anda gunakan saat ini. Baik itu untuk Windows, macOS, maupun Linux.

Untuk Windows

  • Notepad++ (gratis)
  • Visual Studio Code (gratis)
  • Sublime Text (berbayar)

Untuk macOS

  • Visual Studio Code (gratis)
  • Sublime Text (berbayar)

Untuk Linux

  • Visual Studio Code (gratis)
  • Sublime Text (berbayar)

2. Pilihan Text Editor Berdasarkan Kompetensi Pengguna

Berikut ini adalah text editor terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kompetensi atau pengalaman yang Anda miliki sebagai seorang web developer.

Untuk pemula

  • Visual Studio Code (gratis)
  • Notepad++ (gratis)
  • Sublime Text (berbayar)

Untuk pengguna tingkat lanjut

  • Vim (gratis)
  • Neovim (gratis)

Tentukan Text Editor Terbaik Anda!

Memilih text editor terbaik tentunya akan sangat membantu Anda ketika mengerjakan sebuah proyek. Hal itu tentunya karena beragamnya jenis fitur yang dimiliki serta dukungan lainnya.

Namun, sebaik apapun text editor yang Anda pilih, itu hanya menjadi sebuah alat yang membantu Anda. Hal yang terpenting adalah pengetahuan dan kemampuan Anda dalam menyusun baris demi baris kode yang akan menjadi sebuah produk yang berguna.

Jika Anda masih pemula atau baru belajar, pilihlah satu text editor terbaik yang fiturnya memadai serta bisa mendukung untuk Anda operasikan di perangkat yang Anda miliki.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat. 

Default image

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.