hard-skill-2019-3

7 Hard Skill yang Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2019

Setelah melihat 5 soft skill yang dibutuhkan perusahaan di tahun 2019, ada beberapa hard skill yang perlu Anda ketahui yang mana skill itu dibutuhkan oleh perusahaan saat ini.

Dengan semakin majunya teknologi dalam cloud computing dan artificial intelligence (AI), muncul dorongan untuk meningkatkan pengalaman dalam melakukan pekerjaan secara digital, seperti desain UX, web development, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini merupakan 7 hard skill yang dibutuhkan perusahaan di tahun 2019 menurut Paul Petrone.

1. Cloud Computing

hard-skill-2019-1

Image by Pixabay

Menurut Investopedia, cloud computing adalah metode untuk memberikan layanan teknologi informasi (TI) di mana sumber dayanya diambil dari Internet melalui alat dan aplikasi berbasis web, bukan dengan koneksi secara langsung ke server. Teknologi yang digunakan perusahan besar seperti Google, Microsoft dan yang lainnya telah menggunakan teknologi cloud. Banyak perusahaan di dunia sekarang ini beralih ke layanan cloud. Dan kebutuhan perusahaan terhadap engineer yang memiliki keahlian di bidang cloud computing semakin meningkat.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari keahlian ini, berikut kursus yang disarankan LinkedIn. Diantaranya yaitu Learning Cloud Computing: Networking, Learning Amazon Web Services (AWS) for Developers, AWS for Architects: Advanced Security.

2. Artificial Intelligence

hard-skill-2019-2

Photo by Owen Beard on Unsplash

Mengapa keahlian ini menjadi penting? Karena teknologi AI sudah digunakan oleh perusahaan besar seperti Google dan yang lainnya.

Jika Anda ingin belajar tentang AI dan teknologinya Anda dapat mengambil kursus yang direkomendasikan LinkedIn, yaitu Artificial Intelligence Foundations: Neural Networks, Artificial Intelligence Foundations: Machine Learning, Machine Learning and AI Foundations: Classification Modeling.

3. Analytical Reasoning

hard-skill-2019-3

Photo by Pixabay

Sekarang ini, data sudah menjadi suatu kebutuhan bagi perusahaan. Ketika perusahaan mengumpulkan lebih banyak data daripada sebelumnya, perusahaan sangat membutuhkan profesional yang dapat membuat keputusan cerdas berdasarkan data tersebut.

Anda bisa mengasah kemampuan analyticak reasoning melalui pilihan kursus yang direkomendasikan LinkedIn, yaitu Making Decisions, Decision Making Strategies, Executive Decision Making.

4. People Management

hard-skill-2019-4

Photo by rawpixel on Unsplash

People management menjadi skill yang penting di saat dunia telah berubah dari model “command-and-control” menjadi pemimpin yang dapat melatih dan memberdayakan. Ini adalah salah satu keahlian yang sangat dibutuhkan namun sulit ditemukan.

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana cara memanajemen orang atau karyawan di perusahaan Anda, Anda bisa memilih kursus yang disarankan oleh LinkedIn, seperti Motivating and Engaging Employees, Managing Team Conflict, Leading with Purpose.

5. UX Design

hard-skill-2019-5

Photo by Pixabay

Menurut Interaction Design Foundation, User Experience (UX) merupakan proses menciptakan produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. Hal ini melibatkan desain dari seluruh proses untuk memperoleh dan menggabungkannya menjadi suatu produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan, dan fungsinya. Desain UX itu merupakan kunci untuk membuat dunia yang semakin digital ini berguna bagi kehidupan manusia.

Anda bisa mempelajari UX Design dengan mengikuti kursus yang direkomendasikan LinkedIn, diantaranya adalah UX Foundations: Multidevice Design, UX Design: 01 Overview, UX Research for Agile Teams.

6. Mobile Application Development

hard-skill-2019-6

Photo by William Iven on Unsplash

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak hal bisa dilakukan secara mobile. Skill dalam pembuatan atau pengembangan aplikasi mobile di platform Android dan iOS sangat diperlukan. Keahlian ini cukup banyak peminatnya di tahun ini. Sekarang banyak perusahaan yang memberikan kemudahan kepada pengguna dan customer-nya lewat aplikasi mobile.

Jika Anda berminat untuk terjun di bidang pengembangan aplikasi mobile, Anda bisa mengawalinya dengan kursus yang disarankan LinkedIn, seperti React Native Essential Training, iOS 12 Development Essential Training: 1 Fundamental, UI, and Architecture, iOS 12 Development Essential Training: 2 Web Content, Views, and Distribution.

7. Video Production

hard-skill-2019-7

Photo by Pixabay

Youtube sekarang sudah menjadi sumber informasi dalam bentuk video yang saat ini paling dicari. Para pengguna baru mulai berlomba-lomba membuat video tentang traveling, coding bahkan cara memperbaiki sesuatu dapat Anda temukan disana. Dan sekarang permintaan untuk memproduksi sebuah video kini semakin meningkat karena 70 persen pengguna internet sekarang lebih memilih media streaming untuk menikmati konten video.

Untuk Anda yang ingin belajar tentang video production, Anda bisa mengambil kursus yang disarankan LinkedIn, yaitu Foundations of Video: The Art of Editing, Video Foundations: Cameras and Shooting, Web Video for Business: Creating a Web Series.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah ada pandangan untuk mempelajari hard skill di tahun 2019?

Reference

Foundation, Interaction Design. 2019. What is User Experience (UX) Design?. [Online] Available at : https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design [Accessed January 17, 2019]

, Jake. 2018. Cloud Computing. [Online] Available at :https://www.investopedia.com/terms/c/cloud-computing.asp [Accessed January 17, 2019]

Petrone, Paul. 2019. The Skills Companies Need Most in 2019 – And How to Learn Them
. [Online] Available at :https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design [Accessed January 15, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.