Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 5

9 Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke pekerjaan sebagai programmer, Anda perlu memilih resources yang akan Anda pelajari dan juga melatih kemampuan Anda. Jika Anda sudah melakukannya dan Anda ingin mempercepat perkembangan kemampuan Anda, berikut cara belajar pemrograman dengan cepat menurut Smith Williams.

1. Perjelas tujuan Anda

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 1
Photo by SOCIAL.CUT on Unsplash

Setiap orang yang ingin mempelajari pemrograman, pasti memiliki alasan. Bisa karena ingin melamar pekerjaan sebagai Junior Full-stack Developer, menyelesaikan project akhir sekolah, analisis data, ingin mempelajari machine learning, atau ingin mewujudkan ide membuat suatu aplikasi. Ada banyak alasan dan ada banyak cara yang berbeda juga untuk mencapainya.

Saat Anda memiliki alasan, Anda akan mulai menemukan serangkaian dan tahapan untuk memulainya.

  • Jika Anda ingin membuat situs web statis, dimana Anda tidak perlu menyimpan data, Anda bisa mempelajari HTML, CSS, dan Javascript sebagai permulaan.
  • Jika Anda ingin membangun aplikasi berbasis iOS, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman Swift. Jika Anda ingin membangun aplikasi Android, silakan pelajari bahasa pemrograman Java.
  • Jika Anda ingin membangun aplikasi web yang dinamis, Anda perlu belajar HTML, CSS, dan web framework. Dengan web framework, Anda dapat lebih mudah untuk menyimpan data dan menambahkan animasi ke dalam aplikasi web Anda, seperti kemampuan untuk memiliki akun pengguna dan menampilkan data dari database. Ada beberapa web framework yang populer, diantaranya yaitu:
    • Django, menggunakan bahasa pemrograman Python
    • Ruby on Rails, menggunakan bahasa pemrograman Ruby
    • Meteor, menggunakan bahasa pemrograman JavaScript
    • Laravel, menggunakan bahasa pemrograman ¬†PHP
  • Web framework yang sesuai untuk Anda akan bergantung pada aplikasi apa yang Anda buat.
  • Jika Anda ingin membuat game, Anda dapat mempertimbangkan untuk mempelajari Unity.
  • Jika Anda ingin mempelajari data science atau machine learning, Python beserta library-nya adalah pilihan yang tepat untuk Anda pelajari.

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas tentang apa yang perlu Anda pelajari, kini saatnya Anda memikirkan kerangka waktunya atau timeline. Dengan membuat timeline, Anda bisa melacak progres Anda belajar pemrograman.

Anda perlu mencatat atau menulis hal yang dapat membantu Anda tetap termotivasi dan melihat kemajuan Anda terhadap target Anda. Buatlah tujuan yang lebih spesifik, seperti “Dalam 12 bulan, saya ingin berhenti dari pekerjaan saya sebagai pustakawan dan menjadi pengembang perangkat lunak”. Memiliki timeline yang jelas dalam pikiran akan membantu Anda tetap semangat untuk kemajuan Anda.

2. Pahami bagaimana cara Anda belajar dengan baik

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 2
Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Tidak ada cara yang pasti untuk belajar pemrograman. Ada beberapa orang yang suka belajar melalui video, membaca buku, belajar dengan mempraktekkan, membaca dokumentasi dari awal hingga selesai, memiliki seorang mentor, atau mengikuti coding bootcamps.

Sebelum Anda mulai belajar pemrograman, ada baiknya Anda memahami bagaimana cara Anda ketika belajar.

3. Kerjakan sesuatu yang penting bagi Anda

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 3
Photo by Emma Matthews on Unsplash

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat situs web, Anda bisa membuat situs web untuk diri Anda sendiri atau untuk orang yang Anda sayangi. Jika Anda belajar membuat aplikasi web, berlatihlah dengan membuat aplikasi web yang dapat menyelesaikan suatu masalah dalam hidup Anda, meskipun itu hal yang kecil. Jika Anda ingin belajar membuat game, mulailah dengan membuat game yang nanti ingin Anda mainkan.

Dengan memiliki proyek pribadi yang Anda upayakan agar terwujud dan Anda dapat menerapkan apa yang Anda pelajari, itu menjadi satu-satunya hal terbesar yang mempercepat pembelajaran Anda dan menjadi hal berharga bagi Anda.

4. Temukan perusahaan yang bagus

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 4
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Meminta seseorang baik itu mentor atau orang lain yang Anda kenal yang juga sedang belajar pemrograman merupakan hal yang sangat berharga. Mereka dapat membantu Anda ketika Anda mengalami kesulitan, memotivasi Anda ketika Anda merasa ragu, memberi tahu Anda apa yang harus dipelajari selanjutnya, dan membantu Anda untuk mengarahkan menuju tujuan akhir Anda. Jika Anda mengenal seseorang yang telah mencapai tujuan yang sedang Anda upayakan, seperti menjadi software developer atau meluncurkan indie game, maka mereka mungkin bisa menjadi kandidat untuk membimbing Anda.

Jika Anda belum menemukan seseorang yang bisa menjadi mentor Anda, Anda bisa menggunakan layanan CodeMentor untuk menghubungkan Anda dengan seorang mentor yang dapat membantu Anda dalam perjalanan Anda belajar pemrograman.

5. Bersikaplah konsisten

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 5
Photo by David Rangel on Unsplash

Menjaga konsistensi adalah hal yang penting. Jauh lebih baik berlatih secara teratur selama 20 menit setiap hari daripada melakukan tiga jam sekali dalam dua minggu. Konsistensi akan membantu Anda melatih apa yang telah Anda pelajari dan menyimpan suatu informasi. Jika terdapat jarak antara sesi latihan yang terlalu lama, Anda akan melupakan banyak hal dan kehilangan kemampuan untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya telah Anda lakukan.

6. Catat kemajuan Anda

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 6
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Belajar tentang pemrograman dapat menjadi perjalanan yang panjang. Jika Anda tidak mencatatnya, Anda bisa lupa seberapa jauh Anda telah memulainya. Bahkan setelah Anda mempelajari dasar-dasar pemrograman, yang merupakan pencapaian yang sangat baik, masih bisa terasa seperti ada begitu banyak yang belum Anda ketahui. Itulah mengapa penting untuk mencatat kemajuan Anda dan merenungkan apa yang telah Anda pelajari.

Setiap hari, atau setiap minggu, tulis paragraf tentang apa yang telah Anda pelajari yang tidak Anda ketahui sehari atau minggu sebelumnya. Setelah beberapa saat, tandai kemajuan Anda dengan menulis di jurnal Anda akan membantu Anda menghargai seberapa jauh Anda telah mempelajarinya.

7. Selesaikan suatu hal

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 7
Photo by Ben Kolde on Unsplash

Ada satu hal yang dapat memperlambat kemajuan Anda ketika belajar pemrograman, yaitu jika Anda tidak pernah menyelesaikan sesuatu yang Anda mulai. Untuk menghindari hal tersebut, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah lebih baik menyelesaikan satu hal daripada memulai sepuluh hal tetapi Anda tidak pernah menyelesaikannya.

8. Pesan Error akan menjadi teman Anda

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 8
Photo by Max Chen on Unsplash

Mungkin Anda berpikir bahwa pesan error adalah petaka dan hambatan bagi Anda. Tetapi, jika Anda bisa mencermati pesan yang muncul, Anda bisa menemukan banyak informasi yang bermanfaat. Karena pesan error sering kali memberitahu Anda tentang apa yang salah dan menunjukkan dimana letak kesalahannya. Pesan error merupakan hal yang akan Anda temukan. Seperti teman Anda. Hal itu muncul karena dapat membantu Anda, bukan untuk menghukum Anda.

9. Jangan mencoba untuk mempelajari semuanya

Cara Belajar Pemrograman dengan Cepat 9
Image by Codeburst

Salah satu hal yang terbaik dan paling menantang tentang teknologi adalah Anda tidak akan pernah bisa mempelajari semuanya. Bahkan, semakin Anda tahu, semakin Anda sadar bahwa ada banyak yang belum Anda tahu. Ada ribuan bahasa pemrograman, web framework, tools, spesifikasi, libraries, dan protokol yang dapat Anda pelajari, tetapi akan menjadi suatu kesalahan jika Anda mencoba untuk mempelajari semuanya. Buatlah daftar hal-hal yang perlu Anda pelajari untuk mencapai tujuan Anda. Cobalah untuk tetap berpegang pada hal-hal itu sampai Anda mencapainya. Ketika Anda menemukan hal-hal yang ingin Anda pelajari ketika membaca sebuah artikel, tulislah di tempat yang aman seperti di buku catatan Anda dan ketika waktunya tepat Anda dapat melihatnya kembali.

Begitu banyak cara untuk menjadi programmer yang baik. Anda dapat mulai mengembangkan keterampilan Anda mulai dari sekarang, bahkan di awal-awal perjalanan Anda dalam menulis sebuah kode.

Perjalanan Anda mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda perlu istirahat, mencatatnya, atau terkadang ragu dalam menghadapinya. Ketika Anda sedang belajar menulis kode, dan mungkin Anda lupa, kemudian Anda mempelajarinya lagi.

Kemampuan belajar masing-masing orang bisa berbeda. Beberapa orang bisa belajar pemrograman dengan sangat cepat, sementara yang lain membutuhkan waktu yang lebih lama. Belajar pemrograman adalah perjalanan yang akan memerlukan perhatian dan fokus Anda. Anda akan menemui ketidakpastian, dan perlu perjuangan untuk mencapainya. Karena hal itu sangat berharga bagi Anda.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara membangun website dan berminat menjadi web developer, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di magang atau kerja Techarea.

Reference

Williams, Smith. 2018. How to Learn to Code, Fast. [Online] Available at :https://medium.com/append-score/how-to-learn-to-code-fast-d8c41a7621ac [Accessed March 22, 2019]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.