9 Cara Agar Video TikTok FYP dan Banyak Like

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer di kalangan Generasi Z dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Pengguna TikTok rata-rata menghabiskan 95 menit per hari dan membuka aplikasi tersebut sebanyak 8 kali dalam sehari.

Salah satu istilah yang sering terdengar di TikTok adalah FYP. Istilah ini menjadi indikator keberhasilan sebuah konten di platform tersebut. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan FYP dan mengapa hal ini begitu penting?

Apa itu FYP di TikTok?

FYP adalah singkatan dari For You Page.

FYP adalah halaman pertama yang dilihat oleh pengguna saat membuka aplikasi TikTok. FYP menampilkan video dari pengguna TikTok yang belum diikuti, tetapi algoritma TikTok mengasumsikan bahwa video-video tersebut mungkin disukai oleh pengguna berdasarkan minat dan interaksi mereka sebelumnya.

Memahami Algoritma Tiktok Agar FYP

Video-video yang muncul di FYP TikTok ditentukan oleh algoritma yang kompleks. Terdapat beberapa faktor yang berperan dalam pengaturan algoritma tersebut, dan hal ini dapat memengaruhi eksposur dan penyebaran video Anda di TikTok. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi algoritma TikTok antara lain:

1. Interaksi Pengguna

Algoritma TikTok sangat dipengaruhi oleh interaksi Anda dengan pengguna lainnya. Interaksi yang dimaksud, antara lain:

  • Akun yang Anda ikuti
  • Komentar yang Anda tinggalkan
  • Kreator atau audio yang Anda sembunyikan
  • Video yang Anda sukai atau bagikan 
  • Video yang Anda favoritkan
  • Video yang Anda tandai sebagai “not interested
  • Video yang Anda laporkan karena tidak pantas
  • Video yang Anda tonton hingga selesai, alias video completion rate
  • Konten yang Anda buat di akun Anda sendiri
  • Ketertarikan atau preferensi yang Anda tunjukkan melalui interaksi dengan konten organik maupun iklan

2. Informasi Video

Faktor yang satu ini biasanya dipengaruhi oleh video-video yang Anda cari di bilah pencarian. Informasi video yang dimaksud dapat meliputi detail, seperti caption, audio yang digunakan, tagar, efek, dan trending topics.

3. Pengaturan Akun dan Perangkat

TikTok menggunakan pengaturan akun dan perangkat sebagai salah satu faktor penentu algoritma FYP. Meski begitu, faktor yang satu ini pengaruhnya memang tidak terlalu signifikan seperti 2 poin sebelumnya. Sebab, biasanya pengguna hanya akan mengubah pengaturan akun atau perangkatnya sekali waktu saja. 

Beberapa jenis pengaturan yang dapat memengaruhi rekomendasi video di FYP Anda, yaitu:

  • Preferensi bahasa
  • Pengaturan negara 
  • Jenis perangkat mobile yang digunakan
  • Kategori interest yang Anda pilih sebagai pengguna baru saat pertama kali membuat akun TikTok

Berdasarkan ketiga faktor di atas, kemungkinan besar video-video yang lewat di FYP Anda akan jauh berbeda dengan FYP orang lain. Semakin sering sebuah video lewat di FYP pengguna, maka semakin banyak pula impressions yang akan didapatkan, berupa views, like, komentar, serta share. Itulah sebabnya “masuk FYP” kerap diartikan sebagai keberhasilan sebuah video menjadi konten yang viral di TikTok.

Cara Agar Video TikTok FYP

Menurut Hootsuite, ada beberapa faktor yang membuat algoritma TikTok memilih konten Anda untuk ditampilkan di FYP. Berikut adalah faktor-faktor tersebut:

1. Temukan Komunitas Anda

Hal mudah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan komunitas di TikTok. Berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki visi, latar belakang, atau minat yang sama dapat membantu konten Anda mendapatkan lebih banyak View dan Like.

Anda dapat menemukan komunitas di TikTok dengan mencari tagar tertentu. Sebagai contoh, #BookTok digunakan oleh komunitas pencinta buku di TikTok.

2. Manfaatkan 3 Detik Pertama

Sebagian besar pengguna TikTok tidak tertarik menonton video dengan durasi lebih dari 1 menit. Menurut Buffer, durasi video TikTok terbaik adalah 24-31 detik.

Itulah mengapa Anda harus memanfaatkan 3 detik pertama video TikTok secara maksimal untuk menarik perhatian audiens.

3. Optimasi Video Agar Mudah Ditemukan

Search Engine Optimization (SEO) tidak hanya berlaku untuk situs web, tetapi juga berlaku untuk TikTok. Salah satu cara efektif untuk mengoptimalkan konten TikTok Anda dalam mesin pencarian adalah dengan menggunakan kata kunci dan tagar yang relevan.

Berita baiknya, TikTok dapat mengidentifikasi kata kunci tidak hanya dari caption, tetapi juga dari teks yang ditampilkan atau diucapkan melalui fitur voiceover. Gunakan TikTok Creative Center untuk menemukan kata kunci populer berdasarkan lokasi.

4. Buat Video Berkualitas Tinggi

Anda tidak perlu membeli peralatan mahal seperti ponsel, kamera, dan perlengkapan videografi lainnya untuk membuat video berkualitas tinggi. Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan yang baik, perekam suara yang jernih, dan keterampilan video editing.

Buatlah video dengan durasi yang tepat, tidak terlalu singkat atau panjang. Selain itu, disarankan untuk membuat video secara vertikal dengan rasio aspek 9:16 yang merupakan standar untuk konten di TikTok.

5. Berinteraksi dengan Pengguna Lain

21% pengguna TikTok merasa dekat dengan brand yang sering meninggalkan komentar di postingan pengguna lain. Selain itu, 76% pengguna lebih suka brand yang sering membalas komentar dari audiens.

Selain membalas komentar, Anda juga dapat menggunakan fitur Duet atau Stitch dan memberikan tanggapan video untuk berinteraksi dengan pengguna TikTok lainnya.

6. Gunakan Tagar yang Sesuai

Manfaatkan tagar yang populer atau tagar yang digunakan oleh komunitas tertentu di TikTok. Perhatikan juga challenge yang sedang tren di kalangan pengguna TikTok. Mereka biasanya menggunakan tagar untuk menandai postingan terkait challenge tersebut. Anda dapat menemukan tagar yang populer di TikTok Audience Insights.

7. Gunakan Lagu yang Sedang Ngetren

Lagu populer dapat meningkatkan performa video TikTok. 67% pengguna TikTok lebih suka konten yang menggunakan lagu populer sebagai latar belakang. Mereka cenderung memberikan like dan membagikan video TikTok yang menggunakan lagu populer.

8. Utamakan Otentisitas 

Otentisitas sebuah brand memiliki dampak besar dalam memengaruhi keputusan pembelian. 71% pengguna cenderung termotivasi untuk membeli produk dari brand yang autentik.

Contoh nyata dari otentisitas brand dapat ditemukan dalam konten-konten yang menampilkan tur kantor atau bermain game dengan para pegawai. Konten semacam ini dianggap lebih natural dan jauh dari kesan iklan yang direncanakan.

9. Upload TikTok pada Waktu yang Tepat

Jam upload TikTok sangat berpengaruh terhadap performa konten. Anda dapat menggunakan fitur analisis bawaan TikTok untuk mengetahui kapan waktu terbaik upload TikTok.

Caranya cukup mudah. Buka profil akun Anda, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih “Creator Tools“, dan kemudian “Analytics“. Di sana, Anda dapat melihat data demografi audiens, termasuk lokasi dan jam aktif mereka.

Selain itu, periksa juga performa konten Anda untuk mengetahui hari atau jam yang memberikan tingkat engagement tertinggi. Anda juga dapat menggunakan alat analisis dari pihak ketiga seperti Hootsuite, Keyhole, dan Social Blade.

TikTok Analytics: Alat untuk mengetahui jam upload TikTok agar FYP.
TikTok Analytics: Alat untuk mengetahui jam upload TikTok agar FYP. Gambar dari TikTok.

Jadwal Upload TikTok Agar FYP di 2023

Survei yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub sering digunakan sebagai acuan untuk menentukan jam terbaik upload TikTok. Berikut ini adalah jam-jam posting konten yang dianggap paling ideal menurut Influencer Marketing Hub:

Jam Upload TikTok Hari Senin

Jam upload TikTok yang direkomendasikan pada hari Senin adalah:

  • Pukul 06:00
  • Pukul 10:00
  • Pukul 22:00

Jam Upload TikTok Hari Selasa

Jam terbaik upload TikTok pada hari Selasa adalah:

  • Pukul 02:00
  • Pukul 04:00
  • Pukul 09:00

Jam Upload TikTok Hari Rabu

Waktu terbaik upload TikTok untuk hari Rabu adalah:

  • Pukul 07:00
  • Pukul 08:00
  • Pukul 23:00

Jam Upload TikTok Hari Kamis

Waktu yang tepat upload TikTok pada hari Kamis adalah:

  • Pukul 09:00
  • Pukul 12:00
  • Pukul 19:00

Jam Upload TikTok Hari Jumat

Jam upload TikTok agar FYP pada hari Jumat adalah:

  • Pukul 05:00
  • Pukul 13:00
  • Pukul 15:00

Jam Upload TikTok Hari Sabtu

Jam terbaik upload TikTok untuk hari Sabtu adalah:

  • Pukul 11:00
  • Pukul 19:00
  • Pukul 20:00

Jam Upload TikTok Hari Minggu

Waktu yang direkomendasikan untuk upload TikTok pada hari Minggu adalah:

  • Pukul 07:00
  • Pukul 08:00
  • Pukul 16:00

FAQ Terkait FYP di TikTok

Jam berapa upload TikTok agar FYP?

Menurut riset Sprout Social, jam upload tiktok terbaik adalah pada hari Selasa dan Rabu pukul 14.00 – 18.00. Jangan upload TikTok di hari Minggu karena performa konten mungkin tidak optimal.

Berapa sering harus upload TikTok?

Belum ada riset terkait berapa sering harus upload TikTok. Disarankan untuk menyeimbangkan jumlah upload dengan kualitas konten.

Kenapa video TikTok tidak ada yang nonton?

Menurut Kubbco, TikTok memiliki jeda sebelum menampilkan video Anda di FYP. TikTok akan merekomendasikan video Anda saat interaksi dengan video tersebut meningkat. Faktor lain yang mungkin mempengaruhi termasuk umur akun, waktu posting yang tidak tepat, konten kurang relevan, pelanggaran panduan komunitas, dan performa video sebelumnya.

Kesimpulan

Istilah FYP kini lebih mengacu pada kemampuan suatu video direkomendasikan oleh algoritma TikTok kepada banyak pengguna sehingga view dan engagement-nya semakin tinggi.

Ada beberapa tips yang dapat membantu video Anda masuk FYP. Pertama, pastikan video yang Anda buat memiliki kualitas tinggi. Selain itu, manfaatkan 3 detik pertama dengan baik untuk menarik perhatian. Penggunaan tagar yang relevan dan audio yang populer juga dapat membantu. Terakhir, penting untuk mengunggah video Anda pada waktu yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa setiap akun memiliki audiens dengan karakteristik yang berbeda, sehingga waktu posting yang ideal dapat bervariasi.

Anda dapat memanfaatkan tool analisis bawaan TikTok untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda. Tool ini juga memberikan informasi tentang performa konten Anda, sehingga Anda dapat mengetahui jenis konten yang paling disukai oleh audiens.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang video TikTok Anda masuk FYP dan mencapai performa yang lebih baik. Selamat mencoba!

Angela Ranitta

Angela Ranitta

Angela Ranitta adalah penulis konten kreatif yang memiliki perhatian khusus terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *