belajar pemrograman 3

Tips Belajar Pemrograman di Tahun 2019

Apakah Anda berencana untuk menjadi programmer di tahun 2019? Jika iya, berikut tips belajar pemrograman di tahun 2019 menurut Katerina Pascoulis.

Anda tidak memerlukan latar belakang teknis apa pun

belajar pemrograman 1
Photo by Tra Nguyen on Unsplash

Mungkin Anda berpikir bahwa untuk menjadi programmer harus memiliki latar belakang yang berhubungan dengan teknis atau ahli dalam matematika. Namun, tidak selalu seperti itu. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dari itu seperti belajar bagaimana cara belajar, ke mana harus mencari, dan belajar tentang pemecahan masalah. Anda tidak harus memiliki gelar ilmu komputer untuk membuat suatu aplikasi.

Belajar secara bertahap

belajar pemrograman 2
Photo by Fatos Bytyqi on Unsplash

Anda tidak perlu belajar semua hal dalam satu waktu sekaligus. Belajarlah secara bertahap. Ada banyak sumber belajar pemrograman yang gratis dan online yang dirancang khusus untuk pemula. Yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu di akhir pekan atau setelah bekerja untuk memulai kursus online pemrograman. Selain itu, Anda bisa membaca artikel terkait pemrograman di internet.

Temukan kelompok belajar Anda

belajar pemrograman 3
Photo by Alex Kotliarskyi on Unsplash

The coding bootcamp bertujuan agar Anda bisa belajar menjadi bagian dari kelompok orang lain, melalui pengalaman yang sama, pada saat yang sama dengan Anda. Dengan memiliki kelompok, Anda bisa lebih mudah untuk berbagi dan mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Anda bisa belajar dan menemukan kelompok belajar Anda dengan mengikuti workshop secara online di Codebar. Selain itu, Anda juga bisa bergabung atau membentuk kelompok belajar Anda baik di area lokal atau online melalui Meetup.

Anda bisa menggunakan aplikasi Slack atau Gitter sebagai alat untuk berkomunikasi dengan developer lain dalam tim Anda secara online.

Cara memulai

belajar pemrograman 4
Photo by Marten Bjork on Unsplash

Sebelum memulai, Anda perlu menentukan target apa yang ingin Anda capai. Ada beberapa pilihan jika Anda ingin menjadi full-time developer.

Jika Anda memiliki pekerjaan utama, Anda bisa menghabiskan sebagian besar waktu luang Anda untuk belajar di samping pekerjaan utama Anda. Atau Anda bisa mulai belajar setelah Anda bekerja. Selain itu, Anda bisa mengikuti kursus online atau workshop.

Namun, jika Anda ingin menjadi full-time developer, Anda harus menginvestasikan waktu Anda untuk fokus menjadi developer. Karena dengan cara tersebut, Anda bisa mengembangkan kemampuan Anda jauh lebih cepat.

Jika Anda ingin belajar tentang pemrograman, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di magang Techarea.

Reference

Pascoulis, Katerina. 2018. How you can learn to code in 2019. [Online] Available at :https://medium.freecodecamp.org/how-you-can-learn-to-code-in-2019-5ef3688c330c [Accessed March 15, 2019]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.