Tips untuk Fokus dan Mendalami Pekerjaan sebagai Developer

Tidak ada keterampilan yang lebih penting untuk kesuksesan Anda daripada fokus dan mendalami pekerjaan jika Anda seorang developer. Jika Anda ingin melatih fokus dan mendalami pekerjaan Anda sebagai developer, berikut tips dari Bar Franek.

Kode juga sebuah karya seni

Tips untuk Fokus dan Mendalami Pekerjaan sebagai Developer 1
Photo by Kobu Agency on Unsplash

Kode juga sebuah karya seni. Anda mungkin perlu memiliki kreativitas untuk menulis sebuah kode. Bisa jadi, aplikasi yang sedang Anda buat, belum pernah ada yang membuat sebelumnya. Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi programmer yang ahli, maka Anda harus sering berlatih.

Kuantitas dan kualitas pemrograman Anda akan meningkat ketika Anda bisa tetap fokus pada target dan periode waktu yang lebih lama dengan tanpa adanya gangguan. Waktu bisa menjadi lebih singkat, ketika Anda membuat latihan Anda lebih efektif.

Anda atau bahkan siapa pun memiliki kesempatan untuk menjadi seorang developer yang ahli. Ini berarti Anda perlu menyelesaikan lebih banyak hal, dengan kualitas yang lebih baik, dan dalam waktu yang lebih singkat. Orang-orang yang menjadi ahli dalam waktu yang singkat melakukannya secara konsisten dalam jangka waktu yang panjang.

Ini bukanlah kemampuan dari bakat alami. Tapi ini adalah keterampilan yang bisa Anda bangun dan harus Anda latih terus menerus.

2 Langkah yang Anda Butuhkan untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman Anda dengan Fokus dan Mendalami Pekerjaan

Perlu kita sadari bahwa belajar untuk fokus adalah hal yang tidak mudah. Anda tidak akan bisa menulis kode yang berkualitas di awal Anda memulai. Belajar fokus membutuhkan latihan. Apa pun yang membutuhkan latihan awalnya memang sulit. Jika tidak, maka Anda tidak akan mahir melakukannya.

Selain itu, Anda perlu memahami perbedaan antara kesibukan dan produktivitas. Mendalami pekerjaan bukanlah cara untuk mengunci diri Anda di ruangan dan memaksa diri Anda untuk menulis kode selama 14 jam pada satu waktu. Hanya karena Anda melakukan sesuatu hal, tidak berarti cara itu layak dilakukan.

Anda perlu mencari tahu apa yang penting dan apa yang tidak. Belajarlah untuk memusatkan energi Anda untuk menyelesaikan hal yang penting.

Langkah Pertama – Menghilangkan Gangguan

Tips untuk Fokus dan Mendalami Pekerjaan sebagai Developer 2
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Multitasking adalah hal yang buruk. Anda hanya membodohi diri sendiri jika Anda berpikir dapat menulis kode yang berkualitas sambil memeriksa pesan Slack atau membaca artikel di halaman yang lain.

Kita hidup di dunia yang penuh gangguan. Teknologi dimana kita bekerja adalah pedang bermata dua. Menghilangkan gangguan adalah kunci agar Anda dapat fokus dan mendalami suatu pekerjaan.

Anda bisa meletakkan ponsel Anda dalam keadaan diam atau matikan jika Anda tidak berada dalam posisi yang harus dipanggil. Tutup aplikasi seperti Slack atau aplikasi pesan saat Anda bekerja. Tutup semua aplikasi lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda melalui notifikasi aplikasi tersebut. Tutup semua jendela browser yang tidak relevan dengan pekerjaan Anda. Gunakan headphone Anda untuk mendengarkan album. Mendengarkan album yang sama secara berulang-ulang adalah alat pemfokusan yang hebat. Ini bisa membuat Anda fokus dan dalam suasana hati yang baik.

Langkah Kedua – Menggunakan Teknik Pomodoro

Tips untuk Fokus dan Mendalami Pekerjaan sebagai Developer 3
Photo by Roychan Kruawan on Unsplash

Sebelum Anda merasa tidak yakin dapat bekerja selama 8 jam tanpa gangguan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan Teknik Pomodoro.

Teknik ini mengajarkan Anda untuk bekerja selama 25 menit, tanpa gangguan, dan fokus pada satu hal. Potongan pekerjaan itu disebut dengan “Pomodoro.” Ada banyak aplikasi yang menerapkan teknik Pomodoro, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Forest atau Pomodoro Timer.

Setelah Anda berhasil fokus bekerja selama 25 menit, istirahatlah selama 5 menit. Sangat penting bagi Anda untuk istirahat. Anda bisa minum air, pergi ke kamar mandi, atau apa pun itu, ketika pekerjaan tersebut sudah selesai.

Mungkin 25 menit waktu yang sulit bagi Anda jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya. Mulailah dengan 10 menit. Berikutnya adalah 15, lalu 20, lalu 25. Lakukan secara bertahap hingga Anda terbiasa dengan teknik ini.

Jika Anda memiliki pekerjaan seperti membuat aplikasi, Anda harus memecahnya menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dikerjakan selama 25 menit. Lakukan satu tugas saja dengan teknik ini. Misalnya memperbaiki bug, merencanakan fitur baru, atau memulai seri video untuk mempelajari framework baru.

Beberapa tugas membutuhkan beberapa Pomodoro untuk diselesaikan. Mungkin butuh tiga Pomodoro untuk membuat kode fitur dan dua lagi untuk melakukan uji coba.

Intinya adalah bahwa sebuah tugas atau banyak tugas, harus menjadi satu “jenis” pekerjaan.

Mungkin Anda punya alasan untuk menunda-nunda pekerjaan karena pekerjaan tersebut terlalu besar. Sebagai contoh, jika tujuan Anda “Menulis Buku”, mungkin Anda kesulitan untuk mewujudkannya. Jika Anda memecahnya menjadi potongan-potongan kecil seperti “membuat outline” atau “menulis 300 kata”, maka pekerjaan Anda bisa menjadi lebih mudah. Begitu juga dengan pemrograman. Mulailah dengan yang mudah dan bisa Anda lakukan.

Jika Anda hanya bisa menyelesaikan beberapa Pomodoro di setiap hari, tidak apa-apa. Terus tingkatkan cara Anda dengan menambahkan Pomodoro sedikit demi sedikit setiap hari.

Anda mungkin akan terlihat dan merasa sibuk, bahkan mungkin Anda hanya menulis beberapa kode sesekali. Tetapi, waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak terganggu dan mendalam, dapat menghasilkan lebih banyak kuantitas dan kualitas daripada bekerja satu hari dengan penuh pekerjaan yang terpecah-pecah dan teralihkan.

Mulailah dengan satu Pomodoro. Latihlah hingga akhirnya Anda dapat merangkai Pomodoro secara bersama-sama. Latih setiap hari, selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Kemampuan Anda untuk menjadi developer dapat meningkat secara eksponensial.

Jika Anda ingin melatih kemampuan Anda dalam pemrograman, Anda dapat mengikuti kursus online atau Anda bisa mendaftarkan diri Anda di magang Techarea. Jadilah programmer yang fokus dan produktif bersama Techarea!

Reference

Franek, Bar. 2018. Focus and Deep Work — Your Secret Weapons to Becoming a 10X Developer. [Online] Available at :https://medium.freecodecamp.org/focus-and-deep-work-your-secret-weapons-to-becoming-a-10x-developer-8e203a6ad291 [Accessed March 18, 2019]



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.