7 Aplikasi Bisnis Online Gratis untuk Pebisnis Pemula (Terbaru 2022)

Bagikan ke media sosial

Beragam jenis aplikasi bisnis online mampu membuat pekerjaan Anda sebagai pebisnis pemula menjadi lebih rapi.

Buat Anda yang baru saja menjajaki dunia bisnis online, mencari tahu berbagai hal yang dapat membantu Anda mengelola bisnis dengan baik merupakan sebuah keharusan. Di samping akan lebih meringankan pekerjaan Anda, waktu yang anda miliki juga bisa Anda gunakan dengan lebih efektif. 

Mengingat dalam mengelola sebuah bisnis, banyak sekali aspek bisnis yang harus dipikirkan, tentunya agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bisa mendatangkan profit sesuai dengan yang Anda harapkan.

Banyaknya aplikasi bisnis online yang bisa Anda gunakan secara gratis menjadi salah satu yang harus Anda manfaatkan saat ini. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin dan sisanya bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi 7 aplikasi bisnis online yang cocok buat Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online atau masih pemula. Simak artikel ini sampai akhir.

Daftar 7 Aplikasi Bisnis Online Terbaik 2022

Setiap aplikasi bisnis online tentunya dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih mudah. 

Nah, aplikasi-aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ini, sudah cukup untuk membantu mengelola dan menjalankan bisnis online masih baru-baru Anda rintis.

Berdasarkan fungsinya, terdapat berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan. Namun, kali ini kita akan membahas tiga tipe aplikasi di antaranya :

  • Aplikasi untuk perencanaan bisnis online
  • Aplikasi untuk pemasaran bisnis online
  • Aplikasi untuk pengelolaan bisnis online

Sudah siap untuk mengetahui kelebihan dan manfaat dari masing masing aplikasi berikut? mari kita bahas satu per satu.

1. Google Spreadsheet 

screenshot google spreadsheet
Tangkapan layar website Google Spreadsheet

Aplikasi bisnis online tanpa modal yang pertama yaitu Google Spreadsheet. Spreadsheet sendiri merupakan sebuah program komputer yang diluncurkan oleh Google. Secara umum Spreadsheet dirancang untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom.

Dalam hal bisnis, banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan Google Spreadsheet, mulai dari perencanaan hingga pengelolaan. Misalnya seperti mencatat anggaran keuangan, mencatat aliran dana keluar dan masuk, serta menyimpan data customer Anda seperti nama dan nomor telepon seluler.

Fitur yang bisa Anda gunakan juga sangat lengkap. Untuk menghitung keuangan atau berbagai hal dalam bentuk angka, ada banyak rumus dan tools yang memudahkan Anda untuk melakukan penghitungan dengan lebih cepat.

Konsepnya mirip seperti Microsoft Excel, hanya saya Spreadsheet bisa diakses secara online. Sehingga tim Anda bisa mengaksesnya dan melakukan pengeditan secara real time.

Kelebihan Google Spreadsheet :

  • Bisa diakses banyak orang secara real time
  • Tidak memerlukan penyimpanan karena berbasis cloud
  • Terintegrasi dengan berbagai produk dan layanan Google
  • Melakukan berbagai fungsi dan manajemen proyek

2. ClickUp 

screenshot clickup
Tangkapan layar website ClickUp

Bisnis online kamu punya banyak divisi? kalau iya artinya kamu butuh aplikasi bisnis online yang satu ini.

ClickUp merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk manajemen proyek (project management). Anda bisa merancang tugas apa saja yang akan tim Anda kerjakan sehingga membantu tim Anda bekerja lebih cerdas dan lebih terorganisir.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat sebuah pekerjaan di ClickUp, kemudian menambahkan tim Anda yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. Selain itu Anda juga bisa menambahkan deadline dari pekerjaan tersebut. Dengan begitu, alur pekerjaan akan lebih rapi dan sebisa mungkin selesai tepat waktu.

Setiap anggota tim juga akan mengetahui sampai mana kemajuan pekerjaan anggota tim lainnya. Karena ketika selesai melakukan sebuah pekerjaan, status pekerjaan tersebut bisa diubah. Misalnya yang awalnya masih in progress, setelah selesai Anda kerjakan bisa diubah menjadi in review dan seterusnya.

Kelebihan ClickUp :

  • Memungkinkan untuk menambah anggota tim dalam jumlah banyak
  • Memiliki berbagai fitur yang inovatif
  • Memiliki tampilan sederhana dan mudah dioperasikan
  • Mudah dikustomisasi sesuai keinginan
  • Memiliki fitur notifikasi dan time tracking
  • Bisa diintegrasikan dengan aplikasi lainnya (Github, Slack, Google Drive, dll..)

3. Microsoft To Do 

screenshot microsoft to do
Tangkapan layar website Microsoft To Do

Sebagai seorang pebisnis online, setiap hari Anda tentu memiliki berbagai tugas yang harus dikerjakan. Sebagai langkah antisipasi agar tidak ada tugas yang terlewat setiap harinya, Anda bisa menggunakan Microsoft To Do sebagai alat bantu.

Microsoft To Do berfungsi sebagai alat untuk merencanakan tugas harian, menulis daftar belanja, dan masih banyak lagi. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengecek kembali tugas apa saja yang perlu Anda selesaikan di hari itu. 

Anda juga bisa memprioritaskan tugas dari yang paling penting hingga tugas yang bisa Anda kerjakan belakangan. 

Kelebihan Microsoft To Do :

  • Tampilan sederhana sehingga mudah dipahami.
  • Terintegrasi dengan Office 365.
  • Membuat To-Do List dengan jadwal yang spesifik.
  • Menyusun project plan pribadi.
  • Tampilan bisa diubah sesuai keinginan

4. Canva 

screenshot canva
Tangkapan layar website Canva

Pemasaran online tidak terlepas dari konten, baik itu dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan. Saat memulai bisnis online, Anda mungkin masih melakukan semuanya sendiri termasuk menyiapkan desain, meskipun kenyataannya kemampuan desain Anda masih terbatas.

Canva bisa menjadi aplikasi bisnis online yang merupakan solusi bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan desain. Ada banyak sekali template yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Anda tinggal memilih dan mengedit template tersebut sesuai dengan kreativitas.

Semakin ke sini, fitur-fitur yang ada di Canva juga terus diperbarui menjadi semakin banyak. Anda bisa membuat mockup, desain feed Instagram, bahkan membuat UI/UX. Semua fitur tersebut kami rasa sudah cukup mendukung untuk memenuhi kebutuhan desain bisnis online yang Anda jalankan.

Kelebihan Canva :

  • Menyediakan puluhan ribu template yang bisa digunakan secara gratis.
  • Bisa diakses melalui desktop dan mobile.
  • Memiliki jenis template desain yang sangat beragam.
  • Terdapat puluhan elemen gratis untuk menghias template.

5. VSCO

screenshot vsco
Tangkapan layar website VSCO

Selain desain, foto juga menjadi media promosi yang cukup banyak digunakan. Namun, untuk mendapatkan foto produk yang menarik diperlukan keahlian khusus dalam mengambil gambar dan melakukan editing.

Khususnya buat Anda yang menjalankan bisnis online dalam bidang fashion. Foto menjadi kunci penting yang bisa membuat orang tertarik pada produk yang kamu miliki.

Oleh karena itu, kami juga merekomendasikan sebuah aplikasi yang bernama VSCO. Anda bisa melakukan edit foto dengan mudah menggunakan aplikasi yang satu ini. Tersedia banyak sekali filter yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Kelebihan VSCO :

  • Menyediakan berbagai filter unik ala kamera profesional.
  • Memperkenankan pengguna mengedit foto dengan image editor.
  • Tersedia banyak opsi editing seperti exposure, contrast, straighten, dan banyak lagi.
  • Hasil editan bisa langsung disimpan di galeri atau dipamerkan di VSCO Grid.

6. VN

screenshot vn
Tangkapan layar website VN

Aplikasi bisnis online berikutnya yaitu VN. Anda tidak perlu repot-repot mengedit video menggunakan komputer menggunakan software yang rumit. Cukup dengan menggunakan VN, Anda sudah bisa menghasilkan video dengan hasil yang memuaskan.

Bahkan tidak sedikit yang justru nyaman mengedit video menggunakan ponsel dari pada menggunakan laptop. Karena merasa lebih simple, cepat, dan mudah. 

Fitur yang dimiliki VN juga terbilang lengkap, seperti mengatur kecepatan video, pencahayaan, cropping, hingga berbagai transisi yang bisa membuat video Anda lebih hidup. Kalau sekedar untuk mengedit video sosial media saja kami rasa aplikasi ini sudah cukup mendukung.

Kelebihan VN :

  • Tampilan sederhana dan mudah dipelajari.
  • Tersedia fitur filter untuk mempercantik video.
  • Bisa digunakan secara gratis tanpa watermark.
  • Menyediakan template untuk video.
  • Pengaturan resolusi ketika eksport video.

7. Facebook Creator Studio

screenshot facebook creator studi
Tangkapan layar website Facebook Creator Studio

Anda yang aktif menjalankan bisnis online di media sosial seperti Instagram dan Facebook, harus mencoba aplikasi yang satu ini. Namanya Facebook Creator Studio.

Facebook Creator Studio sangat bisa membantu pekerjaan Anda dalam melakukan kegiatan promosi dan juga mengelola konten media sosial. Salah satu fitur yang menurut kami sangat berguna adalah fitur penjadwalan konten.

Fitur ini memudahkan Anda untuk mengunggah konten secara rutin di waktu-waktu yang Anda inginkan. Jadi cukup sekali penjadwalan, Anda bisa sekaligus mengunggah konten untuk beberapa hari ke depan.

Beberapa fitur lain yang berguna di Facebook Creator Studio misalnya galeri konten, insight, koleksi musik dan lain sebagainya. 

Kelebihan facebook creator studio :

  • Mampu mengelola konten-konten dalam dashboard yang mumpuni.
  • Marketer bisa mendapatkan update dan tren penting di Facebook.
  • Dapat memberikan insight tentang kinerja konten perusahaan.
  • Mampu tingkatkan engagement konten perusahaan.

Menjalankan Bisnis Online Menjadi Lebih Mudah!

Nah, itulah daftar rekomendasi aplikasi bisnis online gratis yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah sangat cukup untuk membantu berbagai kebutuhan Anda dalam mengelola dan menjalankan sebuah bisnis online.

Jangan sampai hanya karena Anda tidak mencoba aplikasi di atas, waktu Anda justru banyak terbuang untuk mengurus hal yang sebenarnya bisa selesai dengan lebih mudah. 

Saat bisnis Anda sudah berkembang semakin pesat, Anda juga bisa membuat sendiri aplikasi khusus untuk bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi tersebut bisa untuk memasarkan bisnis Anda agar lebih dikenal banyak orang. Atau untuk memudahkan operasional bisnis seperti aplikasi sistem informasi dan sejenisnya.

Jika membutuhkan jasa pembuatan aplikasi, kami bisa membantu Anda untuk merealisasikan rancangan aplikasi yang Anda inginkan. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Default image

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.