Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terpercaya

Meningkatnya kebutuhan bisnis terhadap sebuah website membuat banyak penyedia jasa pembuatan website mulai banyak bermunculan. hal itu bisa membuat Anda justru kebingungan ketika ingin memilih jasa pembuatan website yang terpercaya. Jika tidak jeli dalam memilih, bisa saja Anda justru kecewa karena kualitas pelayanan dan hasil website yang Anda terima tidak sesuai keinginan.

Banyak pemilik bisnis yang mulai menyadari bahwa keberadaan sebuah website bisa menjadi salah satu penunjang bisnis mereka. Selain sebagai pusat seluruh informasi tentang sebuah bisnis, website juga bisa dijadikan sebagai salah satu strategi marketing. Disamping itu, website yang menarik dan memuat informasi yang lengkap juga mampu meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis.

Agar bisa menentukan dan memilih jasa pembuatan website yang mampu memenuhi kebutuhan Anda. ada 3 sisi yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Pertimbangan sisi pemilik bisnis.
  2. Pertimbangan sisi perusahaan penyedia jasa.
  3. Pertimbangan sisi layanan yang diberikan penyedia jasa.

Jangan mudah terpancing dengan tawaran harga murah, apalagi harganya tidak masuk akal. sebaiknya cek kembali fasilitas yang diberikan dan juga kualitas jasanya. berikut kita bahas lebih lengkap.

Pertimbangan sisi pemilik bisnis

Pertimbangan memilih jasa pembuatan website tidak hanya datang dari sisi perusahaan penyedia jasanya saja. namun, perlu pertimbangan juga dari sisi Anda sebagai orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Kenapa perlu pertimbangan dari sisi pemilik bisnis? karena nantinya Anda harus bisa menyesuaikan antara kebutuhan Anda dengan kesediaan penyedia jasanya.

1. Pahami kebutuhan anda

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengetahui website seperti apa yang anda butuhkan. ini akan sangat membantu ketika nantinya Anda sudah menentukan dan mendiskusikan dengan jasa pembuatan website yang Anda pilih. “Saya sama sekali tidak tahu tentang website”, Jika Anda memang awam dan sama sekali tidak tahu tentang website seperti apa yang Anda butuhkan, setidaknya tentukan beberapa hal berikut ini:

Tujuan dari pembuatan website

Sebuah website bisa dibuat untuk berbagai macam fungsi dan tujuan. maka dari itu Anda harus memahami terlebih dahulu tujuan yang ingin Anda capai ketika sudah memiliki website. Apakah website tersebut sebagai pusat seluruh informasi bisnis Anda? atau sekaligus tempat transaksi produk/layanan yang Anda berikan? Hal ini bisa dianalisa dan didiskusikan dengan tim di perusahaan Anda, kira-kira apa yang menjadi tujuan bisnis Anda memiliki sebuah website.

Permintaan khusus

Pada prosesnya, pembuatan website mulai dari desain website hingga proses membangun sebuah website tersebuat akan ditangani oleh perusahaan jasa pembuatan website yang Anda pilih. Namun, tentu saja mereka membutuhkan informasi-informasi detail atau permintaan khusus dari Anda. contohnya seperti memilih tema yang menarik dan atau penambahan fitur tertentu yang Anda inginkan.

Bisa jadi sebelumnya Anda sudah melakukan analisa terhadap website yang dimiliki oleh kompetitor. kemudian Anda merasa jika ditambahkan fitur tertentu maka website yang Anda miliki bisa lebih baik. Maka dari itu nantinya Anda perlu menyampaikannya ke pihak penyedia jasa.

2. Siapkan estimasi budget

Pertimbangan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah soal estimasi budget. kegiatan bisnis tidak terlepas dari kegiatan pengelolaan keuangan yang baik yang bisa mendukung bisnis tersebut terus berkembang. Tanpa rencana anggaran dan pengelolaan keuangan yang baik, maka kengungkinan besar bisnis tersebut juga bisa mengalami banyak masalah.

Oleh karena itu, setelah Anda mengetahui website seperti apa yang Anda butuhkan. Selanjutnya adalah memperhitungkan kira-kira berapa besar estimasi budget yang akan Anda keluarkan untuk membuat sebuah webiste. Setidaknya ketika nanti terjadi tawar menawar, maka anggaran tersebut bisa menjadi patokan Anda agar tidak melebihi estimasi budget.

Baca juga : Kapan waktu yang tepat membuat website untuk bisnismu?

Pertimbangan sisi perusahaan penyedia jasa.


Penyedia jasa pembuatan webite yang baik bisa sekaligus menjadi konsultan Anda dalam bidang website. Jadi, mereka tidak hanya menginginkan uang Anda, tetapi berusaha merealisasikan website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ratusan bahkan mungkin ribuan penyedia jasa pembuatan website bisa ditemukan dengan mudah di internet. Maka dari itu, sangat penting untuk mereview berbagai hal penting sebelum memilih jasa pembuatan website.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lihat dan Anda pertimbangkan dari sisi penyedia jasa.

1. Lihat kredibilitas perusahaan

Pastikan jasa pembuatan website yang Anda pilih perusahaan yang kredibel. salah satu cara melihat perusahaan itu bisa dipercaya atau tidak adalah dengan mengunjungi websitenya. Perusahaan yang bisa dipercaya seharusnya mencantumkan segala informasinya di website tersebut. termasuk berbagai akun media sosial yang mereka miliki.

Selain itu, pastikan juga mereka sudah memiliki legalitas perusahaan, baik itu dalam bentuk CV atau PT. Perusahaan yang sudah berbadan hukum biasanya memiliki berbagai prosedur yang lebih rapi daripada yang belum berbadan hukum.

2. Lihat portfolio perusahaan

Pastikan bahwa calon perusahaan jasa pembuatan website yang Anda pilih sudah pernah mengerjakan pembuatan website sebelumnya. Jangan sampai Anda justru menjadi kelinci percobaan karena menjadi klien pertama mereka.

Lihat kembali projek-projek website yang pernah mereka kerjakan dan perusahaan apa saja yang pernah menjadi klien mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya dan yakin dalam memilih.

3. Lihat ulasan konsumen

Setiap penyedia jasa pastinya menuliskan hal yang terbaik untuk membuat Anda percaya dan memilih mereka. Namun, belum tentu semua yang mereka janjikan akan sesuai dengan keadaan di lapangan.

Agar lebih yakin, Anda bisa melihat ulasan yang diberikan oleh konsumen yang pernah menggunakan jasa perusahaan tersebut. Ulasan itu bisa dilihat di Google bisnis atau berbagai media sosial yang mereka miliki.

Pertimbangan sisi layanan yang diberikan penyedia jasa.

Pertimbangan selanjutnya adalah terkait dengan layanan yang diberikan oleh penyedia jasa pembuatan website. pastikan penyedia jasa memberikan berbagai layanan yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website.

1. Kelengkapan fitur yang disediakan dan harga

Membuat sebuah website tidak bisa terlepas dari komponen-komponen penting seperti domain, hosting, tema, dan lain sebagainya.Biasanya, penyedia jasa sudah memiliki paket-paket harga untuk membuat sebuah website. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memeastikan kembali komponen tersebut sudah termasuk dari harga yang ditentukan atau tidak. salah-salah, Anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk beberapa komponen yang ternyata tidak termasuk dalam paket tersebut.

Baca juga : 9 Hal yang Dipertimbangkan dalam Memilih Provider Hosting

2. Jaminan keamanan data

Persaingan dalam berbisnis merupakan hal yang wajar. Tapi bukan tidak mungkin lawan bisnis Anda punya niat yang tidak baik untuk bisa memenangka persaingan.Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa website yang Anda buat nantinya dibekali dengan sistem keamanan yang baik. Hal itu akan sangat bermanfaat untuk sebuah website dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Sistem keamanan website yang Anda miliki setidaknya mampu mencegah atau menghindarkan dari serangan yang mungkin bertujuan untuk menjatuhkan website Anda.

3. Pastikan garansi yang diberikan

Penyedia jasa pembuatan website biasanya memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu untuk berbagai macam hal. Garansi yang ditawarkan bisa membuat Anda merasa lebih yakin dan tidak khawatir jika terjadi sesuatu. Misalnya ketika website Anda sudah selesai dibuat, namun beberapa waktu kemudian ternyata terjadi error dan lain sebagainya, maka Anda bisa melakukan klaim garansi tersebut.

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca juga : 10 Plugin Ini Mampu Meningkatkan Kecepatan Akses Website

Kesimpulan

Memilih jasa pembuatan website tidak bisa Anda lakukan asal-asalan. Pertimbangkan berbagai hal yang bisa jadi sangat berpengaruh pada proses atau hasil website yang nantinya akan Anda terima. Jika sudah benar-benar yakin barulah Anda bisa memilih dan mempercayakan proses pembuatan website yang Anda percaya.

Techarea merupakan salah satu software house terpercaya yang bisa Anda pilih untuk merealisasikan website yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mendiskusikan website yang Anda butuhkan.

Default image
Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Daftar Newsletter Gratis

Bergabung dengan 1800+ orang lainnya dan dapatkan wawasan terbaru tentang pembuatan website, toko online, aplikasi dan pengembangan IoT.

Leave a Reply