shopping cart toko online

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Toko Online

Membuat toko online untuk menjalankan bisnis kini makin marak dilakukan. Selain karena cara menjalankannya yang dinilai lebih mudah, target pasar bisnis yang dijalankan secara online juga lebih luas. Namun, meski dinilai lebih mudah dan memiliki target pasar luas, membangun bisnis online tetap saja tidak bisa sembarangan, ada banyak faktor yang harus kamu perhatikan sebelum memulai menjalankan bisnis secara online.

Kamu harus mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan toko onlinemu, seperti fitur, keamanan, dan juga kenyamanan pelanggan. Agar lebih jelas, perhatikan beberapa poin penting yang harus dipersiapkan sebelum membuka toko online berikut

Baca juga : 5 Hal yang perlu Anda tahu ketika Membuat Website UKM

1. Nama Domain

menentukan toko online domain

Nama domain sangat mempengaruhi nilai toko onlinemu di atas mesin pencari. Oleh karena itu, pilihlah nama domain yang benar-benar mewakili nama brandmu. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan ekstensi domainmu. Pastikan ekstensi domainmu benar-benar familiar seperti .com atau .co.id. Hindari menggunakan ekstensi domain yang tidak umum karena akan menurunkan kredibilitas toko onlinemu.

2. Web Hosting

hosting untuk membuat toko online

Sebuah website atau segala hal yang berhubungan dengan internet tidak mungkin bisa beroperasi tanpa adanya web hosting. Ibaratnya, web hosting adalah media penyimpanan data yang dimuat oleh toko onlinemu. Selain itu, kecepatan akses toko onlinemu nantinya juga berkaitan dengan bandwidth web hosting yang kamu gunakan.

3. Tampilan Toko Online

tampilan yang disiapkan untuk membuat toko online

Tampilan toko online seringkali diabaikan, padahal, tampilan toko online sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung toko onlinemu. Tampilan toko onlinemu harus mudah dipahami oleh pengunjung. Selain itu, warna dan font yang digunakan pada tampilan toko onlinemu harus memperhatikan sisi kenyamanan pengunjung tokomu.

4. Shopping Cart

Shopping cart adalah fitur yang tidak boleh dihilangkan pada sebuah toko online. Tanpa adanya shopping cart, pengunjung tokomu tidak akan bisa membeli barang yang kamu jual. Oleh karena itu, pastikan toko online yang kamu miliki memiliki shopping cart yang berfungsi baik, mudah dipahami, dan memberikan kemudahan bagi pengunjung toko yang hendak membeli produkmu.

5. Sistem Pembayaran

Hal lain yang juga tidak boleh kamu lupakan saat membangun toko online adalah sistem pembayaran. Kamu harus memastikan sistem pembayaran yang digunakan dalam toko onlinemu mampu membuat konsumen percaya, salah satu caranya adalah dengan memberikan garansi uang kembali. Selain itu, memberikan berbagai pilihan sistem pembayaran juga akan menjadi nilai tambah bagi toko onlinemu.

6. Sistem Pengiriman

Hasil gambar untuk gambar sistem pengiriman

Bertransaksi melalui toko online berarti penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan sistem pengiriman untuk menyampaikan pesanan pelanggan langsung ke alamat pengiriman. Kamu harus memastikan sistem pengiriman yang digunakan benar-benar terpercaya dan mampu menjamin keamanan produk hingga ke tangan pelanggan. Selain itu, sistem pengiriman juga harus menyediakan menu lacak resi, sehingga pelanggan dan kamu selaku pemilik usaha bisa mengetahui status pengiriman barang.

Itulah tadi 6 hal yang perlu kamu siapkan sebelum membuka toko online. Akan tetapi, jika kamu tidak bisa menyiapkan 6 hal di atas sendiri, kamu bisa mencoba solusi praktis dari jasa pembuatan toko online Techarea. Melalui jasa techarea tersebut, kamu bisa memiliki toko online sendiri tanpa memikirkan domain, hosting, tampilan toko yang menarik, serta berbagai fitur di dalamnya.

Kamu juga bisa memiliki toko online pribadi hanya dengan mengatur tampilan sesuai dengan keinginanmu jika toko online sudah siap. Selanjutnya, kamu tinggal mengunggah produk dan memulai berjualan dengan mudah.

Baca juga: 10 cara foto produk agar menarik

Menariknya, kamu akan didukung dengan berbagai fitur menarik, seperti periklanan produk, dukungan sistem pembayaran, pengiriman, dan customer service yang akan membantumu 24 jam jika kamu menemui kesulitan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?