Skip to content
No results
  • Mengapa
    • Tentang
    • Karir
    • Internship
  • Web Dev
    • Toko Online
    • Landing Page
    • Website Bisnis
  • App Dev
  • Ads
    • Google Ads
    • Facebook Ads
    • Instagram Ads
    • Manajemen Instagram
  • IoT Dev
  • Karya
  • Blog
  • Kontak
  • Promo
    • Toko Online Murah
    • Landing Page UMKM
Logo Techarea Berwarna
  • Mengapa
    • Tentang
    • Karir
    • Internship
  • Web Dev
    • Toko Online
    • Landing Page
    • Website Bisnis
  • App Dev
  • Ads
    • Google Ads
    • Facebook Ads
    • Instagram Ads
    • Manajemen Instagram
  • IoT Dev
  • Karya
  • Blog
  • Kontak
  • Promo
    • Toko Online Murah
    • Landing Page UMKM
Logo Techarea Berwarna
Home Toko Online Cara Membuat Logo Toko Online: Tips dan Ide Kreatif

Cara Membuat Logo Toko Online: Tips dan Ide Kreatif

  • Alfadhylla Rosalina
  • 9 September 2022
Cara Membuat Logo Toko Online yang Menarik

Bisakah Anda menyebutkan nama restoran fast food yang terkenal? Saat menyebutkan namanya, tentu Anda juga mengingat logo dari restoran tersebut, bukan?

Logo menjadi hal penting karena mampu menyampaikan filosofi perusahaan terhadap masyarakat, jenis produk yang mereka jual, target pasar, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang bahwa logo adalah identitas dari bisnis tersebut.

Menurut Finance Online, 75% orang mulai mengenali suatu merek dari logonya. Sehingga, penting untuk membuat logo guna mencapai keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis.

Mendesain logo yang tepat memang tidak mudah. Anda harus melakukan riset pasar, mengenal persona dari target pasar dan mempertimbangkan dengan matang prinsip-prinsip perusahaan yang akan digambarkan pada logo.

Yang Akan Anda Pelajari
 [hide]
  • Mengenal Tipe-Tipe Logo
    • 1. Wordmark
    • 2. Lettermark
    • 3. Brandmark
    • 4. Combination
  • 6 Tips Desain Logo Toko Online
    • 1. Sederhana
    • 2. Relevan
    • 3. Unik
    • 4. Mudah diingat
    • 5. Tahan lama
    • 6. Mudah beradaptasi
  • Cara Membuat Logo Toko Online Anda Sendiri
    • 1. Awali dengan cerita
    • 2. Brainstorm kata-kata yang menggambarkan merek bisnis
    • 3. Buat sketsa
    • 4. Minta penilaian dari orang lain
    • 5. Perbaiki sketsa desain
    • 6. Buat logo dengan aplikasi desain logo gratis

Mengenal Tipe-Tipe Logo

Dari sekian banyak desain logo yang ada di pasaran, terdapat 4 kategori logo yang umum digunakan, yaitu:

1. Wordmark

lenovo
Logo Lenovo

Wordmark adalah logo yang hanya terdiri dari kumpulan huruf saja. Sehingga yang membedakan antara wordmark satu dengan yang lainnya adalah warna dan font.

Jenis logo ini cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan baru yang masih perlu mengenalkan branding perusahaan mereka.

Contoh perusahaan yang menggunakan wordmark sebagai logo seperti: Lenovo, Google, Coca-Cola, Ebay, dan Samsung.

2. Lettermark

CNN_International_logo.svg
Logo CNN

Berbeda dengan wordmark yang menuliskan secara lengkap nama perusahaan, lettermark justru hanya menuliskan inisialnya saja. Inisial akan membantu Anda untuk membuat logo yang sederhana dari nama perusahaan yang panjang. Hal ini dapat mempermudah konsumen untuk mengingat logo Anda di pasaran.

Contoh perusahaan yang menggunakan lettermark sebagai logonya antara lain: McDonald’s, Chanel, IBM, VOA, HBO, dan CNN.

3. Brandmark

brandmark
Logo Telegram

Logo dengan simbol gambar disebut dengan brandmark. Logo berbentuk gambar bisa sekaligus menjadi sarana branding perusahaan Anda.

Tanpa diberitahu, orang-orang akan segera mengetahui bahwa burung putih merupakan logo dari Twitter. Begitu juga dengan simbol pesawat kertas yang sudah mewakili Telegram.

Keberhasilan orang-orang dalam mengenali logo brandmark didasari dari hubungan psikologis mereka dengan logo berbentuk gambar yang perlu ditafsirkan.

Contoh perusahaan dengan logo tipe brandmark yaitu: Twitter, Nike, Instagram, Apple, Telegram, dan Whatsapp.

4. Combination

combination
Logo MasterCard

Logo dengan kombinasi kata dan simbol yang juga dikenal sebagai iconic logotype sudah marak digunakan. Simbol digunakan untuk menonjolkan sisi visual, sedangkan kata digunakan untuk memperjelas nama perusahaan. Logo jenis ini juga cocok digunakan oleh Anda yang baru merintis usaha baru.

Contoh perusahaan dengan tipe logo kombinasi anatara lain: National Geographic Channel, Burger King, Pizza HUT, Domino’s Pizza, dan MasterCard.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terpercaya

6 Tips Desain Logo Toko Online

Bagi Anda yang ingin memiliki logo toko online sendiri, wajib mengetahui berbagai aspek dalam membuat logo. Berikut ini adalah 6 hal yang harus diperhatikan saat membuat logo toko online.

1. Sederhana

Orang-orang sering mengira bahwa logo hanyalah gambar biasa. Padahal, logo harus bisa merepresentasikan aspek-aspek perusahaan yang kompleks. Sebisa mungkin logo dibuat sederhana agar eye catching dan mudah diingat oleh konsumen.

Logo sederhana seringkali menjadi pilihan yang baik karena mampu mengkomunikasikan kepada konsumen mengenai konsep perusahaan dengan ringkas.

Sederhana artinya elemen-elemen dari logo tidak saling bertumpukan, atau simbol yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Meski sederhana, logo yang sederhana bisa memunculkan kesan brand yang berkelas.

2. Relevan

Logo bisa digunakan untuk mengenalkan perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, maka logo dapat menggugah minat masyarakat. Selain itu, Anda juga harus membuat logo yang sesuai dengan target pasar.

Contoh sederhananya, Anda tidak mungkin membuat logo toko online yang menjual mainan anak dengan warna dominan gelap dan gambar menyeramkan. Karena logo toko yang menjual mainan anak identik dengan wajah anak yang ceria, polos, dan gembira. Oleh karena itu, penting menentukan target pasar sebelum Anda membuat toko online.

3. Unik

Berani tampil beda dengan logo yang anda ciptakan sendiri. Melalui logo, beritahu ke konsumen bahwa bisnis yang Anda jalani berbeda dengan yang lainnya.

Ada puluhan toko online yang menjual produk hijab, tetapi yakinkan konsumen bahwa toko online Anda berkomitmen pada model hijab syar’i yang tidak hanya mengedepankan model namun juga memperhatikan syariat-syariat agama.

Logo yang unik bisa membuat konsumen membedakan toko online Anda dengan kompetitor sejenis. Keunikan dari logo juga bisa menarik minat calon konsumen agar mau lebih jauh mengenal toko online Anda.

Hindari penggunaan ikon-ikon yang sudah marak dipasaran. Semakin kreatif logo yang dibuat, makin besar peluang bahwa logo tersebut akan mudah diingat oleh konsumen. Jadi, hindari plagiasi dan fokus untuk membuat logo baru.

4. Mudah diingat

Seiring dengan meningkatnya ketertarikan konsumen dengan produk Anda, logo toko online Anda pun nantinya juga semakin dikenal. Menyambung poin sebelumnya. Logo yang sudah mencakup poin sederhana, relevansi, dan unik biasanya mudah diingat oleh konsumen.

Logo yang mulai dikenal masyarakat bisa menimbulkan rasa keakraban serta persepsi bahwa toko online yang Anda kelola dapat dipercaya dan mudah diakses.

Seperti produk dari Nike misalnya. Melihat logo centang dari Nike yang menempel di sepatu olahraga membuat Anda pasti tertarik untuk membelinya. Hal ini bisa terjadi karena Anda mengingat Nike sebagai merek yang dirancang dengan baik untuk olahraga.

5. Tahan lama

Tren memiliki sifat dinamis, sehingga apabila tren tersebut sudah tidak lagi viral, maka logo Anda akan terkesan ketinggalan jaman. Buat logo sesuai dengan filosofi perusahaan, agar logo memiliki daya tarik tersendiri.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda perlu melakukan rebranding logo. Rebranding logo penting dilakukan ketika ada perubahan visi misi dari toko online yang Anda kelola. Tujuan dari rebranding logo sendiri adalah untuk menciptakan kesan baru yang lebih menarik bagi konsumen.

Logo McDonald’s sendiri sudah berubah hingga lima kali. Namun satu yang tidak berubah adalah, mereka tetap menggunakan huruf M berwarna kuning yang menggambarkan identitas perusahaan.

6. Mudah beradaptasi

Mudah beradaptasi artinya logo tetap terlihat jelas dan utuh ketika masuk ke media lain. Sebaiknya hindari penggunaan banyak warna, serta gunakan batasan atau outline logo yang jelas.

Jangan berpikiran untuk menggunakan bermacam-macam warna pelangi. Sebagai aturan umum, jangan memilih lebih dari tiga warna. Cukup pilih kelompok warna yang bisa menggambarkan toko online Anda.

Cara Membuat Logo Toko Online Anda Sendiri

Setelah mengetahui hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat logo, selanjutnya Anda harus segera mengeksekusinya. Anda bisa menggunakan jasa desain logo profesional, ataupun belajar untuk mendesain sendiri.

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika memutuskan untuk membuat logo.

langkah mendesain logo
Ilustrasi mendesain logo toko online. Gambar oleh Antoni Shkraba di Pexels

1. Awali dengan cerita

Tanyakan pada diri sendiri, apa cerita di balik toko online yang Anda buat. Bercerita di sini artinya, Anda menyelipkan kisah dan makna dari usaha Anda secara tersirat.

Makna dari logo bisa dibuat melalui permainan warna. Warna dinilai dapat mempengaruhi emosi orang yang melihatnya.

Logo-logo pada brand makanan seperti KFC, McDonalds, dan Burger King identik dengan warna merah dan kuning. Warna merah diyakini bisa memberikan rasa nyaman, hangat, dan kasih sayang. Sedangkan warna kuning dipercaya bisa membuat orang menjadi bahagia dan semangat.

Karena perpaduan warna kuning dan merah digunakan sebagai logo, warna di restoran pun dibuat demikian. Warna-warna hangat yang mengelilingi pengunjung dianggap bisa membuat mereka makan dengan suasana hati yang gembira.

2. Brainstorm kata-kata yang menggambarkan merek bisnis

Buka Thesaurus.com, kemudian masukkan kata yang menggambarkan perusahaan Anda.

Apabila toko online Anda merupakan bisnis pakaian, coba ketikkan “pakaian”. Akan muncul deskripsi dari kata dan sinonim yang muncul. Pilih kata 5-10 kata yang paling sesuai dengan usaha Anda.

Tiap kata yang dipilih dapat diandaikan sebagai potongan puzzle yang bisa memandu Anda untuk membuat konsep logo.

3. Buat sketsa

Kata kunci yang telah ditemukan bisa menjadi inspirasi Anda untuk menentukan bentuk logo.

Saat membuat sketsa, jaga bentuk logo agar tetap sederhana. Selain itu, gunakan beberapa warna saja yang sekiranya menonjol dan berbeda dengan warna logo pesaing.

4. Minta penilaian dari orang lain

Setelah Anda memiliki beberapa desain logo, coba bagikan desain tersebut pada teman, anggota keluarga, dan kolega. Bersiaplah untuk menerima umpan balik berupa kritik dan saran yang mereka berikan untuk logo Anda.

Segala kritik dan saran yang muncul merupakan review jujur yang mewakili konsumen toko online Anda. Gunakan segala masukkan yang ada untuk memperbaiki agar logo makin baik.

5. Perbaiki sketsa desain

Setelah sketsa logo sudah dibuat dan mendapatkan saran, lakukan perbaikan atau penyempurnaan logo. Kira-kira ciri khas apa yang harus ditambahkan sebelum Anda membuatnya menjadi nyata.

6. Buat logo dengan aplikasi desain logo gratis

Untuk mengubah sketsa logo dari kertas ke bentuk digital, Anda bisa mencoba dengan menggunakan aplikasi desain gratis seperti Appy Pie’s Logo Maker, Canva, PicsArt, dan masih banyak lagi.

Logo hanyalah satu dari banyak aspek dari toko online yang harus Anda perhatikan. Masih ada aspek penting lain dari toko online seperti desain tampilan, foto produk, hingga nama atau domain toko online yang berpengaruh terhadap trafik pengunjung.

Bagi Anda yang berencana memiliki toko online sendiri, Techarea sebagai partner bisnis Go-Digital siap untuk mewujudkannya. Tim akan merancang toko online yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan. Sehingga Anda bisa memperluas jaringan penjualan di luar marketplace.

Alfadhylla Rosalina

Alfadhylla Rosalina

Aktivis gerakan lingkungan, sanitasi, dan keamanan pangan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Baca Juga Artikel Lainnya

buat-nama-toko-online-bagus

Membuat Nama Toko Online yang Bagus, Keren dan Mudah Diingat

pickawood-gf8e6XvG_3E-unsplash_result

5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

Toko Online

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Toko Online

cara foto produk

Mau Tau Cara Foto Produk yang Menarik? Simak 10 Cara Berikut Ini!

Leave a ReplyCancel Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar Newsletter Gratis

Gabung bersama 1.800 orang lainnya menerima wawasan bisnis online

Topik Unggulan Bisnis Go Digital

semua tulisan tentang pengembangan aplikasi

App Dev

semua tulisan tentang pengembangan web

Web Dev

semua tulisan tentang permbuatan toko online

Toko Online

semua tulisan tentang pembuatan landing page

Landing Page

semua tulisan tentang desain UI/UX

Desain

semua tulisan tentang internet marketing

Marketing

semua tulisan tentang bisnis online

Bisnis

aneka ragam tulisan selain kategori tulisan utama

Aneka Ragam

semua tulisan tentang produktivitas dan pengembangan diri

Produktivitas

semua tulisan tentang tips dan trik

Tips & Trik

semua tulisan tentang pengembangan iot

IoT Dev

semua tulisan tentang penulisan kode

Coding

Postingan Terbaru

  • 11+ Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint (Gratis)
  • 9 Perangkat Lunak Pengolah Kata Selain Microsoft Word (Free)
  • 30 Website Download Foto Gratis (Tanpa Hak Cipta)
  • 15+ Aplikasi Edit Video Android Terbaik (Tanpa Watermark)
  • 15 Contoh Copywriting yang Menarik dan Menjual
  • 7+ Kursus SEO Online Terbaik (Gratis dan Bersertifikat)
  • Trafik Meroket dengan 10+ Tools Riset Keyword Gratis
  • 10+ Aplikasi Membuat Mind Map Terbaik untuk Brainstorming
  • Apa itu Internet Marketing dan 10 Contoh Terbaiknya
  • 9 Cara Mengecek Kecepatan Website (Mudah dan Gratis)

Tetap terhubung

Facebook Twitter Instagram YouTube Spotify RSS

Stop Jadi Budak Marketplace

Buat toko online Anda sendiri dengan harga terjangkau, berkualitas tinggi dan mudah digunakan. Langsung terima pesanan online dengan integrasi beragam metode pembayaran dan jasa kurir.

Buat Toko Online

Techarea adalah perusahaan digital kreatif berbasis di Semarang, Indonesia. Kami membantu individu, brand, perusahaan rintisan, perusahaan mikro, kecil dan menengah, perusahaan besar dan pemerintah mewujudkan gagasan menjadi produk dan pengalaman digital yang luar biasa dan menyenangkan.

Markas
Jl. Gondang Timur II No. 2
Kel. Bulusan Kec. Tembalang 50277
Kota Semarang, Jawa Tengah
Indonesia


WhatsApp
+62 821 2020 5757

Email
[email protected]

Pembuatan Website
Toko Online
Landing Page
Website Bisnis

Pembuatan Aplikasi

Digital Marketing
Google Ads
Facebook Ads
Instagram Ads
Manajemen Instagram

Pengembangan IoT

Perusahaan
Tentang
Karir
Internship
Kontak
Status

Daftar Newsletter Gratis
Bergabung dengan 1.800+ orang lainnya dan dapatkan wawasan terbaru bisnis digital dikirim langsung ke email Anda. 100% gratis.

Facebook Twitter Instagram YouTube Spotify RSS

© 2022 CV Techarea Indonesia Jaya

Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi