Software-Engineer-8

Tahapan Menjadi Software Engineer


Rekayasa Perangkat Lunak atau dalam bahasa inggris-nya Software Engineering merupakan sebuah profesi yang sangat penting untuk teknologi komputer. Profesi ini selalu mengalami perubahan ketika teknologi baru sedang dikembangkan. Karena sifatnya yang rentan berubah, ada banyak peluang untuk masuk ke dalam profesi di bidang ini. Berikut tahapan untuk menjadi software engineer, menurut Learn How to Become.

Melalui Pendidikan

Software-Engineer-1

Image by pexels.com

Menyelesaikan pendidikan formal adalah langkah pertama untuk menjadi software engineer. Anda dapat memilih dari kedua program pelatihan tradisional dan non-tradisional untuk mendapatkan pendidikan yang diperlukan untuk mengejar posisi tingkat pemula (entry-level). Ada beberapa opsi, yaitu:

1. ASSOCIATE DEGREE (DUA TAHUN)

Anda dapat memilih opsi ini untuk mengejar jurusan di beberapa bidang terkait, seperti software engineering technology atau software systems engineering. Kurikulumnya fokus pada prinsip-prinsip inti software engineering, bahasa pemrograman, dan pendekatan modern untuk software development.

2. BACHELOR’S DEGREE (EMPAT TAHUN)

Tingkat sarjana dalam bidang ilmu komputer atau bidang terkait, adalah gelar minimum yang disukai oleh pencari karyawan. Kurikulum di program gelar sarjana juga lebih luas, memberikan landasan dalam bidang matematika dan ilmu komputer. Anda dapat mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang pemrograman, software architecture, dan software testing. Anda juga dapat mengambil kursus khusus di bidang aplikasi, seperti jaringan atau embedded systems.

3. CODING BOOTCAMP (8 SAMPAI 12 MINGGU)

Coding bootcamps adalah jalur pendidikan yang relatif baru untuk calon software engineers atau developers. Program-program ini biasanya berlangsung antara delapan dan 12 minggu. Selain itu Anda ditempatkan ke dalam lingkungan pembelajaran yang fokus dan mendalam. Setelah lulus, Anda harus siap untuk memasuki karir entry-level sebagai software engineers atau developers.

Melalui Magang (Internship)

Software-Engineer-2

Image by pexels.com

Dengan menyelesaikan magang, Anda mendapatkan pengalaman dan gambaran di dunia kerja. Perusahaan teknologi biasanya menawarkan magang untuk Anda yang memiliki gelar sarjana atau magister yang ingin mengembangkan keterampilannya di bidang tertentu, seperti Java, XML, atau SQL. Magang biasanya berlangsung antara tiga dan enam bulan. Dan memungkinkan Anda untuk bekerja pada proyek-proyek tertentu atau produk yang terkait dengan keterampilan Anda.

Mengikuti Program Spesialisasi

Software-Engineer-3

Image by pexels.com

Secara umum terdapat dua spesialisasi dalam software engineering, yaitu aplikasi dan pengembangan software/systems. Masing-masing bidang tersebut memiliki bidang praktik yang berbeda. Software engineers dapat memilih untuk menjadi ahli dalam satu bahasa pemrograman atau jenis pengembangan. Berikut ini terdapat beberapa contoh bidang khusus yang perlu dipertimbangkan:

  • Web development
  • DevOps
  • Mobile development
  • Technical stack (e.g., Python, Ruby)

Peluang Kerja untuk Entry-level

Software-Engineer-4

Image by pexels.com

Setelah mendapatkan gelar di bidang ilmu komputer, atau menyelesaikan program bootcamp, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan entry-level (tingkat pemula). Software engineering telah dinilai sebagai salah satu karir terbaik tingkat pemula, menurut Forbes. Meskipun pekerjaan impian Anda mungkin ada di Google, Anda sebagai calon software engineer dapat memulai dengan mencari pekerjaan lokal. Karena untuk masuk ke profesi, pengalaman adalah sesuatu yang penting untuk kemajuan karir.

Dapatkan Sertifikat

 

Software-Engineer-5

Image by pexels.com

Software engineering merupakan bidang yang teliti dan teknis. Sertifikasi berguna untuk memverifikasi pengetahuan dan kemampuan. Bersamaan dengan pengalaman, sertifikasi dapat meningkatkan daya pemasaran seseorang di market yang semakin kompetitif. Sertifikasi tersedia dari vendor teknologi (misalnya, Microsoft, Cisco, dan Oracle) serta organisasi profesional (misalnya, IEEE) dan disesuaikan dengan bidang praktik tertentu.

Menghadiri Konferensi

Software-Engineer-6

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Inovasi mendorong perubahan. Itu berarti software engineer harus tetap mengikuti perkembangan terbaru baik dalam profesi umum maupun spesialisasi mereka. Menghadiri konferensi adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan dengan engineer lain dan belajar tentang produk baru, praktik bisnis, dan teknologi. Konferensi yang populer untuk software engineer diantaranya International Conference on Software Engineering dan International Conference on Automated Software Engineering.

Dapatkan Gelar Kelulusan

Software-Engineer-7

Photo by unsplash.com

Gelar sarjana menawarkan kesempatan untuk memenuhi syarat untuk posisi manajemen dan kepemimpinan di industri. Selain itu, fokusnya lebih banyak ke engineering daripada hanya pemrograman. Software engineering lebih mengutamakan keterampilan interdisipliner seperti pemikiran kritis, analisis biaya dan manajemen proyek dimana keterampilan tersebut dapat ditingkatkan dalam program master di bidang ilmu komputer, teknik komputer, ilmu informasi atau software engineering.

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadi software engineer? Anda bisa magang di Techarea dengan submit data Anda di Magang Techarea. Techarea juga membuka peluang untuk Anda yang potensial dan ingin terus mengembangkan diri untuk bergabung dengan kami. Kami tunggu Apply Anda di Kerja di Techarea.

 

Reference

Learn How to Become. 2018. Software Engineering Degrees & Careers : How to Become a Software Engineer. [Online] Available at :https://www.learnhowtobecome.org/computer-careers/software-engineering/ [Accessed November 8, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.