internet marketing 06

7 Tips untuk Memulai Perusahaan Internet Marketing

Internet Marketing adalah proses mempromosikan suatu bisnis, merek, produk atau layanan melalui internet untuk meningkatkan prospek dan penjualan. Cara ini merupakan cara yang paling murah untuk menjangkau target pasar Anda, terlepas dari ukuran bisnis Anda. Jadi, apakah Anda ingin memulai perusahaan Internet Marketing Anda sendiri? Berikut adalah beberapa tips dari Aaron Aders untuk memulai startup Internet Marketing Anda.

1. Promosikan Merek Anda Sendiri

internet marketing 01

Photo by Unsplash

Sebelum mempromosikan merek Anda sendiri, silakan Anda tinjau tentang merek Anda dengan beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah situs Anda mudah ditemukan di pencarian Google? Apakah kata kunci yang terkait dengan spesialisasi Internet Marketing Anda sudah dioptimalkan?
  • Bagaimana kecepatan akses situs web Anda? Apakah sudah optimal? Apakah tampilan di perangkat seluler sudah baik seperti halnya di desktop dan laptop?
  • Bagaimana penggunaan media sosial Anda? Apakah rekan-rekan industri membagikan postingan Facebook Anda?

Calon klien akan dengan sangat mudah untuk menentukan apakah perusahaan Anda bagus atau tidak dalam Internet Marketing. Mereka akan menentukan itu dengan memperhatikan bagaimana pemasaran perusahaan Anda itu sendiri.

2. Overdeliver

internet marketing 02

Photo by Unsplash

Ini adalah ide bagus dan sangat penting bagi semua perusahaan untuk memberi pelayanan yang lebih ketika melayani pelanggan. Mengapa? Karena Anda tidak hanya akan mempertahankan klien yang Anda miliki, tetapi klien tersebut kemungkinan akan ikut mengunggulkan kualitas layanan Anda kepada orang-orang yang mereka kenal. Itu berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak peluang dalam jaringan bisnis.

Berikan layanan yang lebih dari yang Anda janjikan. Begitulah cara Anda akan berhasil.

3. Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Pemasaran

Sebelum Anda bisa menjadi ahli dalam pemasaran digital, Anda harus terlebih dahulu memahami tentang pemasaran. Secara sederhana, Anda tidak dapat melayani klien Anda dengan baik kecuali Anda memahami prinsip dasar dari apa yang diperlukan untuk melakukan penjualan. Apakah Anda tahu tentang 4P pemasaran? Berikut 4P pemasaran menurut Martin.

internet marketing 03

Photo by cleverism.com

  • Product (Produk)

Produk adalah barang nyata atau layanan tidak berwujud yang tampaknya memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan tertentu. Pemasar perlu memahami masalah-masalah agar dapat merencanakan berbagai tahapan untuk menciptakan produk. Pemasar juga perlu memahami manfaat yang ditawarkan oleh produk dan semua fitur-fiturnya dan mempelajari proposisi penjualan produk yang unik. Selain itu, pembeli produk yang potensial juga penting untuk diidentifikasi dan dipahami.

  • Price (Harga)

Harga adalah jumlah yang harus dibayar oleh pengguna untuk suatu produk. Harga suatu produk akan secara langsung mempengaruhi cara penjualannya. Karena ini berkaitan dengan nilai produk. Jika suatu produk diberi harga lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai produk yang dirasa, maka itu tidak akan berhasil dijual. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memahami bagaimana pelanggan melihat apa yang Anda jual. Jika ada nilai positif dari pelanggan, maka suatu produk mungkin berhasil dihargai lebih tinggi daripada nilai moneter objektifnya. Sebaliknya, jika suatu produk memiliki nilai yang kecil di mata konsumen, maka harga produk tersebut mungkin perlu diturunkan untuk dijual. Harga juga dapat dipengaruhi oleh rencana distribusi, biaya rantai nilai, markup dan bagaimana harga pesaing produk saingan.

  • Promotion (Promosi)

Strategi dan teknik komunikasi pemasaran semuanya masuk ke dalam bagian promosi. Ini termasuk iklan, promosi penjualan, penawaran khusus dan hubungan masyarakat. Penting untuk membedakan antara pemasaran dan promosi. Promosi hanyalah aspek komunikasi dari keseluruhan fungsi pemasaran.

  • Place (Tempat)

Tempat ini yang terkait dengan bagaimana produk akan diberikan kepada pelanggan. Distribusi adalah elemen kunci dari penempatan. Strategi penempatan akan membantu untuk menilai lingkup apa yang paling sesuai untuk suatu produk. Bagaimana suatu produk itu dapat diakses oleh pengguna juga perlu dilengkapi dengan pengetahuan tentang strategi produk.

4. Buat Studi Kasus

internet marketing 04

Photo by Unsplash

Ketika Anda membuat kesepakatan dengan beberapa klien dan meraih kemenangan besar, ubah kemenangan itu menjadi studi kasus. Kemudian, posting studi kasus di situs web Anda sebagai bukti bahwa Anda ahli dalam bidang tersebut serta menepati janji Anda. Perlu diingat: studi kasus yang melibatkan klien yang memiliki profil tinggi adalah yang terbaik.

5. Bicara di Konferensi

internet marketing 05

Photo by TechCrunch

Salah satu cara hebat untuk mengembangkan merek tentang startup Anda adalah Anda berbicara di konferensi dan pameran dagang. Anda harus memulai dari yang kecil. Konferensi yang lebih besar dan terkenal akan memiliki banyak pembicara dan mungkin tidak akan memiliki ruang untuk seorang pemula seperti Anda sendiri.

Namun, ada banyak konferensi yang lebih kecil di seluruh negara yang mencari pembicara. Hubungi penyelenggara acara-acara tersebut, promosikan diri Anda, dan tawarkan presentasi yang menarik dan mengagumkan. Buat diri Anda dikenal di konferensi beberapa kali setahun dan calon klien akan segera menelepon Anda untuk meminta proposal.

6. Pertimbangkan Spesialisasi

internet marketing 06

Photo by Pexels

Ketika Anda mengatakan “Internet marketing“, Anda belum bisa langsung menguasai semuanya. Internet Marketing terdiri dari SEO, SEM, PPC, CRO, SMM, dan banyak akronim lain yang terkait dengan membangun merek online.

Secara sederhana, Anda mungkin menggigit lebih dari yang dapat Anda kunyah jika Anda memilih untuk menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan Internet marketing langsung dari awal. Itu menjadi benar jika Anda seorang startup yang kekurangan uang. 

Sebaliknya, pertama, spesialisasikan satu aspek Internet marketing. Carilah klien yang hanya ingin meningkatkan pengunjung atau orang-orang yang membutuhkan bantuan tentang beriklan di Facebook. Kemudian, ketika Anda telah berhasil dalam aspek digital marketing, Anda dapat menawarkan layanan yang lain juga. Setelah beberapa waktu, Anda akan memiliki portofolio layanan yang Anda tawarkan seperti beberapa toko yang lebih besar.

7. Jangan Pernah Berhenti Belajar

internet marketing 07

Photo by Unsplash

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah cukup pintar dalam hal digital marketing. Meskipun Anda telah mencetak beberapa kemenangan di masa lalu, pastikan Anda tetap cerdas dengan terus belajar. Mungkin tidak ada disiplin ilmu yang berubah lebih cepat dalam waktu yang singkat seperti Internet marketing. Karena hal itu berdasarkan teknologi dan teknologi berkembang pesat.

Jika Anda ingin sukses dalam jangka panjang, Anda perlu memahami strategi terbaru dan terhebat saat ini. Jika tidak, pesaing yang terbaik dalam bisnis akan naik dan mencuri klien Anda. 

Hampir setiap bisnis di dunia saat ini membutuhkan strategi digital. Selalu ada permintaan yang besar untuk layanan tersebut. Jadi, ketika Anda memulai perusahaan Anda, ingatlah tips-tips tersebut. Tandai situs web dan blog terbaik yang terkait dengan digital marketing. Silakan Anda baca secara teratur. Terus belajar sehingga Anda selalu dapat melayani klien Anda dengan layanan pelanggan yang luar biasa.

Reference

Aders, Aaron. 2017. 7 Tips For New Internet Marketing Companies. [Online] Available at :http://inc-asean.com/grow/7-tips-new-internet-marketing-companies/?utm_source=inc&utm_medium=redir&utm_campaign=incredir [Accessed August 21, 2018]

Martin. 2014. Understanding the Marketing Mix Concept – 4Ps. [Online] Available at :https://www.cleverism.com/understanding-marketing-mix-concept-4ps/ [Accessed August 23, 2018]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.