Daftar Teratas 55+ Aplikasi Produktivitas (Update 2023)

Produktivitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu dari sumber daya yang ada di sekitarnya. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, banyak sekali tools yang dapat membantu kita menjadi lebih produktif.

Salah satunya adalah aplikasi produktivitas yang tersedia di ponsel maupun laptop dan bisa Anda gunakan secara gratis. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang aplikasi produktivitas terbaik tahun 2023.

Cara Kami Memilih Aplikasi Produktivitas

Saat memilih aplikasi produktivitas, kami selalu memperhatikan beberapa poin penting. Kami memilih aplikasi yang mudah digunakan, tersedia untuk semua platform, dan tersedia dalam versi gratis atau trial. Dengan demikian, kami bisa menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kami dan membantu kami menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Mudah digunakan: Aplikasi yang kami pilih memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah dipahami. Ini dapat membantu kami dengan cepat memahami cara menggunakannya dan bisa mengalihkan fokus pada pekerjaan yang ingin kami selesaikan. Bukan membuang waktu mempelajari cara menggunakan aplikasi dan repot beradaptasi dengan aplikasi baru.
  2. Tersedia untuk (hampir) semua platform: Aplikasi yang tersedia untuk hampir semua platform akan sangat berguna bagi kami yang sering berganti-ganti perangkat atau menggunakan lebih dari satu perangkat dalam satu waktu. Dengan dukungan multi-platform, kami tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya di perangkat apapun, karena aplikasi tersebut tersedia di berbagai perangkat kerja kami.
  3. Tersedia versi gratis: Sebagian besar aplikasi produktivitas yang ada di daftar ini tersedia versi gratisnya (freemium) atau paling tidak tersedia masa uji coba gratis (free trial). Skema ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba berbagai fitur yang ditawarkan dan menentukan aplikasi produktivitas mana yang paling sesuai dengan kebutuhan sebelum memutuskan untuk berlangganan atau membeli versi berbayarnya.

Nah, berikut ini ada kumpulan aplikasi produktivitas yang sudah kami susun berdasarkan fungsinya masing-masing. Baca sampai habis, ya!

To Do List

Membuat daftar tugas (to do list) merupakan cara efektif untuk mengelola segudang kegiatan yang ada. Menenteng memo untuk menuliskan to do list kini sudah tidak praktis lagi, sebab Anda bisa menuliskannya di ponsel atau laptop yang selalu Anda bawa.

Aplikasi To Do List Terbaik: Todoist

Todoist: Aplikasi produktivitas terbaik untuk mengelola tugas
Todoist: Aplikasi produktivitas terbaik untuk mengelola tugas

Todoist adalah aplikasi produktivitas populer yang diluncurkan sejak 2007 dan telah diakses oleh lebih dari 5 juta pengguna.

Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, iOS dan Android, sehingga bisa digunakan di mana saja.

Versi gratis Todoist menyediakan fitur yang cukup berlimpah. Anda bisa membuat hingga 5 proyek aktif dan hingga 300 tasks per proyek. Natural language recognition-nya juga sangat membantu dalam membuat daftar pekerjaan.

Aplikasi To Do List Alternatif: TickTick

TickTick: Aplikasi to do list untuk mengelola tugas
TickTick: Aplikasi to do list untuk mengelola tugas

Jika Anda merasa fitur Todoist terbatas di versi gratisnya, Anda bisa mencoba menggunakan TickTick sebagai alternatif.

TickTick ini menawarkan lebih banyak fitur di versi gratisnya dibanding Todoist. Selain dapat mengelola daftar pekerjaan, TickTick juga menyediakan fitur Pomodoro Timer yang berguna untuk membantu Anda fokus dalam bekerja, serta Habit Tracker untuk membantu Anda membangun pola kebiasaan yang sehat.

Kedua fitur ini tidak tersedia di Todoist, jadi jika Anda membutuhkannya, TickTick bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kalender

Orang-orang produktif menggunakan aplikasi kalender untuk merencanaan kegiatan hariannya. Jika Anda merasa tidak terbantu dengan kalender bawaan di gadget, coba gunakan aplikasi kalender berikut ini untuk merencanakan agenda Anda.

Aplikasi Kalender Terbaik: Google Calendar

Google Calendar: Aplikasi kalender terbaik.
Google Calendar: Aplikasi kalender terbaik.

Google Calendar adalah aplikasi kalender terbaik yang menjadi pilihan kami.

Tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat menambahkan acara, jadwalkan rapat dan terhubung dengan Google Meets, serta membagikan ke rekan kerja.

Fitur-fitur Google Calender versi gratis sudah lebih dari cukup bagi kami, tapi Anda juga bisa menggunakan versi berbayarnya untuk fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi Kalender Alternatif: Microsoft Outlook

Microsoft Outlook: Paduan email, kontak dan kalender.
Microsoft Outlook: Paduan email, kontak dan kalender.

Microsoft Outlook adalah aplikasi kalender populer yang menyediakan fitur gabungan email, kalender, dan kontak.

Dengan Outlook Anda dapat membuat acara, menjadwalkan janji temu, dan multi-tasking dengan membuka email dan kalender.

Microsoft Outlook tersedia gratis dan dapat digunakan di Windows, macOS, Android, iOS dan web.

Penjadwalan Rapat

Rapat jadi hal penting dalam sebuah pekerjaan, sehingga jangan sampai Anda melewatkan rapat dengan alasan lupa. Karena itu bisa membuat citra Anda menjadi kurang profesional.

Jika belum memiliki asisten sendiri, Anda dapat memanfaatkan aplikasi penjadwalan rapat yang bisa mengelola jadwal rapat dan mengingatkan Anda mengenai rapat-rapat terdekat.

Aplikasi Penjadwalan Rapat Terbaik: Calendly

Calendly: Aplikasi penjadwalan rapat terbaik
Calendly: Aplikasi penjadwalan rapat terbaik

Calendly merupakan aplikasi penjadwal rapat yang sangat cocok bagi Anda yang biasa menerima banyak permintaan rapat dan membutuhkan balasan yang jelas.

Sebelum menggunakannya, Anda harus memasukkan jadwal kosong dengan menghubungkannya dengan aplikasi kalender seperti Google Calendar, iCal, atau Outlook. Kemudian buat opsi rapat yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu jadwal wawancara, rapat bersama klien, dan jadwal janji lainnya.

Setelah menjadwalkan kegiatan, Anda bisa langsung klik ‘submit’. Maka secara otomatis Calendly menambahkan kegiatan tersebut ke kalender dan akan mengingatkannya di hari atau waktu yang sudah ditentukan.

Aplikasi Penjadwalan Rapat Alternatif: Cal.com

Cal.com: aplikasi penjadwalan rapat berbasis web dan open source.
Cal.com: aplikasi penjadwalan rapat berbasis web dan open source.

Cal.com adalah solusi penjadwalan rapat berbasis web yang memberikan keuntungan karena terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain, termasuk Google Calendar dan ZOOM.

Cal.com (sebelumnya dikenal sebagai Calendso) menawarkan kalender open source, fitur penjadwalan dan inisiatif janji temu yang efisien dalam mengurangi jumlah email dan beban kerja.

Pembuatan Catatan

Mencatat adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh semua orang, mulai dari mencatat nomor telepon, resep, daftar belanjaan, dan lain-lain.

Mencatat di buku saja akan sulit untuk dibagikan kepada orang lain. Namun, dengan mencatat di media digital seperti aplikasi, Anda dapat membuat catatan lebih mudah untuk dibagikan secara cepat.

Aplikasi Pembuatan Catatan Terbaik: Notion

Notion: Aplikasi pembuat catatan yang dapat dikustomisasi.
Notion: Aplikasi pembuat catatan yang dapat dikustomisasi.

Notion adalah aplikasi yang lengkap dan multifungsi, tidak hanya sebagai pembuat catatan.

Anda dapat mengelola proyek, mengatur catatan, bekerja secara kolaboratif dengan rekan kerja, dll.

Notion kini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung mengelola proyek seperti task and project management, multiple view dan terintegrasi dengan email sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen yang mempermudah pekerjaan.

Aplikasi Pembuatan Catatan Alternatif: Evernote

Evernote: Aplikasi pembuat catatan yang lengkap.
Evernote: Aplikasi pembuat catatan yang lengkap.

Evernote adalah aplikasi pembuat catatan serbaguna yang dapat menyimpan catatan dalam berbagai format seperti audio, teks, dan gambar.

Fitur Evernote lainnya termasuk mengatur pengingat dan mengunggah lampiran. Anda dapat menandai artikel web dan menjadwalkannya untuk dibaca nanti dan catatan dapat disinkronkan dengan berbagai perangkat yang Anda gunakan.

Baca juga: Aplikasi Membuat Mind Map Terbaik untuk Brainstorming

Membantu Fokus

Fokus adalah kunci untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Namun, saat ini banyak distraksi yang dapat mengganggu fokus. Aplikasi yang dapat membantu Anda fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dapat menjadi solusi yang berguna.

Aplikasi Fokus Terbaik: Freedom

Freedom: Pemblokir website atau aplikasi penyebab distraksi.
Freedom: Pemblokir website atau aplikasi penyebab distraksi.

Ketidakfokusan seringkali disebabkan oleh distraksi atau gangguan eksternal. Namun, Anda dapat mengurangi gangguan tersebut dengan menggunakan aplikasi Freedom.

Freedom dapat memblokir berbagai sumber distraksi dengan menerapkan mode penguncian sementara pada aplikasi atau situs web, sehingga membantu Anda untuk fokus dalam bekerja.

Aplikasi Fokus Alternatif: Forest

Forest: Aplikasi untuk mengurangi penggunaan ponsel.
Forest: Aplikasi untuk mengurangi penggunaan ponsel.

Forest adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda tetap fokus.

Seperti namanya, Forest memiliki konsep unik yang terkait dengan hutan. Saat Anda mengaktifkan aplikasi, Anda akan membuat hutan dengan “menanam pohon” di dalamnya.

Saat aplikasi sudah aktif, Anda harus meletakkan ponsel Anda. Jika Anda mengangkat ponsel atau membuka aplikasi lain, pohon yang ditanam akan mati.

Habit Tracker

Setiap orang ingin membangun kebiasaan baik, mungkin termasuk Anda. Namun, seringkali ada halangan yang menghalangi Anda untuk memulai atau mempertahankan kebiasaan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi habit tracker untuk memonitor kebiasaan yang sedang Anda jalani, sehingga membantu Anda untuk tetap konsisten dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Aplikasi Habit Tracker Terbaik: Habitify

Habitify: Aplikasi pembangun kebiasan terbaik.
Habitify: Aplikasi pembangun kebiasan terbaik.

Habitify adalah habit tracker yang membantu Anda untuk merencanakan dan membangun kebiasaan Anda.

Fitur-fitur Habitify termasuk memasukkan tugas-tugas yang harus dilakukan, melacak suasana hati melalui emoji dan memberikan laporan tentang kemajuan atau kemunduran dari setiap kebiasaan yang Anda jalani.

Aplikasi Habit Tracker Alternatif: Habitica

Habitica: Membangun kebiasan dengan bermain game.
Habitica: Membangun kebiasan dengan bermain game.

Habitica bisa dibilang sebagai aplikasi habit tracker anti mainstream. Habitica terkenal karena menggunakan elemen RPG retro untuk mengatur kebiasaan Anda.

Anda harus membuat avatar sebelum menambahkan tugas dan setiap kali menyelesaikan kebiasaan Anda akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk membeli peralatan untuk avatar Anda.

Habitica menyediakan cara yang menyenangkan dan interaktif untuk mengatur kebiasaan Anda.

Perekam Layar

Aplikasi perekam layar adalah alat yang sangat berguna untuk merekam aktivitas layar perangkat Anda. Ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti membuat tutorial, menangkap momen game, atau hanya merekam apa yang sedang Anda kerjakan.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik: Loom

Loom: Aplikasi perekam layar terbaik.
Loom: Aplikasi perekam layar terbaik.

Loom adalah pilihan terbaik untuk merekam layar dengan cepat dan membagikannya dengan mudah.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang berguna, seperti perekaman layar dan webcam secara bersamaan, kualitas video yang tinggi, dan kemampuan untuk berbagi video dengan mudah.

Loom juga menyediakan beberapa opsi pengeditan yang dapat membantu Anda mengubah video menjadi lebih profesional. Aplikasi ini sangat cocok untuk membuat tutorial, presentasi, dan rekaman aktivitas kerja Anda.

Aplikasi Perekam Layar Alternatif: Dropbox Capture

Dropbox Capture: Aplikasi perekaman layar yang simple dan powerful
Dropbox Capture: Aplikasi perekaman layar yang simple dan powerful

Dropbox Capture adalah aplikasi perekam layar yang memiliki fitur yang sangat lengkap.

Aplikasi ini mendukung perekaman layar, kamera, dan audio sekaligus. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin merekam presentasi atau tutorial yang menggabungkan tampilan layar dengan video dari kamera dan suara Anda.

Selain itu, Dropbox Capture juga memungkinkan Anda untuk hanya merekam layar, kamera, atau audio saja sesuai kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menangkap layar dan membuat gif dari rekaman yang telah dibuat.

Keunikan dari aplikasi ini adalah semua hasil rekaman akan disimpan secara otomatis di Dropbox sehingga aman dari kehilangan data. Aplikasi ini dapat digunakan gratis hingga 120 menit durasi perekaman.

Penyimpanan Berkas

Aplikasi penyimpanan berkas berbasis cloud adalah solusi yang sangat populer saat ini untuk menyimpan dan mengakses berkas secara mudah dan aman. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan berkas di cloud server dan mengaksesnya dari mana saja di dunia dengan koneksi internet.

Aplikasi Penyimpanan Berkas Terbaik: Dropbox

Dropbox: Aplikasi penyimpanan berkas berbasis cloud.
Dropbox: Aplikasi penyimpanan berkas berbasis cloud.

Dropbox adalah salah satu aplikasi penyimpanan berkas berbasis cloud yang paling populer dan bisa diakses dari berbagai platform seperti Windows, Mac, Android dan iOS.

Saat mendaftar, Anda hanya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Anda bisa meningkatkan ruang penyimpanan gratis hingga 16 GB dengan mengajak teman atau rekan kerja Anda untuk mendaftar Dropbox.

Aplikasi Penyimpanan Berkas Alternatif: Google Drive

Google Drive: Aplikasi penyimpanan berkas terbaik untuk kolaborasi.
Google Drive: Aplikasi penyimpanan berkas terbaik untuk kolaborasi.

Google Drive adalah aplikasi cloud storage yang sangat populer bagi pengguna Android. Dikembangkan oleh Google, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua pengguna Google secara gratis.

Salah satu keunggulan dari Google Drive adalah fitur kolaborasinya yang memungkinkan pemilik akun Google untuk dengan cepat dan mudah mengakses file secara bersama-sama. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja dalam tim dan memerlukan akses yang cepat dan mudah ke berkas yang sama.

Selain itu, Google Drive juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan keamanan yang tinggi untuk menjaga keamanan berkas Anda.

Penyimpanan Foto dan Video

Foto adalah media penting untuk dokumentasi peristiwa atau acara-acara penting. Namun, foto-foto dapat hilang jika ponsel rusak atau terkena masalah lainnya.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi penyimpanan foto berbasis cloud yang tersedia saat ini. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan foto Anda di server cloud dan mengaksesnya dari mana saja di dunia dengan koneksi internet.

Aplikasi Penyimpanan Foto dan Video Terbaik: Google Photos

Google Photos: Aplikasi penyimpanan foto dan video terbaik.
Google Photos: Aplikasi penyimpanan foto dan video terbaik.

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto yang dikembangkan oleh Google. Meskipun Google Drive juga dapat digunakan untuk menyimpan foto, Google Photos memiliki fitur khusus yang dirancang untuk menyimpan foto dan video.

Jika Anda memiliki akun Google dan ponsel yang terhubung dengan akun tersebut, maka foto-foto yang ada di galeri ponsel Anda akan secara otomatis tercadangkan di Google Photos. Hal ini membuat proses menyimpan foto menjadi lebih mudah dan tidak perlu mengunggah satu per satu.

Aplikasi Penyimpanan Foto dan Video Alternatif: Flickr

Flickr: Aplikasi penyimpanan foto dan video profesional.
Flickr: Aplikasi penyimpanan foto dan video profesional.

Flickr adalah aplikasi penyimpanan foto yang sangat populer digunakan oleh banyak blogger dan fotografer. Selain menyimpan foto, pengguna Flickr juga dapat mencari dan menelusuri foto dan video dengan resolusi tinggi tanpa terganggu iklan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur kolaborasi, yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dalam mengelola foto dan video. Flickr dapat digunakan secara gratis dengan batasan 1.000 foto dan video. Namun, jika Anda ingin menambah kapasitas penyimpanan dan menikmati fitur tambahan, Anda dapat memilih untuk berlangganan Flickr Pro.

Edit Foto

Edit foto adalah cara untuk meningkatkan kualitas foto dengan menghilangkan cacat, mengubah warna dan tampilan, dan menambah efek yang menarik. Fitur-fitur seperti perbaikan, pengaturan warna, filter, crop, resize, dan rotate membuat aplikasi ini sangat berguna.

Aplikasi Edit Foto Terbaik: Adobe Lightroom

Adobe Lightroom: Aplikasi edit foto terbaik.
Adobe Lightroom: Aplikasi edit foto terbaik.

Adobe Lightroom adalah aplikasi editing foto yang sangat populer digunakan oleh editor foto profesional.

Adobe Lightroom memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan dasar seperti mengatur kecerahan, kontras, dan lain-lain.

Selain itu, Lightroom juga memiliki filter yang dapat digunakan untuk menyempurnakan foto dan memberikan tampilan estetik. Anda juga dapat membagikan hasil edit Anda ke komunitas melalui Lightroom Discover.

Adobe Lightroom dapat digunakan gratis di perangkat Android dan iOS dengan fitur yang terbatas. Pengguna Windows atau macOS dapat mencoba versi trial sebelum berlangganan Creative Cloud.

Aplikasi Edit Foto Alternatif: Snapseed

Snapseed: Aplikasi edit foto terbaik untuk ponsel pintar.
Snapseed: Aplikasi edit foto terbaik untuk ponsel pintar.

Snapseed adalah aplikasi edit foto populer yang dikembangkan Google. Aplikasi dengan logo daun ini memiliki fitur-fitur yang bisa Anda jadikan andalan untuk mengedit foto.

Anda dapat menggunakan Snapseed secara gratis di Android maupun iOS. Anda dapat dengan mudah membagikan foto hasil editan Anda ke berbagai macam media sosial langsung dari aplikasi Snapseed.

Edit Video

Aplikasi edit video adalah alat yang sangat penting bagi para content creator, vlogger, atau siapa saja yang ingin mengedit video dengan mudah. Saat ini, video menjadi salah satu konten yang paling populer di internet. Oleh karena itu, aplikasi edit video sangat berguna bagi Anda yang ingin menciptakan konten video yang menarik.

Aplikasi Edit Video Terbaik: DaVinci Resolve

DaVinci Resolve: Aplikasi edit video gratis terbaik.
DaVinci Resolve: Aplikasi edit video gratis terbaik.

DaVinci Resolve adalah aplikasi edit video yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Blackmagic Design.

Dengan DaVinci Resolve, Anda dapat menghasilkan video berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk berbagai macam platform seperti YouTube, Vimeo, dan lainnya.

DaVinci Resolve menawarkan berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas video, seperti koreksi warna, efek visual, penambahan grafik, pemotongan video, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Edit Video Alternatif: CapCut

CapCut: Aplikasi editing video terbaik untuk smartphone.
CapCut: Aplikasi editing video terbaik untuk smartphone.

CapCut sedang menjadi populer akhir-akhir ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bytendence Pte. Ltd ini memiliki berbagai macam template yang memudahkan Anda untuk membuat video viral seperti yang ada di TikTok.

Dengan CapCut, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengedit video agar viral, karena aplikasi ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk itu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti pemotongan video dan penambahan efek yang dapat Anda gunakan untuk membuat video Anda lebih menarik.

Edit Audio

Setelah aplikasi edit foto dan video, tidak lengkap jika dalam daftar aplikasi produktivitas ini tidak membahas aplikasi untuk edit audio.

Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi edit audio terbaik yang dapat digunakan untuk mengedit, menambah efek, dan mengatur suara dengan mudah

Aplikasi Edit Audio Terbaik: Audacity

Audacity: Aplikasi edit audio terbaik.
Audacity: Aplikasi edit audio terbaik.

Audacity adalah software editing audio yang pertama yang akan kami rekomendasikan. Dengan Audacity, Anda dapat mengedit file audio dalam format WAV, AIFF, MP3, dan OGG.

Audacity sangat user-friendly dan cocok untuk para pengguna pemula yang ingin mengedit file audio sederhana seperti memotong, mengubah volume, dan menyatukan file. Namun, juga cocok untuk para profesional yang ingin menambahkan efek audio yang lebih kompleks.

Aplikasi Edit Audio Alternatif: WavePad Audio Editor

WavePad: Aplikasi edit audio dengan fitur lengkap.
WavePad: Aplikasi edit audio dengan fitur lengkap.

WavePad adalah software pengedit audio yang memiliki fitur lengkap.

Anda dapat mengedit file audio dengan memotong, menyalin, menempelkan bagian rekaman, dan menambahkan berbagai efek seperti gema, amplifikasi, dan pengurangan noise.

WavePad dapat digunakan untuk mengedit file audio dalam format WAV dan MP3, tetapi juga dapat menerima format lain seperti VOX, GSM, WMA, M4A, AU, AIFF, FLAC, OGG, dan masih banyak lagi.

Email

Email memiliki peran penting untuk berkomunikasi. Misalnya melamar kerja, menghubungi klien, mengumpulkan tugas, dan membuat akun media sosial.

Dari beberapa aplikasi email yang tersedia, Anda bisa memilih salah satu rekomendasi aplikasi email terbaik di bawah ini agar bisa lebih produktif.

Aplikasi Email Terbaik: Spark

Spark: Aplikasi email client terbaik dengan dukungan multi-platform.
Spark: Aplikasi email client terbaik dengan dukungan multi-platform.

Pengguna iOS sering mengalami masalah notifikasi Gmail yang tidak diterima secara real-time.

Hal ini dapat merugikan Anda, terutama jika Anda tertinggal informasi penting. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Spark. Tanpa Spark, Anda harus membuka aplikasi email secara manual dan merefresh-nya untuk mendapatkan email terbaru.

Spark memiliki fitur Smart Inbox yang bertugas untuk mengumpulkan berbagai jenis email seperti spam, promosi, newsletter, dan lain-lain. Fitur ini memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola email Anda.

Aplikasi Email Alternatif: Microsoft Outlook

Microsoft Outlook: Paduan email, kontak dan kalender.
Microsoft Outlook: Paduan email, kontak dan kalender.

Microsoft Outlook adalah aplikasi email client dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Aplikasi ini merupakan salah satu pilihan utama bagi para profesional dan pengguna individu untuk mengelola email mereka. Selain fungsi utama untuk mengirim, menerima, dan membaca email yang masuk, Microsoft Outlook juga dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mengelola tugas-tugas lain seperti kalender, kontak, dan jadwal kerja.

Fitur kalender ini sangat berguna bagi Anda yang sibuk dan memiliki jadwal yang padat, karena Anda dapat mencatat jadwal rapat, kunjungan, dan tugas-tugas lainnya. Fitur kontak juga sangat berguna bagi Anda yang sering berinteraksi dengan orang lain, karena Anda dapat menyimpan kontak-kontak Anda dengan mudah dan terorganisir.

Komunikasi Tim

Komunikasi efektif merupakan kunci dalam kerja sama tim yang solid, baik dalam dunia kerja maupun sekolah. Tanpa komunikasi yang baik, pekerjaan atau tugas dapat menjadi kacau dan tidak terlaksana dengan baik.

Hal ini semakin penting saat pekerjaan dilakukan secara remote, karena tanpa komunikasi yang efektif antar anggota, akan sulit untuk saling bekerja sama dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Aplikasi Komunikasi Tim Terbaik: Slack

Slack: Aplikasi komunikasi tim terbaik.
Slack: Aplikasi komunikasi tim terbaik.

Slack diluncurkan pada tahun 2013 dan dengan cepat jadi andalan bagi banyak perusahaan.

Tidak hanya jadi sarana mengobrol tetapi Slack bisa digunakan untuk kolaborasi antar tim.

Slack memiliki desain yang ciamik dengan dilengkapi oleh bot yang akan mengatur tindakan dan notifikasi otomatis.

Aplikasi Komunikasi Tim Alternatif: Microsoft Teams

Microsoft Teams: Aplikasi  komunikasi dan kolaborasi tim.
Microsoft Teams: Aplikasi komunikasi dan kolaborasi tim.

Microsoft Teams adalah aplikasi komunikasi tim yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu tim Anda bekerja sama dengan efektif.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan anggota tim melalui chat, panggilan video, dan panggilan suara. Selain itu, Anda juga dapat berbagi file dan dokumen, dan mengatur jadwal rapat dengan mudah.

Microsoft Teams juga memiliki fitur yang sangat berguna untuk tim yang bekerja secara remote, seperti fitur presentasi layar dan kontrol yang memungkinkan Anda untuk bekerja sama secara real-time, meskipun jarak yang jauh.

Peramban

Browser adalah aplikasi penting bagi setiap pengguna internet. Browser memungkinkan kita untuk mengakses situs web dan menelusuri berbagai informasi yang tersedia di dunia maya.

Namun, dengan banyak pilihan browser yang tersedia saat ini, memilih browser yang tepat dapat menjadi tugas yang sulit.

Oleh karena itu, kami telah membuat rekomendasi browser terbaik dengan meninjau fitur-fitur unggulan, kecepatan, keamanan, dan kompatibilitasnya untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Aplikasi Peramban Terbaik: Microsoft Edge

Microsoft Edge: Browser dengan perlidungan web tracker.
Microsoft Edge: Browser dengan perlidungan web tracker.

Microsoft Edge adalah browser yang sudah terinstal di Windows dan menjadi pilihan bawaan bagi pengguna Windows.

Microsoft Edge memiliki keunggulan lainnya karena lebih hemat RAM dibandingkan Chrome. Hal ini membuat kinerja komputer Anda lebih cepat dan stabil.

Microsoft Edge juga dilengkapi dengan pelindung dari pelacak dan malware. Fitur ini akan melindungi privasi Anda saat menjelajah internet dan mencegah adanya iklan yang mengganggu saat Anda menjelajah situs web.

Dengan kombinasi fitur hemat RAM, pelindung privasi, dan keamanan, Microsoft Edge menjadi browser terbaik yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan produktivitas Anda.

Aplikasi Peramban Alternatif: Mozilla Firefox

Mozilla Firefox: Browser dengan perlindungan privasi yang kuat.
Mozilla Firefox: Browser dengan perlindungan privasi yang kuat.

Firefox adalah browser terbaik yang dikenal karena kecepatannya dan privasi yang kuat. Firefox memiliki dukungan built-in Pocket, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman web yang Anda ingin baca nanti dengan mudah.

Selain itu, Firefox juga memiliki fitur screenshot built-in yang sangat berguna. Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot seluruh halaman atau area tertentu tanpa harus menginstal ekstensi tambahan.

Firefox juga menawarkan perlindungan terhadap pelacak, malware, dan iklan yang tidak diinginkan. Ini menjamin privasi Anda dan melindungi dari serangan cyber.

Desain

Aplikasi desain memiliki peran yang sangat penting dalam membantu para profesional dalam meningkatkan produktivitas terutama pekerjaan-pekerjaan yang perlu visual yang menarik.

Dengan aplikasi desain yang tepat, para profesional dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka dan menghasilkan karya yang kreatif dan berkualitas.

 Aplikasi Desain Terbaik: Canva

Canva: Aplikasi desain yang cocok untuk pemula.
Canva: Aplikasi desain yang cocok untuk pemula.

Canva dikenal sebagai aplikasi desain berbasis template yang sangat baik.

Aplikasi ini menyediakan ratusan ribu template, grafik, dan foto yang bisa digunakan, baik gratis maupun berbayar.

Dengan menggunakan Canva, Anda akan dapat dengan mudah menemukan banyak template yang dapat digunakan untuk poster, sampai postingan media sosial. Namun, Anda tetap dapat mengubah template tersebut sesuai kebutuhan dan kreativitas Anda.

Aplikasi Desain Alternatif: Adobe Express

Adobe Express: Aplikasi desain berbasis templat besutan Adobe.
Adobe Express: Aplikasi desain berbasis templat besutan Adobe.

Aplikasi desain alternative Canva yang kami rekomendasikan adalah Adobe Express.

Aplikasi ini merupakan aplikasi desain yang ringan, cepat, dan mudah digunakan.

Sebagai produk Adobe, aplikasi ini menawarkan fitur yang hampir sama baik pada versi Android maupun PC.

Dengan interface yang sederhana, Adobe Express memungkinkan Anda untuk membuat berbagai kebutuhan desain hanya dengan beberapa kali sentuhan saja.

Pembuatan Dokumen

Aplikasi pembuatan dokumen adalah alat yang sangat penting untuk produktivitas. Ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti menulis laporan, pembuatan surat, drafting kontrak, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Pembuatan Dokumen Terbaik: Microsoft Word

Microsoft Word: Aplikasi pembuatan dokumen terbaik.
Microsoft Word: Aplikasi pembuatan dokumen terbaik.

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pembuatan dokumen terbaik yang tersedia saat ini.

Aplikasi ini sangat popular karena banyak laptop baru yang sekarang sudah bundle dengan Windows dan Microsoft Office, sehingga banyak orang sudah familiar menggunakan Microsoft Word.

Fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Word sangat lengkap, seperti pembuatan dokumen, desain yang baik, serta pengeditan yang mudah.

Kemudahan berbagi dokumen juga menjadi salah satu kelebihan dari Microsoft Word, karena hampir semua komputer dengan sistem operasi Windows bundle dengan Microsoft Office.

Baca juga: 9 Perangkat Lunak Pengolah Kata Selain Microsoft Word (Free)

Aplikasi Pembuatan Dokumen Alternatif: Dropbox Paper

Dropbox Paper: Cara baru membuat dokumen
Dropbox Paper: Cara baru membuat dokumen

Dropbox Paper adalah aplikasi pembuatan dokumen alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti Microsoft Word.

Pengalaman membuat dokumen dengan Dropbox Paper semudah membuat catatan, ini jauh lebih sederhana dan user-friendly.

Fitur kolaborasi yang tersedia juga memungkinkan Anda untuk bekerja secara real-time dengan rekan kerja.

Meskipun fokusnya pada pembuatan dokumen, Dropbox Paper juga memiliki fitur unik, seperti kemampuan untuk membuat presentasi dari dokumen yang dibuat tanpa harus repot menggunakan aplikasi lain seperti Power Point atau Google Slides.

Pengolahan Data

Aplikasi spreadsheet adalah alat yang sangat penting untuk mengolah data. Ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan data

Aplikasi Spreadsheet Terbaik: Microsoft Excel

Microsoft Excel: Aplikasi pengolah data terbaik
Microsoft Excel: Aplikasi pengolah data terbaik

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet terbaik yang tersedia saat ini.

Kelebihan Microsoft Excel mirip seperti Microsoft Word yang sudah kita bahas sebelumnya, seperti laptop baru yang dilengkapi dengan Microsoft Office dan banyak orang yang sudah familiar dengan menggunakan Microsoft Excel.

Microsoft Excel sudah dipelajari sejak sekolah dasar, sehingga lebih banyak orang yang bisa mengoperasikan Excel. Selain itu, lebih mudah untuk mendapatkan bantuan jika mengalami kendala menggunakan Microsoft Excel karena komunitas pengguna Microsoft Excel yang besar.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Excel sangat lengkap, seperti pembuatan spreadsheet, pengolahan data, serta pengeditan yang mudah.

Aplikasi Spreadsheet Alternatif: Airtable

Airtable: Aplikasi pengolah data alternatif Microsoft Excel.
Airtable: Aplikasi pengolah data alternatif Microsoft Excel.

Airtable adalah aplikasi pengolah data alternatif yang efektif dibanding Microsoft Excel.

Aplikasi berbasis web ini memiliki antarmuka yang user-friendly dan intuitif, sehingga lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Excel.

Airtable juga memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti Google Drive, Trello, dll. Airtable memungkinkan Anda untuk mengolah data dengan lebih mudah dan cepat, dan membuat tampilan data lebih rapi dan teratur.

Presentasi

Presentasi yang menarik dipengaruhi oleh presentan yang memiliki kemampuan public speaking yang baik serta format slide powerpoint (PPT) yang menarik. Bagi Anda yang sering melakukan presentasi dalam keseharian, terdapat dua rekomendasi aplikasi presentasi yang dapat Anda coba.

Aplikasi Presentasi Terbaik: Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint: Aplikasi presentasi terbaik
Microsoft PowerPoint: Aplikasi presentasi terbaik

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi pembuat presentasi terbaik yang sangat populer dan digunakan di banyak instansi. Aplikasi ini juga dipelajari di banyak sekolah, sehingga sangat familiar bagi banyak orang.

Keunggulan lain dari Microsoft PowerPoint adalah ia dapat digunakan gratis karena sudah disertakan saat pembelian laptop windows baru.

Banyak pengguna Microsoft PowerPoint membuat mudah untuk berbagi file presentasi, sehingga sangat berguna bagi mereka yang bekerja dalam tim atau melakukan presentasi bersama.

Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, Microsoft PowerPoint menjadi pilihan yang tepat untuk membuat presentasi yang menarik dan profesional.

Baca juga: 11+ Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint (Gratis)

Aplikasi Presentasi Alternatif: Apple Keynote

Apple Keynote: Aplikasi presentasi yang elegan
Apple Keynote: Aplikasi presentasi yang elegan

Apple Keynote adalah aplikasi pembuat presentasi yang simpel. Aplikasi ini sangat cocok untuk membuat presentasi yang elegan seperti yang digunakan dalam acara Apple WWDC.

Apple Keynote tersedia gratis untuk macOS, iPadOS dan iOS.

Dengan tampilan yang minimalis dan elegan, Apple Keynote sangat cocok digunakan untuk membuat presentasi profesional yang memukau dan menarik.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini cukup lengkap, seperti transisi, animasi, dan template yang dapat diakses dengan mudah. Jika Anda menginginkan presentasi yang elegan dan profesional, Apple Keynote adalah pilihan yang tepat.

PDF Editor

Jika Anda membutuhkan file dokumen yang dapat dibuka di berbagai platform tanpa mengalami perubahan isi, maka format PDF adalah pilihan yang tepat.

Format ini banyak digunakan dalam e-book, file resmi, dan lain-lain. Namun, meskipun rapi dan dapat dibuka di berbagai platform, file PDF sulit untuk diedit.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menyorot, mengganti, atau menambahkan sesuatu pada file PDF, Anda akan membutuhkan PDF editor.

Aplikasi PDF Editor Terbaik: PDFelement

Wondershare PDFelement: Aplikasi PDF editor terbaik
Wondershare PDFelement: Aplikasi PDF editor terbaik

PDFelement adalah aplikasi PDF editor terbaik yang dapat membantu Anda untuk mengedit file PDF dengan mudah, seperti ketika Anda mengedit dokumen dengan format .docx.

Aplikasi ini dapat digunakan di sistem operasi iOS dan Android secara gratis.

Versi standar PDFelement sudah menyertakan fitur pengeditan yang lengkap, sementara versi pro memiliki tambahan fitur OCR untuk mengenali teks dalam gambar.

Dengan hadirnya PDFelement, produktivitas Anda akan jelas meningkat.

Aplikasi PDF Editor Alternatif: Foxit PDF Editor

Foxit PDF Editor: Aplikasi PDF Editor populer
Foxit PDF Editor: Aplikasi PDF Editor populer

Foxit PDF Editor adalah aplikasi PDF editor yang bisa jadi alternatif selain PDFelement.

Aplikasi ini berbayar, namun tersedia dalam versi trial sehingga Anda dapat mencoba fitur yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Foxit PDF Editor merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui tablet, browser, atau laptop yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan.

Anda dapat mengedit file PDF tanpa harus merubah bentuk file tersebut menjadi format lain. Foxit adalah aplikasi offline yang praktis dan mudah digunakan untuk mengedit file PDF.

Pemindai Dokumen

Jika dahulu Anda harus membeli alat scan atau pergi ke tempat foto copy untuk memindai dokumen, maka di jaman sekarang Anda bisa melakukannya hanya melalui smartphone saja.

Scan menggunakan smartphone tidak membatasi Anda untuk memindai dokumen tertentu. Segala jenis dokumen bisa terpindai dengan jelas melalui satu jepretan saja.

Aplikasi Pemindai Dokumen Terbaik: Microsoft Lens

Microsoft Lens: Aplikasi pemidai dokumen terbaik
Microsoft Lens: Aplikasi pemidai dokumen terbaik

Microsoft Lens adalah aplikasi pemindai dokumen yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi hasil pindaian dokumen menjadi berbagai format seperti PDF, DOCX, dan gambar.

Anda juga dapat menyimpan hasil pindai pada cloud storage seperti OneDrive.

Microsoft Lens didukung oleh teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang memungkinkan Anda untuk mencari teks yang ada di dalam gambar. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mencari informasi tertentu dari dokumen yang telah di-scan.

Microsoft Lens tersedia untuk Android dan iOS bagi Anda yang sering bekerja dengan dokumen dan membutuhkan pemindai dokumen yang handal.

Aplikasi Pemindai Dokumen Alternatif: CamScanner

CamScanner: Aplikasi pemindai dokumen populer
CamScanner: Aplikasi pemindai dokumen populer

CamScanner adalah aplikasi pemindai dokumen yang sangat populer di Play Store. Terbukti dengan lebih dari 100 juta unduhan. Tidak hanya terkenal di kalangan pengguna Android, CamScanner juga banyak digunakan oleh pengguna iOS.

Kesuksesan CamScanner disebabkan oleh kemampuannya dalam meningkatkan kualitas hasil pindaian, mengekstrak teks dari gambar, dan menambahkan keterangan pada dokumen yang di-scan.

Fitur-fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bekerja dengan dokumen dan membutuhkan pemindai dokumen yang handal dan mudah digunakan.

Video Konferensi

Penggunaan aplikasi video konferensi menjadi semakin populer seiring dengan maraknya pandemi Covid-19. Dalam situasi ini, sekolah, kuliah, dan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka, kini harus beralih ke bentuk daring, sehingga aplikasi video konferensi menjadi pilihan yang tepat.

Dari sekian banyak video konferensi yang ada, terdapat dua aplikasi video konferensi yang populer digunakan hingga saat ini.

Aplikasi Video Conferensi Terbaik: Zoom Meeting

ZOOM: Aplikasi konferensi video terbaik
ZOOM: Aplikasi konferensi video terbaik

Zoom menawarkan berbagai fitur berkualitas untuk memastikan rapat, webinar, atau kelas berjalan dengan lancar, seperti share layar, ruang tunggu, rekaman pertemuan, latar belakang virtual, dan banyak lagi. Bahkan, Zoom mampu memuat hingga 1.000 peserta dalam satu waktu, namun hal ini hanya tersedia bagi pelanggan Zoom Pro. Tanpa berlangganan, Zoom hanya bisa menampung maksimal 40 peserta.

Aplikasi Video Konferensi Alternatif: Google Meet

Google Meet: Aplikasi konferensi video alternatif ZOOM
Google Meet: Aplikasi konferensi video alternatif ZOOM

Google Meet resmi diluncurkan pada tahun 2017 dan segera menjadi aplikasi video konferensi populer seperti Zoom. Walaupun masih tergolong baru, sebelumnya aplikasi ini dikenal dengan nama Hangouts Meet.

Google Meet banyak digunakan karena memiliki antarmuka yang sederhana namun berkualitas. Aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan seperti mudah diakses dan cepat terintegrasi dengan akun Google, yang menjadi salah satu keunggulannya.

Baca juga: Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Meeting Jarak Jauh

Bookmark Manager

Aplikasi bookmark manager adalah solusi yang sangat berguna bagi mereka yang sering mencari dan membaca artikel dari internet. Dengan menggunakan bookmark manager, Anda bisa membaca artikel tanpa terganggu oleh iklan atau hal lain yang mengganggu.

Anda juga bisa membaca artikel dengan mudah di perangkat mobile, bahkan saat sedang offline. Bookmark manager memungkinkan Anda untuk menyimpan artikel untuk dibaca di waktu senggang

Aplikasi Bookmark Manager Terbaik: Pocket

Pocket: Aplikasi bookmark manager terbaik
Pocket: Aplikasi bookmark manager terbaik

Pocket merupakan aplikasi bookmark manager terbaik yang memiliki fitur yang lengkap.

Dengan menggunakan Pocket, Anda tidak akan merasa kesulitan saat membaca ratusan artikel yang telah Anda simpan.

Pocket menyusun artikel, gambar, dan video yang Anda simpan dengan rapi dan teratur. Pocket juga memungkinkan Anda membaca konten-konten yang telah Anda tambahkan ke Pocket tanpa koneksi internet.

Aplikasi Bookmark Manager Alternatif: Instapaper

Instapaper: Aplikasi bookmark manager alternatif Pocket.
Instapaper: Aplikasi bookmark manager alternatif Pocket.

Instapaper adalah alternatif yang bagus sebagai aplikasi bookmark manager.

Dengan tampilan minimalis dan sederhana, Instapaper membuat Anda nyaman membaca artikel-artikel yang telah Anda simpan.

Meskipun fitur-fiturnya tidak selengkap Pocket, Instapaper bisa membantu Anda fokus membaca artikel tanpa gangguan.

Pengelola Sandi

Sebagai orang yang aktif berselancar di dunia digital, keamanan sandi tentu menjadi hal yang penting. Untuk memastikan bahwa sandi yang Anda gunakan aman, Anda membutuhkan aplikasi pengelola sandi yang handal dan terpercaya.

Aplikasi Pengelola Sandi Terbaik: Bitwarden

Bitwarden: Aplikasi pengelola sandi gratis.
Bitwarden: Aplikasi pengelola sandi gratis.

Bitwarden adalah aplikasi pengelola kata sandi gratis yang berkualitas. Bitwarden tersedia di berbagai platform, seperti Windows, macOS, iOS, Android, dan Linux, dan juga dapat diintegrasikan sebagai ekstensi browser seperti Google Chrome, Safari, Firefox, dan bahkan Tor Browser.

Bitwarden memanfaatkan enkripsi AES-256 yang merupakan standar industri untuk aplikasi pengelola kata sandi. Apabila Anda membutuhkan fitur tambahan, berlangganan akun premium Bitwarden seharga $10 per tahun membawakan manfaat tambahan seperti laporan kesehatan vault, penyimpanan file 1 GB yang terproteksi dengan enkripsi, dan opsi autentikasi dua faktor yang lebih canggih.

Aplikasi Pengelola Sandi Alternatif: NordPass

NordPass: Aplikasi pengelola sandi alternatif Bitwarden.
NordPass: Aplikasi pengelola sandi alternatif Bitwarden.

NordPass adalah aplikasi pengelola sandi alternatif Bitwarden yang memiliki fitur yang tidak kalah baik.

NordPass memungkinkan Anda untuk membuat sandi yang kuat dan mendukung penyimpanan kredensial tak terbatas. Selain sandi, NordPass juga memungkinkan Anda untuk menyimpan data penting lainnya seperti kartu kredit dan identitas.

Sayangnya, versi gratis hanya mendukung satu perangkat, jadi jika Anda ingin menggunakan NordPass di banyak perangkat, Anda harus berlangganan versi premium.

Manajemen Proyek

Saat bekerja dengan tim, Anda membutuhkan media yang efektif untuk memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi. Aplikasi manajemen proyek yang fleksibel dan dapat digunakan oleh banyak orang sangat membantu dalam mencapai tujuan tersebut. Kini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Anda mengelola proyek, bahkan Anda dapat menemukan yang gratis.

Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik: ClickUp

ClickUp: Aplikasi manajemen proyek terbaik.
ClickUp: Aplikasi manajemen proyek terbaik.

ClickUp adalah aplikasi manajemen proyek yang mudah digunakan. ClickUp juga mendukung integrasi dengan aplikasi produktivitas lainnya.

Fitur-fitur ClickUp versi gratis sudah cukup untuk mengelola proyek individu atau tim kecil. Untuk memanfaatkan seluruh fitur, Anda perlu berlangganan Unlimited Plan.

Aplikasi Manajemen Proyek Alternatif: Asana

Asana: Aplikasi manajemen proyek untuk tim.
Asana: Aplikasi manajemen proyek untuk tim.

Asana mempermudah manajemen proyek dengan membagi proyek menjadi bagian dan sub-daftar. Ini membantu anggota tim untuk memahami tugas dan tanggung jawab mereka dengan jelas.

Dengan Asana, Anda dapat menambah, mengatur, dan menyelesaikan tugas dengan mudah, seperti menggunakan aplikasi “to-do list”. Namun, Asana memiliki fitur yang khusus diciptakan untuk kolaborasi tim, membuatnya lebih cocok digunakan dalam kerja tim.

Tanda Tangan Elektronik

Perlahan tapi pasti, cara membubuhkan tanda tangan di dokumen elektronik mulai menjadi hal yang sangat umum dilakukan. Jika Anda masih membutuhkan banyak langkah untuk membubuhkan tanda tangan, maka sudah saatnya untuk mencoba aplikasi tanda tangan elektronik. Berikut adalah dua aplikasi tanda tangan elektronik terbaik yang bisa Anda coba.

Aplikasi Tanda Tangan Elektronik Terbaik: Privy

Privy: Aplikasi tanda tangan elektronik Indonesia.
Privy: Aplikasi tanda tangan elektronik Indonesia.

Privy diciptakan dengan tujuan untuk membuat proses penandatanganan dokumen digital menjadi lebih mudah dan aman.

Aplikasi tanda tangan digital Privy memungkinkan pengguna untuk menandatangani dan meminta tanda tangan secara digital kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Tanda Tangan Elektronik Alternatif: TekenAja

TekenAja: Aplikasi tanda tangan elektronik Indonesia.
TekenAja: Aplikasi tanda tangan elektronik Indonesia.

TekenAja menyediakan layanan sertifikat digital dan tanda tangan digital yang aman dan terpercaya.

Fitur utama TekenAja termasuk platform terintegrasi (API, web portal, dan aplikasi mobile), tanda tangan secara masal, tanda tangan serial & paralel, deteksi keaktifan, autentikasi biometrik, dan pembuatan QR code di dokumen.

Time Tracking

Permasalahan jam kerja sering dihadapi oleh karyawan yang bekerja dari rumah atau pekerja lepas. Untuk membantu mengatasi masalah ini, gunakan aplikasi time tracking untuk mencatat jam kerja dan memastikan tugas dilakukan dengan baik.

Aplikasi Time Tracking Terbaik: Clockify

Clockify: Aplikasi pencatatan jam kerja gratis.
Clockify: Aplikasi pencatatan jam kerja gratis.

Clockify adalah aplikasi time tracking terbaik untuk membantu Anda membuat catatan jam kerja.

Anda bisa menggunakannya Clockify secara gratis dan jika membutuhkan fitur tambahan, Clockify juga menyediakan versi premium dan enterprise untuk perusahaan dengan karyawan remote.

Aplikasi Time Tracking Alternatif: Toggl Track

toggl track: Aplikasi pencatatan jam kerja terbaik.
toggl track: Aplikasi pencatatan jam kerja terbaik.

Toggl Track merupakan aplikasi time tracking yang tepat bagi para pekerja lepas.

Dengan Toggl Track, Anda bisa memantau waktu kerja dengan mudah dan efisien.

Namun, jika Anda membutuhkan kolaborasi dengan banyak orang, maka Anda perlu membayar biaya tambahan agar aplikasi ini bisa diakses oleh banyak orang.

Manajemen Media Sosial

Menjalankan bisnis modern saat ini tidak lepas dari media sosial. Melalui platform ini, Anda dapat menemukan peluang baru, membangun koneksi dan mempertahankan klien.

Namun, mengelola media sosial memerlukan taktik dan strategi yang tepat. Gunakan aplikasi manajemen media sosial untuk membantu mencapai tujuan bisnis Anda dengan mudah dan efektif.

Aplikasi Manajemen Media Sosial Terbaik: Buffer

Buffer: Aplikasi manajemen media sosial terbaik.
Buffer: Aplikasi manajemen media sosial terbaik.

Buffer adalah aplikasi manajemen media sosial yang bermanfaat untuk menjadwalkan konten.

Selain untuk menjadwalkan konten, Buffer juga menyediakan fitur analisis untuk mengetahui berapa tingkat keberhasilan dari konten yang telah Anda posting.

Aplikasi Manajemen Media Sosial Alternatif: Hootsuite

Hootsuite: Aplikasi manajemen media sosial dengan fitur lengkap.
Hootsuite: Aplikasi manajemen media sosial dengan fitur lengkap.

Hootsuite disebut-sebut sebagai aplikasi manajemen media sosial yang paling lengkap.

Dengan Hootsuite, Anda bisa dengan mudah menetapkan jadwal, memonitor, dan menganalisis perkembangan akun media sosial Anda.

Tidak hanya satu akun saja, Anda juga bisa menggunakan Hootsuite untuk menganalisis beragam media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan Pinterest.

RSS Reader

Suka membaca? Tentu Anda sudah familiar dengan aplikasi RSS reader. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membaca artikel dari berbagai website dalam satu tempat. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengunjungi websitenya satu per satu.

Aplikasi RSS Reader Terbaik: Feedly

Feedly: Aplikasi RSS reader paling populer.
Feedly: Aplikasi RSS reader paling populer.

Feedly adalah aplikasi RSS reader yang paling populer di pasar saat ini, dengan fitur AI canggih, manajemen feed yang baik, dan integrasi dengan aplikasi lain.

Meskipun versi gratisnya hanya dibatasi hingga 100 feeds, Feedly tetap merupakan aplikasi RSS reader terbaik yang tersedia di pasar saat ini.

Aplikasi RSS Reader Alternatif: Inoreader

Inoreader: Aplikasi RSS reader gratis.
Inoreader: Aplikasi RSS reader gratis.

Inoreader adalah aplikasi RSS reader yang memungkinkan Anda untuk menikmati konten web favorit Anda dengan cara yang lebih efisien.

Aplikasi ini menawarkan fitur seperti automasi, monitor kata kunci, dan filter feed. Versi gratis Inoreader mengukung hingga 150 feeds.

Semakin Produktif di 2023 dengan Aplikasi Produktivitas Terbaik!

Produktivitas berhubungan erat dengan kemampuan seseorang untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya. Ini berbeda dengan sibuk karena produktif fokus pada satu tujuan.

Untuk mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat dan efektif, Anda bisa manfaatkan aplikasi produktivitas.

Kami telah mengkurasi aplikasi produktivitas terbaik, mulai dari To-Do List hingga RSS Reader. Gunakan aplikasi-aplikasi ini dengan baik agar produktivitas Anda di tahun 2023 mencapai puncaknya.

Alfadhylla Rosalina

Alfadhylla Rosalina

Aktivis gerakan lingkungan, sanitasi, dan keamanan pangan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *