10+ Aplikasi Video Conference Terbaik 2022

Apakah aplikasi video conference masih digunakan setelah pandemi berakhir? jawabannya adalah masih.

Pandemi Covid-19 memang menjadi salah satu pemicu meningkatnya penggunaan aplikasi video conference di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena banyaknya aktivitas yang tidak bisa dilakukan secara offline atau tatap muka. 

Berdasarkan data yang dikutip dari CNN Indonesia, beberapa aplikasi video conference populer seperti Zoom dan Google Hangouts (sekarang Google Meet) mengalami peningkatan pengguna sebesar 20 hingga 23 persen.

Kebiasaan menggunakan aplikasi video conference tersebut pun masih berlanjut sampai sekarang, kendati kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. 

Tetapi tidak hanya Zoom dan Google Meet saja, terdapat banyak aplikasi video conference lain yang bisa mendukung Anda untuk kebutuhan bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya.

Supaya Anda bisa memilih video conference yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada artikel ini kami akan memberikan daftar aplikasi video conference lengkap dengan fitur, kelebihan serta kekurangan masing-masing aplikasi tersebut. Simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Video Conference?

Orang sedang melakukan video konferensi
Foto oleh LinkedIn Sales Solutions di Unsplash

Sebelum Anda melihat lebih jauh tentang berbagai aplikasi video conference, Anda perlu mengetahui apa itu video conference.

Video conference adalah teknologi yang memungkinkan pengguna yang berada di lokasi yang berbeda untuk mengadakan pertemuan tatap muka tanpa harus berpindah ke satu lokasi bersama.

Teknologi ini sangat nyaman serta praktis bagi para pengguna yang bergerak di bidang bisnis, perusahaan maupun personal dari berbagai kota dan negara yang berbeda.

Pemanfaatan video conference juga bisa membantu Anda mengefektifkan waktu dan biaya Anda. Misalnya saja Anda bergerak di bidang bisnis dan memiliki klien baru yang berada di luar kota. Butuh waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih mahal jika Anda bertemu secara langsung dibandingkan menggunakan aplikasi video conference.

Itulah kenapa video conference menjadi solusi berbagai masalah dan masih relevan digunakan hingga sekarang.

Perbedaan Video Conference Dengan Video Call

Meskipun sama sama bisa menampilkan video dan suara, video conference dan video call memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini beberapa perbedaannya.

  • Situasi percakapan. Aplikasi video conference biasanya digunakan untuk acara-acara formal seperti meeting kerja, kuliah, sekolah. Sedangkan video call hanya digunakan untuk situasi percakapan informal. Contohnya percakapan antar teman, sahabat ataupun dengan keluarga.
  • Jumlah audience. Aplikasi video conference mampu menampung ratusan bahkan ribuan audience sekaligus dalam satu waktu. Sedangkan audience yang mampu ditampung video call biasanya hanya percakapan antara dua orang atau beberapa orang saja.
  • Fitur pendukung. Aplikasi video conference memiliki banyak fitur yang lebih lengkap, seperti fitur share screen yang biasanya digunakan untuk presentasi, mute audience dan masih banyak lagi. Sedangkan di video call belum memiliki fitur-fitur tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terpercaya

10+ Aplikasi Video Conference Terbaik 

Selama ini Anda mungkin hanya mengenal Zoom atau Google Meet saja, padahal banyak sekali aplikasi video conference populer juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Saat memilih aplikasi video conference, yang perlu Anda perhatikan adalah fitur-fitur pendukung yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah daftar aplikasi video conference yang salah satunya mungkin cocok untuk kebutuhan Anda.

1. Zoom (Gratis dan Berbayar)

ikon aplikasi zoom meeting
Aplikasi Zoom Meeting. Foto oleh iyus sugiharto di Unsplash.
  • Situs Resmi: https://zoom.us/
  • Developer: Zoom Video Communications
  • Rating App Store: 4,6 / 5
  • Rating Play Store: 4,3 / 5
  • Harga: Mulai dari $14 / bulan
  • Platform: Windows, macOS, Linux, Android, iOS, Chrome OS

Semua orang pasti sudah mengenal aplikasi video conference yang satu ini. Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang paling populer dibandingkan lainnya.

Tidak heran jika Zoom Meeting sudah diunduh lebih mencapai 681 juta kali pada 2020.

Zoom memiliki banyak fitur yang mendukung aktivitas meeting online Anda, misalnya seperti share screen, waiting room, rekam meeting, virtual background dan masih banyak lagi.

Bahkan, Zoom mampu menampung hingga 1000 partisipan dalam satu waktu. Namun, Anda perlu berlangganan terlebih dahulu jika ingin menggunakan dalam kapasitas besar dan durasi yang lama.

Jika tidak ingin berlangganan, Anda tetap bisa menggunakan layanan Zoom. Namun, terbatas hanya untuk 100 pengguna dengan batasan durasi 40 menit. Layanan gratis tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meeting singkat dan sejenisnya.

Kelebihan Zoom 

Kualitas gambar dan juga audio menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Zoom. Video yang ditampilkan memiliki kualitas HD 720p meskipun menampung banyak pengguna.

Selain itu, fitur breakout yang dimiliki Zoom juga bisa membantu Anda menyediakan ruang diskusi baru diluar forum utama yang Anda selenggarakan.

Kekurangan Zoom

Meski harga awal langganan Zoom relatif terjangkau, namun seiring dengan bertambahnya peserta biaya langganan Zoom juga meningkat. Model paket langganan Zoom juga sangat beragam dan banyak add-on membuat konsumen sulit memilih mana paket yang tepat.

2. Google Meet (Gratis dan Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Google Meet
Tangkapan layar situs resmi Google Meet
  • Situs Resmi: https://meet.google.com/
  • Developer: Google
  • Rating App Store: 4,8 / 5
  • Rating Play Store: 4 / 5
  • Harga: Mulai dari $4,20 / Bulan
  • Platform: Android, iOS, Web

Google Meet merupakan aplikasi yang tergolong baru, karena baru diluncurkan secara resmi pada bulan Maret 2017.

Buat Anda yang belum tahu, Google Meet merupakan pengganti atau penerus aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts Meet.

Meskipun popularitasnya masih dibawah Zoom Meeting, tetapi Google Meet memiliki jumlah pengguna yang juga cukup besar. Pada periode Januari dan April saja, Google Meet diakses oleh 100 juta pengguna dalam satu hari.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Google Meet di antaranya seperti antar muka yang menarik, kemudahan dalam akses, serta terintegrasi dengan layanan Google lainnya sehingga lebih memudahkan penggunanya.

Kelebihan Google Meet

Google Meet memberikan akses gratis tanpa batasan waktu namun terbatas untuk 30 orang saja. Selain itu pihak Google sudah menjamin bahwa data data yang Anda tampilkan di Google Meet pasti aman.

Kekurangan Google Meet

Ketika jaringan internet Anda kurang stabil, hasil video yang muncul cenderung kurang maksimal. Jadi pastikan Anda memiliki jaringan internet yang stabil jika menggunakan Google Meet.

Selain itu Google Meet juga belum memiliki fitur untuk mengganti background.

3. Microsoft Teams (Gratis dan Berbayar)

ikon 3d microsoft teams
Microsoft Teams. Foto oleh Sunder Muthukumaran di Unsplash
  • Situs Resmi: https://teams.microsoft.com/
  • Developer: Microsoft
  • Rating App Store : 4,8 / 5
  • Rating Play Store : 4,5 / 5
  • Harga : Mulai dari $4 / Bulan
  • Platform: Windows, macOS, Android, iOS

Platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang diluncurkan oleh Microsoft ini merupakan pembaruan dari aplikasi Skype for Business. Hampir sama seperti Google Meet, Microsoft Teams juga diluncurkan pada tahun 2017.

Microsoft Teams sudah diintegrasikan dengan langganan Microsoft Office 365, sehingga pengguna yang sudah berlangganan Office 365 tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk menggunakan Microsoft Teams.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Microsoft Teams seperti Teams connect yang merupakan fitur yang memudahkan Anda untuk chatting dalam satu saluran khusus.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan Microsoft Teams dengan beberapa aplikasi eksternal seperti WebEx dan Slack. Serta masih banyak fitur-fitur lain yang sangat membantu pekerjaan Anda.

Kelebihan Microsoft Teams

Anda bisa lebih menghemat waktu kerja. Karena saat menggunakan Microsoft Teams, Anda bisa membuat catatan, menyimpan dokumen, melakukan obrolan dan video conference dalam satu platform tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya.

Anda juga bisa mengelola tugas dengan lebih baik. Karena Microsoft Teams terhubung dengan planner yang memungkinkan Anda mendelegasikan tugas dengan lebih baik dan terjadwal.

Kekurangan Microsoft Teams

Sayangnya Microsoft Teams memakan ruang penyimpanan yang cukup besar dan juga memiliki peningkatan risiko keamanan ketika digunakan.

4. Webex (Gratis dan Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Webex
Tangkapan layar situs resmi Webex
  • Situs Resmi: https://www.webex.com/ 
  • Developer: Cisco
  • Rating App Store : 4,5 / 5
  • Rating Play Store : 4,4 / 5
  • Harga : Mulai dari $13.50 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Android, iOS

Anda mungkin masih asing dengan aplikasi video conference berbasis web yang satu ini, popularitas Webex di Indonesia memang tidak sebesar aplikasi lainnya. Tetapi aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan.

Webex meeting merupakan aplikasi tatap muka secara online yang memungkinkan Anda melakukan audio & video conferencing, web conferencing, dan juga sharing berbagai jenis konten yang akan dipresentasikan.

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif penggunaan Zoom Meeting, karena fitur yang dimiliki Webex sebagian besar hampir sama dengan Zoom Meeting. 

Contohnya seperti setup priority view, set up layout view, recording, mute audience, sharing content, chat, hingga live streaming.

Versi gratis Webex bahkan sedikit lebih baik dari Zoom Meeting. Webex memberikan durasi meeting selama 50 menit dan peserta mencapai 100 orang.

Kelebihan Webex

Webex punya kelebihan di fitur whiteboarding dan note taking, software whiteboarding miliki Webex dinilai lebih fleksibel dan memiliki UI yang simpel.

Selain itu, breakout session yang dimiliki Webex juga memungkinkan Anda untuk memecah rapat besar menjadi maksimal 100 sesi yang lebih kecil.

Kekurangan Webex

Dibandingkan kompetitornya, User Experience Webex terbilang kurang mumpuni, begitupun dengan user interfacenya. 

5. GoTo Meeting (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi GoToMeeting
Tangkapan layar situs resmi GoTo Meeting
  • Situs Resmi: https://www.goto.com/meeting 
  • Developer : GoTo 
  • Rating App Store : 4,6 / 5
  • Rating Play Store : 4,4 / 5
  • Harga : Mulai dari $12 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Android, iOS

GoTo Meeting juga masuk di daftar salah satu aplikasi video conference yang banyak digunakan. 

GoTo Meeting merupakan sebuah sistem konferensi web yang cukup canggih dan bisa Anda jadikan sebagai pilihan ideal untuk melakukan konferensi online secara profesional.

Selain itu, GoTo Meeting juga memiliki tampilan antarmuka yang cukup ramah dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan GoTo Meeting sebenarnya tidak jauh beda dengan aplikasi video conference lainnya. Contohnya seperti fitur share screen, kualitas video HD, perekaman, dan lain sebagainya.

Namun, ada satu fitur menarik yang mungkin tidak dimiliki aplikasi lainnya yaitu fitur transkrip. Transkrip pertemuan yang direkam memberi Anda ringkasan tentang apa yang telah dikatakan.

Kelebihan GoTo Meeting

Beberapa kelebihan GoTo Meeting di antaranya memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, mudah untuk membuat rapat, serta memungkinkan Anda untuk mengadakan panggilan konferensi dan berbagi layar.

Kekurangan GoTo Meeting

GoTo Meeting belum memiliki opsi rapat lanjutan seperti membuat polling. Anda juga memerlukan GoTo Webinar untuk fitur webinar.

6. Zoho Meeting (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Zoho Meeting
Tangkapan layar situs resmi Zoho Meeting
  • Situs Resmi : https://www.zoho.com/id/meeting/ 
  • Developer : Zoho
  • Rating App Store : 4,1 / 5
  • Rating Play Store : 3,9 / 5
  • Harga : Mulai dari $3 / Bulan
  • Platform : Android, iOS, Web

Zoho Meeting merupakan salah satu layanan yang diluncurkan oleh perusahaan multinasional asal India yang bernama Zoho.

Perangkat lunak ini diluncurkan sebagai alat untuk para pemilik bisnis melakukan rapat secara online, berkolaborasi, dan bekerja jarak jauh dengan lebih efisien.

Hal yang menonjol dari aplikasi conference ini bukan hanya dari segi fitur yang ditawarkan, tetapi juga dalam hal keamanan. 

Dalam websitenya, Zoho menuliskan bahwa mereka berkomitmen melindungi privasi dan data penggunanya saat melakukan rapat online.

Kelebihan Zoho Meeting

Sudah bisa terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti Gmail hingga Microsoft Teams. Zoho Meeting juga mendukung Anda untuk melihat dan mengunduh data webinar yang Anda selenggarakan.

Kekurangan Zoho Meeting

Tidak tersedia customer support chat 24/7. Support hanya berupa user guides dan training materials di website Zoho Meeting.

7. TeamViewer Meeting (Gratis dan Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi TeamViewer Meeting
Tangkapan layar situs resmi TeamViewer Meeting

TeamViewer lebih terkenal sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. 

Di samping itu, mereka juga mengembangkan aplikasi lain yang salah satunya adalah TeamViewer Meeting. Aplikasi ini membantu Anda terhubung dengan kontak dan juga team Anda melalui konferensi video dan panggilan VoIP yang aman.

Sedikit berbeda dari beberapa aplikasi sebelumnya yang bisa diakses secara langsung melalui web, aplikasi video conference ini memerlukan instalasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Kelebihan TeamViewer Meeting

Kemudahan akses dengan 1-Click Instant Meeting menjadi salah satu keunggulan dari TeamViewer Meeting. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan.

Kekurangan TeamViewer Meeting

Fitur gratisnya sangat terbatas, karena hanya bisa digunakan untuk 5 partisipan saja.

8. Whereby (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Whereby
Tangkapan layar situs resmi Whereby
  • Situs Resmi : https://whereby.com/ 
  • Developer : Whereby
  • Rating App Store : 4,7 / 5
  • Rating Play Store : 3,1 / 5
  • Harga : $6,99 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Linux, iOS, Web

Sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan aplikasi video conference yang satu ini? Mungkin ini pertama kalinya Anda mengetahui aplikasi satu ini.

Whereby sebenarnya merupakan aplikasi video konferensi berbayar. Tetapi mereka tetap menyediakan versi gratisnya buat Anda yang ingin mencoba pengalaman menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang sebenarnya cukup menarik yang dimiliki whereby adalah customization. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah berbagai hal seperti nama, Link URL, dan branding.

Saat meeting berlangsung, Anda juga bisa memberikan live emoji yang tersedia di aplikasi ini.

Kelebihan Whereby:

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya dan juga memiliki kualitas video serta audio yang cukup bagus.

Kekurangan Whereby:

Versi gratis Whereby hanya bisa menampung 4 peserta dan tidak bisa melakukan perekaman.

9. Lifesize (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Lifesize
Tangkapan layar situs resmi Lifesize
  • Situs Resmi : https://www.lifesize.com/ 
  • Developer : Lifesize
  • Rating App Store : 2,7 / 5
  • Rating Play Store : 3,6 / 5
  • Harga : Mulai dari $19 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Android, iOS, Web

Anda merasa tidak cukup dengan kualitas video HD? Lifesize mungkin patut Anda coba.

Aplikasi video conference ini bisa dibilang salah satu yang memiliki video dengan kualitas terbaik karena didukung oleh teknologi 4K video conferencing. 

Ketajaman dan dan kejernihan gambar yang diberikan akan memberikan Anda pengalaman yang lebih baik ketika melaksanakan sebuah meeting online.

Anda juga bisa terhubung dengan beberapa aplikasi yang sudah terintegrasi, contohnya seperti Slack, Microsoft Outlook, HipChat, dll.

Kelebihan Lifesize:

Keamanan pengguna aplikasi ini sudah cukup baik karena menggunakan sistem end-to-end encryption dan automatic firewall.

Kekurangan Lifesize:

Membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi.

10. ClickMeeting (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi ClickMeeting
Tangkapan layar situs resmi ClickMeeting
  • Situs Resmi : https://clickmeeting.com/ 
  • Developer : Click Meeting
  • Rating App Store : 3,7 / 5
  • Rating Play Store : 3,6 / 5
  • Harga : Mulai dari $45 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Linux, Android, iOS, Web

ClickMeeting bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menyelenggarakan meeting online, kelas online, maupun webinar.

Memiliki tampilan antarmuka yang sangat mudah, membuat aplikasi ini juga mudah untuk dioperasikan. 

Aplikasi ini juga bisa melihat dan mengekspor info detail tentang webinar tertentu dan setiap data pada peserta individu, untuk lebih meningkatkan kinerja dan konten webinar Anda. Inilah yang menjadi salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh ClickMeeting.

Kelebihan ClickMeeting

Saat menyelenggarakan sebuah acara webinar, Anda bisa menyesuaikan opsi branding seperti menambahkan logo, mengubah warna halaman, dan mendesain ruang tunggu.

Kekurangan ClickMeeting

Terkadang masih terjadi keterlambatan/delay dalam webinar saat Anda menggunakan ClickMeeting di perangkat android.

Dari segi harga, biaya berlangganan aplikasi video conference ini juga cukup mahal.

11. Dialpad (Berbayar)

Tangkapan layar situs resmi Dialpad
Tangkapan layar situs resmi Dialpad
  • Situs Resmi : https://www.dialpad.com/  
  • Developer : Dialpad
  • Rating App Store : 4,3 / 5
  • Rating Play Store : 4,3 / 5
  • Harga : Mulai dari $23 / Bulan
  • Platform : Windows, macOS, Android, iOS, Web

Aplikasi video conference yang terakhir ada Dialpad. Aplikasi ini lebih ditujukan kepada para pemilik bisnis yang membutuhkan ruang untuk saling terhubung dengan tim dari seluruh dunia.

Dialpad tidak memiliki versi gratis, namun Anda bisa mencoba selama 14 hari sebelum Anda memutuskan berlangganan.

Selain bisa Anda gunakan untuk meeting tim, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai media untuk pelayanan customer bisnis Anda.

Kelebihan Dialpad

Dialpad memiliki fitur yang cukup lengkap yang bisa digunakan untuk memberikan pelayanan kepada customer bisnis Anda. Mulai dari messaging, meeting, business phone system, dan sudah memiliki built-in AI & analytics.

Kekurangan Dialpad

Versi trial hanya bisa digunakan maksimal 10 orang dan tidak menyertakan beberapa fitur AI seperti catatan pasca rapat otomatis.

Pilih aplikasi video conference sesuai kebutuhan Anda!

Setiap aplikasi video conference punya kelebihan dan kekurangannya masing masing, baik dari segi fitur, tampilan, kemudahan, kualitas hingga harga.

Sebelum memilih menggunakan salah satu aplikasi video conference, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui kebutuhan Anda dalam penggunaan video conference nantinya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah memilih aplikasi yang tepat.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Ada pertanyaan atau koreksi? Tulis di kolom komentar!