Cara Mengubah Port XAMPP di Windows

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam membangun website adalah dengan menginstall dan menggunakan XAMPP. Setelah berhasil terpasang pada device komputer atau pc, kini muncul masalah saat mengaktifkan Apache dan MySQL. Penyebabnya dapat dikarenakan port defaultnya tidak berfungsi sebab digunakan secara bersamaan pada beberapa fungsi. 

Pada tutorial kali ini, kami akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana cara mengubah port XAMPP di Windows. Tutorial dibagi menjadi dua bagian, yaitu Cara Mengubah Port Apache dan Mengubah Port MySQL XAMPP. Jika Anda hendak mengubahnya tapi masih bingung bagaimana caranya, lebih baik simak penjelasan berikut ini terlebih dahulu..

Secara default, web server Apache pada aplikasi XAMPP menggunakan port 80 dan 443 (pada SSL), sedangkan MySQL server menggunakan port 3306. Untuk mengatasi masalah port default yang tidak berfungsi tadi, solusinya adalah mengubah port default XAMPP tersebut. 

Pada bagian awal adalah tutorial Mengubah Port Apache. Pertama, kita akan mengubah port default pada file httpd.conf. Caranya, buka software XAMPP hingga menampilkan halaman control panelnya. Setelah berhasil tampil, klik menu Config pada bagian Apache dan pilih Apache (httpd.conf).

Jika sudah, setelah itu akan membuka file yang berisi beberapa barus kode yang ditampilkan pada notepad. Kini carilah kode atau kalimat yang tertulis “Listen 80” dan “ServerName localhost:80”. Kali ini kita akan mencoba mengubah port default 80 menjadi port 8080, caranya dengan langsung mengganti angkanya seperti dibawah ini : 

Cara Mengubah Port XAMPP di Windows

Cara Mengubah Port XAMPP di Windows

Jika sudah menggantinya, simpan dengan mengklik CTRL + S.

Kedua, buka menu Service dan Port Settings untuk mengubah port Apache. Selain itu, disini juga dapat mengubah port MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat. Caranya, buka menu Config XAMPP pada bagian kanan atas, kemudian setelahnya akan muncul Configuration of Control Panel, lalu klik menu Service dan Port Settings yang terletak pada bagian bawah, seperti berikut : 

Baca juga: Cara Membuat Virtual Host di Windows XAMPP

Setelah menu Service dan Port Settings terbuka, selanjutnya pilih tab Apache dan ubahlah Main Portnya menjadi 8080 atau sesuai dengan port yang dipilih sebelumnya (pada bagian ubah kode). Kita harus memastikan port yang diinputkan telah sesuai dengan port yang ada pada file httpd.conf tadi. Jika sudah selesai, klik CTRL + S lagi untuk menyimpan perubahan. 

mengubah port xampp 6

Ketiga, ini merupakan langkah terakhir dimana kita perlu memeriksa port tersebut sudah benar berubah atau belum. Caranya, klik tombol Start Apache, kemudian lihat angka pada port yang muncul apakah sudah berubah menjadi 8080. Jika sudah, maka kita telah berhasil mengubahnya. Cara mengecek yang kedua, dapat dengan mengakses http://localhost:8080 jika berhasil, maka Web Service Apache akan berjalan pada port 8080. 

 mengubah port xampp 5

Berikutnya, kita akan masuk pada bagian Cara Mengubah Port MySQL di XAMPP. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya.

Untuk mengubah port default pada MySQL hampir sama dengan mengubah pada Apache, hanya saja port default MySQL ini terletak pada file my.ini. Caranya, klik menu Config pada bagian MySQL, kemudian klik my.ini, seperti gambar berikut ini.

mengubah port xampp 3

Jika sudah berhasil, selanjutnya ubah kode “port=3306” menjadi “port=3308”, setelah itu simpan CTRL + S. 

Cara Mengubah Port XAMPP di Windows

Langkah berikutnya bukalah menu Service dan Port Settings untuk mengubah port MySQL. Caranya, buka menu Config pada bagian kanan atas, setelah muncul Configuration of Control Panel, klik menu Service dan Port Settings, seperti gambar berikut ini : 

mengubah port xampp 4

Setelah Service dan Port Settings terbuka, pilihlah tab MySQL dan ubah Main Port-nya menjadi 3308 atau menyesuaikan sesuaikan dengan port yang telah dipilih sebelumnya (pada file my.ini). Jika sudah berhasil, jangan lupa untuk klik CTRL + S, untuk menyimpannya. 

Baca juga: Tutorial Install WordPress Menggunakan XAMPP Localhost

mengubah port xampp 2

Langkah terakhir, kita harus mengecek apakah telah berhasil mengubah port default MySQL nya. Caranya, sama seperti pada Apache, yakni klik Start pada XAMPP Control Panel, kemudian lihatlah angka pada port yang muncul. Jika menunjukkan angka 3308, maka kita telah berhasil!

mengubah port xampp 1

Bagaimana, artikel ini benar – benar sangat membantu dan mudah diikuti, bukan? Kini kita semua dapat mengubah port default Apache dan MySQL XAMPP pada Windows. Silahkan ikuti tutorialnya kembali jika mengalami masalah Apache dan MySQL tidak bisa diakses pada browser, ya.. Selamat mencobanya!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?