CloudFlare Penjelasannya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Saat ini cloudflare memiliki banyak layanan yang telah tersedia dalam pasaran. Layanan yang tersedia bahkan mencapai 70 tools yang bisa dikembangkan untuk menunjang kebutuhan website bagi para pengguna.

Namun, sebelum mengenal lebih jauh dari pelayanan yang tersedia CloudFlare sebaiknya Anda perlu ketahui terlebih dahulu apa itu CloudFlare? Dan bagaimana cara kerjanya?.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah jaringan CDN (Content Delivery Network) yang menjembatani antara pengunjung dengan website. Cloudflare merupakan alat yang mempermudah komunikasi antara pengguna dan pengunjung dengan kecepatan loading website yang cepat dan memberikan keamanan pada sebuah website.

Ada tiga jenis pengunjung yang tidak menutup kemungkinan bisa berbahaya terhadap sebuah website. Berikut 3 jenis pengunjung dalam sebuah website:

1. Human Websites Visitors

Pengunjung (manusia) yang mengunjungi website karena tertarik dengan konten Anda.

2. The Internet Bot

Pengunjung robot atau bot yang merayap ke situs web yang bertugas mengindeks untuk melakukan pencarian. Contoh tugas bot ini untuk membaca konten Anda agar bisa dioptimalkan untuk SEO .

3. The spammer

Pengunjung yang memiliki tujuan penyerangan terhadap website Anda. Seperti spam atau bom backlink.

Baca Juga: Google Cloud CDN + Storage Bucket Untuk Menyajikan File Statis

Fungsi CloudFlare

  1. Meningkatkan kecepatan pada situs web.
    CloudFlare akan mengarahkan pengunjung website ke data center yang paling dekat. Hal itu tentunya bisa mempercepat akses loading website lebih cepat dibandingkan ketika tidak menggunakan CloudFlare.
  2. CloudFlare dapat mengurangi aktivitas bot, mengurangi serangan DDoS dan mencegah spam komentar.
    Fungsi CloudFlare yaitu menyaring komentar spam yang ada di website Anda. Dengan menggunakan data diri pihak ketiga, CloudFlare mampu melindungi website Anda dengan cara menyaring komentar yang ada di website Anda.
  3. Untuk Mengawasi Tindakan Berbahaya di Website
    Fungsi CloudFlare yaitu berfungsi untuk mengawasi tindakan berbahaya di website. Dalam hal ini, CloudFlare berperan untuk menerima berbagai permintaan akses yang selanjutnya akan dianalisa apakah pengunjung website tersebut merupakan pengunjung yang berbahaya atau tidak berbahaya.
  4. Laporan Visitor Website
    Memberikan laporan visitor apakah visitor tersebut berupa robot mesin pencari, ancaman, dan lalu lintas pengunjung manusia.
  5. Mengurangi penggunaan dari Resource Server
    Fungsi CloudFlare yang terakhir yaitu mampu mengurangi penggunaan dari resource server, contohnya penggunaan CPU yang ada pada hosting. Selain itu, jika ada lonjakan pengunjung, beban server bisa tetap aman.

Bagaimana Cara Kerjanya?

cloudflare

Cloudflare adalah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki jaringan lapisan keamanan. Ketika sebuah website Anda telah terdaftar pada layanan server Cloudflare maka semua akses dari lalu lintas web akan dialihkan melalui jaringan global Cloudflare.

Server Cloudflare akan menyimpan salinan file statis dari website Anda melalui server yang lebih dekat dengan pengunjung web Anda, menyesuaikan letak geografis lebih dekat dengan pengunjung web. Sehingga website akan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna.

Cloudflare menyimpan data dengan tipe seperti CSS, JavaScript, dan gambar. Cloudflare akan secara otomatis menentukan sumber data mana yang akan di-cache berdasarkan ekstensi file, jadi tidak memerlukan konfigurasi. Cloudflare juga melakukan kompresi untuk setiap permintaan.

Jaringan Cloudflare juga akan memblokir dan membatasi bot atau robot yang yang mengakses server yang mengakibatkan bandwidth boros.

Baca Juga: 6 Content Delivery Network Untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda

Cara Menambahkan CloudFlare di Website

  1. Masuk ke CloudFlare
  2. Pilih situs tempat Anda ingin menginstal aplikasi
  3. Buka tab Aplikasi
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda instal dari daftar dan klik pratinjau
  5. Anda dapat melihat pratinjau aplikasi itu di panel kanan (contoh Drift di bawah)
CloudFlare

Setelah itu klik instal dan Anda selesai!

Beberapa layanan yang mungkin Anda bisa coba, sebagai berikut:

  • Live Chat – Anda dapat berkomunikasi dengan potensial pelanggan Anda dengan Drift, Chatra.
  • Grow social media sharing – Gunakan Facebook seperti tweet tombol ini, AddToAny, simpan ke Pinterest dengan cepat.
  • Build Mailing List
  • Custome Code

Semoga artikel mengenai CloudFlare ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Jika berkenan terkait update dari blog kami Anda bisa melihat disini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.