10 Plugin Ini Mampu Meningkatkan Kecepatan Akses Website

WordPress merupakan CMS terpopuler di dunia yang memiliki ribuan plugin yang dapat digunakan oleh siapapun dalam mengoptimalkan WordPress mereka. Salah satunya meningkatkan kecepatan akses website dari sisi pengunjung. Kemungkinan ada beberapa plugin yang tidak memberikan efek besar, tetapi malah membuat website semakin lambat. Namun anda tidak perlu khawatir, hal-hal seperti diatas tidak akan terjadi  jika Anda menggunakan 10 plugin pilihan untuk meningkatkan kecepatan website  dibawah ini : 

1. W3 Total Cache

W3 Total Cache dapat mengakses suatu halaman dengan mudah. Plugin ini paling banyak digunakan, karena itu plugin ini sangat direkomendasikan. Untuk meringankan kerja suatu website tentunya Caching sangat diperlukan. Dengan W3 Total cache ini kita bisa mengakses suatu halaman, objek, bahkan database dengan mudah.

2. GTMetrix for WordPress

GTMetrix ini berfungsi untuk memantau seberapa cepat website kita diakses dan menganalisa kinerja website kita. Mulai dari waktu buka, jumlah permintaan, laporan link lengkapnya dan ukuran halaman. Anda juga bisa menambahkan API plugin ini di website Anda. Anda juga dapat memantau secara harian, mingguan, bahkan bulanan.

3. Cloudflare WordPress Plugin

Plugin ini dapat membantu mengoptimalkan dan memastikan bahwa IP Hosting anda tidak berubah. Cloudflare wordpress plugin juga dapat membantu memastikan bahwa website Anda sudah dioptimasi dengan layanan cloudflare. Manfaat lain dari plugin ini bisa mencakup informasi SPAM dari Cloudflare dan memastikan database server Anda berjalan secara optimal dan tidak mempengaruhi kecepatan akses website Anda.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Pengunjung Website

4. P3 (Plugin Performance Profile)

Jika website Anda masih lambat, Anda bisa mencoba plugin yang satu ini. Plugin ini dapat membantu Anda mendapatkan laporan tentang masalah pada website Anda. Plugin ini dapat melihat instalasi plugin di wordpress Anda dan mengamati setiap dampak dari plugin secara menyeluruh. Laporan yang diberikan berupa grafik dan profil yang dapat membantu Anda melaporkan apa saja yang terjadi di plugin wordpress Anda.

5. WP super Cache

Plugin ini juga tidak kalah bagus, bahkan bisa dikatakan favorit karena mudah penggunaannya. Dengan plugin ini Anda hanya butuh waktu 1 menit saja untuk mengatur plugin ini. Plugin ini memang memudahkan para penggunanya untuk mengatur website dengan mudah dan cepat. Hal itu dilakukan agar pengunjung website dapat menikmati website dengan baik.

6. WP Rocket

kecepatan akses website

Plugin ini bisa dikatakan sederhana, dengan usaha yang minimum namun hasil nya besar. Plugin ini sudah digunakan kurang lebih 26000 website di seluruh dunia loh! Plugin ini bisa langsung diaktifkan setelah Anda melakukan instalasi dan aktivasi. 

7. WP Fastest Cache

Dengan plugin ini kita bisa memblokir cache di halaman tertentu. WP Fastest Cache memungkinkan kita untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur caching untuk mobile dan menggunakan login secara terpisah. Cache tercepat memberikan dukungan dengan CDN.

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

8. jsDelivr

kecepatan akses website

Pluggin ini berbeda dengan fitur cache, jsDelivr mengutamakan optimasi Javascript dalam memaksimalkan kinerja website. jsDelivr merupakan CDN gratis, yaitu Javascript yang digunakan oleh hosting file website.

9. WP-Optimize

kecepatan akses website

WP Optimize adalah plugin yang bisa dikatakan penting dan bahkan harus ada di setiap website WordPress. Beban-beban akan lebih ringan jika Anda menggunakan plugin ini. WP Optimize bekerja dengan mengoptimalkan database tanpa melakukan query secara manual, maka dari itu ia dapat membersihkan semua string database yang tidak perlu. Sehingga membuat website anda semakin cepat.

10. LiteSpeed Cache for WordPress

Plugin ini berbasis PHP yang dapat diinstall dari LiteSpeed Web Server(LAWS) dan membangun halaman cache yaitu LSCache. LSCache dibangun langsung ke LSWS, hingga mengurangi secara signifikan beban akses website.

Untuk meningkatkan performa website, Anda dapat menggunakan plugin di WordPress. Namun bukan berarti Anda harus menginstal banyak plugin. Selain itu Anda juga perlu mengimbanginya dengan Web Hosting yang dibuat khusus untuk WordPress. Hal ini dikarenakan kebutuhan website yang menggunakan CMS WordPress dan lainnya berbeda. Mereka membutuhkan spesifikasi web server yang mampu mendukung kecepatan dan juga keamanan dari WordPress sendiri. Bahkan mendukung untuk melakukan update versi WordPress, tema dan juga plugin secara rutin dan tidak mengganggu kerja website. 

Baca juga : Plugin Elementor Gratis Untuk Landing Page WordPress

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?