Cara Buat Landing Page Facebook

Para pemilik bisnis UMKM kini mulai menyebarkan target pasar mereka ke area yang lebih luas lagi. Bukan hal yang mengagetkan lagi, karena kita sendiri sudah hidup di zaman yang serba digital. Di mana transaksi jual beli sudah bisa dilakukan melalui website, toko online, dan media sosial.

Menurut data Kementerian Koperasi & UKM, dari 65 juta UMKM, baru 17,25 juta atau kurang lebih 26,5% UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital. Hal ini bisa terjadi karena banyak UMKM yang belum berpengalaman dan tidak tahu cara melakukan pemasaran digital.

Akibatnya, yang kalah bersaing cenderung mengurungkan niatnya untuk kembali berbisnis.

Salah satu cara promosi sederhana yang bisa digunakan oleh UMKM adalah dengan menggunakan landing page. Landing page bisa dibuat secara profesional oleh digital marketing agency atau bisa Anda buat secara mandiri dengan memanfaatkan Facebook canvas yang gratis.

Baca juga: Apa itu Landing Page?

Alasan Menggunakan Landing Page Facebook

Aplikasi media sosial yang banyak digunakan netizen Indonesia adalaha Facebook. Bahkan, pengguna Facebook di Indonesia menempati peringkat ke 2 di dunia dengan jumlah 142,5 juta orang!

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Anda bisa maksimalkan marketing UMKM ke banyak orang melalui Facebook ini. Di samping menyediakan format pemasaran konvensional seperti upload gambar, video, atau fitur iklan seperti carousel ads dan collection ads, di Facebook Anda juga bisa membuat landing page yang gratis dan cukup mudah dibuat.

Penggunaan landing page Facebook sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki website. Saat membuat landing page di Facebook Canvas, Anda bisa mencantumkan kontak, gambar, dan informasi yang lebih lengkap.

Alasan lain mengapa Anda harus menggunakan landing page Facebook adalah karena Facebook Canvas sudah mobile friendly. Perlu Anda ketahui bahwa masyarakat Indonesia lebih suka mengakses segala bentuk informasi melalui mobile atau perangkat seluler.

Karena sudah mobile friendly, maka Anda tidak perlu takut jika landing page yang Anda buat tidak pas dengan resolusi layar handphone yang kecil. Konten landing page Facebook sudah disusun agar pengunjung bisa nyaman dalam membaca informasi di dalamnya.

Manfaat Landing Page Facebook

Selain gratis, landing page Facebook juga memiliki tiga manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut adalah tiga manfaat dari landing page Facebook:

1. Bisa Menarik Perhatian Pengunjung

Landing page Facebook cocok dibuat sebagai brand awareness, di mana Anda dapat mengenalkan produk andalan ke pengunjung dengan diselipi desain dan copywriting yang mengikat. Dengan cara ini, pengunjung bisa dengan mudah memahami dan mengetahui produk yang Anda tawarkan.

2. Memudahkan Pengunjung Melakukan Tindakan Segera (Konversi)

Mayoritas pengunjung bisa berada di landing page setelah mereka mengklik iklan yang muncul di Facebook. Artinya pengunjung tertarik dengan iklan yang Anda pasang.

Alih-alih membuat mereka bingung dengan beragam pilihan di website atau toko online, landing page justru bisa memudahkan pengunjung untuk bisa segera melakukan konversi.

3. Membangun Komunikasi di Dalam dan Luar Facebook

Rajin berinteraksi dengan pembeli dan calon pembeli di profil Facebook adalah upaya yang bagus untuk membangun sebuah komunitas. Namun apa jadinya bila akun Facebook Anda terkena hack?

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan landing page sebagai sarana untuk mengumpulkan info pengunjung. Info tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi dan interaksi melalui Whatsapp atau email.

Poin Penting Dalam Membuat Landing Page Facebook yang Menarik

Perlu Anda ketahui, bahwa landing page yang baik memiliki beberapa poin penting yang bisa menentukan menarik atau tidaknya landing page milik Anda di mata pengunjung. Poin-poin tersebut di antaranya adalah:

1. Sederhana

Tampilan pada landing page harus dibuat sederhana. Sederhana di sini harus meliputi desain, copywriting, dan gambar. Karena jika berlebihan bisa menyebabkan calon pembeli terganggu.

Gunakan seminimal mungkin fitur dalam landing page sebagai upaya untuk menjaga pengunjung tetap fokus pada produk yang Anda tawarkan.
Anda perlu menetapkan brand guideline atau ciri khas dari perusahaan, karena dua unsur ini adalah dasar untuk menentukan gaya desain landing page Facebook.

2. Jelas

Landing page Facebook harus ditampilkan dengan pesan yang lugas. Lebih baik tawarkan sedikit pilihan, daripada menampilkan terlalu banyak penawaran.
Karena tujuan dari landing page sendiri adalah untuk memudahkan pengunjung mengambil konversi.

3. Relevan

Landing page Facebook yang Anda buat harus relevan dengan iklan yang anda posting.

Apabila Anda mengiklankan produk kerudung segi empat paris, jangan mengarahkan pengunjung ke landing page kerudung pashmina jersey. Selain bisa membuat pengunjung bingung, nantinya mereka juga malas berkunjung lagi ke iklanmu, karena sudah tidak percaya lagi.

Karena landing page bisa menciptakan first impression, maka buat landing page yang baik dan sesuai agar usaha Anda bisa dipercaya. Selain itu, pastikan Anda tidak membuat satu landing page untuk semua iklan.

4. Membicarakan Tentang Manfaat dari Penawaran

Konten yang ditampilkan pada landing page sifatnya terbatas. Oleh karena itu, jangan lupa jelaskan ke pengunjung tentang manfaat dari penawaran atau unique selling point dari penawaran yang Anda buat.

Misalnya Anda menjual produk jamu. Maka, Anda bisa cantumkan kalimat “Minuman Sejuta Manfaat dari Alam”.

Penjelasan mengenai manfaat di landing page bisa Anda posisikan sebagai sebuah keunggulan yang membedakan produk/jasa/campaign Anda dengan milik kompetitor.

5. Konten yang Memikat

Konten yang bisa Anda masukkan ke dalam landing page biasanya berbentuk foto dan video. Foto dan video yang digunakan pun tidak bisa asal-asalan, karena pengunjung lebih tertarik pada foto dan video yang jelas agar bisa melihat detail lengkap produk/jasa/campaign yang Anda tawarkan.
Tanpa konten, landing page yang Anda buat akan terlihat kosong dan tidak menarik.

6. CTA yang Eye Catching

Salah satu cara agar pengunjung bisa segera melakukan konversi adalah dengan mencantumkan CTA (Call to Action) atau ajakan.

Bagian CTA biasanya diletakkan di bagian awal landing page, dengan font dan warna yang menonjol daripada bagian lainnya. Contoh CTA yang bisa digunakan antara lain, Start Now, Beli Sekarang, Pesan Sekarang, dan lain sebagainya.

7. Hanya Ada Satu Tujuan

Segala sesuatu yang ada di landing page harus difokuskan pada 1 tujuan saja. Mulai dari copywriting, foto, dan desain harus difokuskan untuk mendorong pengunjung untuk melakukan konversi.

Jangan memasukkan apa pun yang tidak sesuai dengan tujuan. Serta hindari hal-hal yang dapat mengalihkan atau mengurangi perhatian.

Baca juga: 9 Elemen Penting Agar Landing Page Menghasilkan Konversi

Cara Membuat Landing Page Facebook

1. Membuat Fanpage

Sebelum membuat landing page melalui fitur Facebook Canvas, Anda terlebih dahulu harus memiliki fanpage Facebook. Jika Anda belum membuatnya, berikut adalah cara membuatnya (wajib menggunakan laptop atau computer)

  • Login ke akun Facebook Anda
  • Klik menu “Akun”, dan pilih “Halaman”
akun facebook
  • Lengkapi data diri usaha Anda, mulai dari “Nama halaman”, “Kategori”, dan “Sampul foto”
buat halaman facebook
  • Apabila ingin menghubungkan halaman Facebook ke WhatsApp, lengkapi juga nomor telepon Anda.
halaman facebook ke whatsapp
  • Fanpage sudah selesai dibuat.

2. Membuat Landing Page di Facebook Canvas

  • Jika Anda kesulitan mencari menu Facebook Canvas di Facebook, coba ketikkan “Facebook Canvas” di Google. Pilih link “Instant Experience Facebook: Iklan Layar Penuh di Perangkat”
facebook canvas
  • Setelah masuk ke halaman Facebook Canvas, pilih tombol “Buat iklan” di pojok kanan atas.
facebook canvas 2
  • Jika tampilan halaman sudah seperti ini, klik “Buat” (pilihan bewarna hijau).
halaman buat iklan di facebook
  • Buat “Kampanye baru”, dan pilih “Lalu lintas kunjungan”.
  • Ganti nama set iklan. Di sini saya menuliskan “Landing Page”
  • Beralih ke bagian “Landing Page”, ubah bagian “Nama iklan” dengan tulisan “Landing Page”.
  • Scroll ke bawah dan pilih “Gambar atau Video Tunggal”. Kemudian centang “Tambahkan instant experience”.
  • Pilih jenis template “Instant experience khusus”.
  • Pilih komponen untuk ditambahkan, terdapat komponen “Tombol”, “Karosel”, “Foto”, “Blok teks”, “Video”, dan “Header”.
pilih komponen untuk ditambahkan
  • Kreasikan landing page Anda dengan pilihan-pilihan yang sudah disediakan.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menerbitkannya dengan klik tombol hijau “Terbitkan”.

Optimasi landing page Facebook perlu dilakukan secara berkala, sebagai upaya untuk menarik minat pengunjung dari waktu ke waktu. Uji berbagai warna, copy, gambar, dan elemen desain perlu dilakukan untuk melihat, apakah landing page ini sesuai dengan target pasar Anda atau tidak.

Menjalankan tes seperti ini akan membantu Anda memahami poin-poin mana saja yang harus disertakan dan dihindari dalam landing page.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat dan mengelola landing page, kami dengan senang hati bisa membantu Anda. Kami menyediakan jasa pembuatan landing page yang dibuat secara profesional guna menjawab kebutuhan promosi UMKM Anda. Jadi tunggu apalagi? Percayakan kebutuhan landing page Anda, karena kami adalah Partner Terbaik Go-Bisnis Digitalmu!

Alfadhylla Rosalina

Alfadhylla Rosalina

Aktivis gerakan lingkungan, sanitasi, dan keamanan pangan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Ada pertanyaan atau koreksi? Tulis di kolom komentar!