Cara Membuat Landing Page

Sebelum masuk ke cara-cara membuat Landing Page, perlu Anda tahu terdapat dua jenis landing page, yaitu Lead Generation Landing Page dan Click Through Landing Page :

  • Lead Generation Landing page bertujuan untuk mengumpulkan informasi calon pelanggan potensial (leads) seperti email, nomor telepon, dan lainnya. Sebagai gantinya perusahaan memberikan imbalan seperti e-book gratis, layanan konsultasi gratis, dan semacamnya.
  • Click Through Landing page berfungsi sebagai tempat calon pelanggan melakukan pembelian. Terdapat Call to Action (CTA) jelas yang mendorong mereka untuk membeli produk.

Membuat Landing Page Menggunakan WordPress

Dibawah ini akan saya jelaskan cara membuat landing page menggunakan WordPress, kenapa WordPress? seperti yang Anda tahu, WordPress banyak kelebihan, salah satu nya mudah untuk digunakan.

Cara Membuat Landing Page Menggunakan WordPress

1. Silahkan Log in ke WordPress
2. Buat Halaman Baru

Setelah Log in Anda akan diarahkan ke halaman Dashboard WordPress. Lalu lihat di bagian kiri,pilih “Pages” lalu klik “Add New”.Setelah itu tulis judul halaman baru, jangan lupa klik “Publish”.

3. Masuk ke Halaman Landing Page

Arahkan halaman utama tampilan ke website WordPress ke halaman landing page yang dibuat. Silahkan klik menu “settings” kemudian klik “reading”. Pada bagian “Your homepage displays” pilih “A static page”, untuk masuk ke halaman landing page. Di bagian homepage pilih halaman baru yang Anda buat tadi. Jangan lupa simpan perubahan, klik “Save Changes”.

Baca juga : Plugin Elementor Gratis Untuk Landing Page WordPress

Menggunakan plugin gratis dari WordPress

Atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan plugin gratis dari WordPress. Contoh plugin gratis dari WordPress yaitu Beaver Builder. Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Silahkan unduh plugin, pasang dan aktivasi plugin Beaver Builder. Setelah berhasil aktivasi plugin Beaver Builder, buka menu Setting Beaver Builder untuk melakukan konfigurasi.

2. Masukkan license key dengan mengklik tombol “Enter License Key”. Anda bisa mendapatkan kode lisensi tersebut dari akun yang sudah Anda buat.

3. Buka menu “Pages” lalu klik “Add New” untuk membuat landing page Anda. Banyak tema WordPress  sudah menyediakan template page builder atau template full width.

4. Pilih page builder kosong atau template full-width di kolom “Page Attributes” di sebelah kanan. Kemudian tulis judul landing page Anda di kolom judul dan klik “Save”. Selanjutnya, klik tab “Beaver Builder” di atas post editor untuk membuka editor Beaver Builder.

5. Beaver Builder akan menampilkan template halaman yang Anda pilih di langkah sebelumnya. Anda perlu mengklik tombol “Add” di pojok kanan atas dan mengubahnya menjadi tab template.

6. Selanjutnya adalah tugas Anda untuk memilih poin apa saja di template tersebut dan edit yang menurut Anda perlu diedit. Anda bisa menambahkan atau mengurangi item kolom di template melalui tab Row (Baris).

7. Setelah mengedit kolom, sekarang pindah ke tab module. Tab Module Beaver Builder memungkinkan Anda untuk mengganti teks, warna background, gambar, heading, tombol, video, audio, countdown timer, hingga menyesuaikan lebar dan tinggi kolom.

8. Setelah menambahkan konten-konten yang diperlukan untuk landing page dan sudah selesai dengan desain Anda, Anda bisa mengklik tombol “Done” di pojok atas dan menyimpan atau langsung menerbitkan landing page Anda.

Baca juga : Apa Itu HRIS (Human Resources Information System)?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Cara Membuat Landing Page”

× Konsultasi GRATIS dengan kami?