5+ Plugin Figma Populer yang Menyediakan Library Icon

Plugin library icon merupakan plugin yang wajib diinstal oleh UI/UX Designer yang menggunakan Figma.

Figma sendiri merupakan software desain berbasis cloud yang memungkinkan Anda bekerja secara kolaboratif dengan tim Anda. Software ini juga memiliki banyak kelebihan yang bisa mempermudah Anda untuk menyelesaikan pekerjaan desain Anda.

Salah satu kelebihannya adalah banyaknya plugin yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan dan produktivitas Anda dalam bekerja, contohnya seperti plugin library icon.

Plugin library icon berisi sekumpulan ikon yang bisa Anda gunakan untuk mendukung tampilan desain Anda agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pengguna.

Dengan menggunakan plugin library icon, Anda tidak perlu repot-repot mencari dan mengunduh ikon dari luar dan memasukkannya ke dalam Figma. 

Namun, perlu Anda tahu juga bahwa plugin library icon yang tersedia di Figma tidak hanya satu. Ada banyak pilihan plugin library icon dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Penasaran apa saja plugin library icon yang bisa digunakan di Figma? Simak artikel ini sampai akhir.

Plugin Library Icon Terbaik untuk Figma

Jika Anda menggunakan software desain lain seperti Photoshop dan sejenisnya, ketika ingin menambahkan ikon ke dalam desain, Anda perlu mengunduh dan memasukkannya secara manual ke dalam software tersebut. Atau bisa juga dengan membuat sendiri ikon yang Anda inginkan.

Anda bisa menambahkan ikon dengan mudah di Figma, tinggal instal plugin icon library yang sudah tersedia di Figma Community kemudian cari dan tambahkan ikon yang ingin Anda gunakan. Jauh lebih mudah dan menyingkat waktu.

Ada banyak plugin library icon populer yang biasa digunakan di Figma. Berikut adalah 5+ plugin Figma yang menyediakan library icon:

Feather Icons

Feather Icons: Plugin library icon untuk Figma
Feather Icons: Plugin library icon untuk Figma

Feather Icons adalah salah satu plugin library icon yang terdiri dari kumpulan 287 ikon dengan berbagai bentuk. Setiap ikon yang tersedia juga bisa Anda ubah warnanya sesuai dengan kebutuhan.

Plugin library icon yang satu ini sudah open source di bawah lisensi Figma Community Resource. Jadi, semua ikon yang tersedia bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

Jenis ikon yang tersedia di Feather Icons merupakan jenis outline icon atau yang sering juga disebut sebagai line icon. Jenis ikon yang satu ini memberikan kesan lebih clean dan modern pada tampilan website atau software yang Anda kerjakan.

Fitur Unggulan

  • Koleksi ikon terbaik membantu desainer lebih cepat memilih ikon.
  • Desain ikon yang seragam dan konsisten.

Developer: Cole Bemis
Tautan Plugin: https://www.figma.com/community/plugin/744047966581015514 

Iconduck

Iconduck: Plugin library icon untuk Figma
Iconduck: Plugin library icon untuk Figma

Iconduck merupakan plugin library icon yang menyediakan lebih dari 120.000 ikon yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

Tidak hanya ikon saja, di dalam plugin ini juga termasuk emoji, ilustrasi, logo, bendera, dan masih banyak lagi. Semuanya sudah tersedia lengkap di Iconduck.

Semua ikonnya juga bisa dengan mudah Anda cari, pilih, dan gunakan ketika sedang membuka proyek di Figma.

Fitur Unggulan

  • Menyediakan banyak sekali ikon-ikon populer seperti Twitter Bootstrap Icons, Twemoji (Twitter emojis), Noto Emojis (by Google), EmojiTwo (emojis), Google Material Design Icons, OpenMoji (emojis), Mozilla FxEmojis (emojis) dan lain sebagainya.
  • Bisa mengunduh ikon berbagai ukuran dalam format PNG.
  • Menyimpan ikon ke favorit untuk akses lebih cepat.
  • Pencarian set ikon / ilustrasti secara spesifik.

Developer: Iconduck & Oliver Nassar
Tautan plugin: https://www.figma.com/community/plugin/1074084347757622122 

Iconify

Iconify: Plugin library icon untuk Figma
Iconify: Plugin library icon untuk Figma

Iconify merupakan salah satu plugin yang sangat populer digunakan oleh pengguna Figma. Maka dari itu tidak heran jika plugin ini sudah diinstal lebih dari 1,2 juta pengguna. 

Tersedia lebih dari 100 set ikon yang berisi lebih dari 100.000 ikon dalam bentuk vektor yang bisa Anda tambahkan ke materi desain Anda. Bisa dibilang Iconify merupakan salah satu plugin terbaik dan terlengkap yang ada di Figma.

Jika Anda mencari di Google, tidak sedikit juga yang menyarankan plugin ini untuk Anda coba gunakan. Uniknya ketika Anda mencari ikon dengan mengetikkan kata kunci, akan muncul banyak sekali alternatif jenis ikon yang bisa Anda pilih. Baik itu line icon, flat icon, hingga colored icon.

Fitur Unggulan

  • Menyediakan berbagai jenis ikon untuk setiap keyword yang Anda cari.
  • Mengubah warna secara langsung di jendela plugin Iconify.

Developer: Iconify & Vjacheslav Trushkin
Tautan plugin: https://www.figma.com/community/plugin/735098390272716381/Iconify 

Icons8

Icon8: Plugin library icon untuk Figma
Icon8: Plugin library icon untuk Figma

Icons8 merupakan plugin icon library yang menyediakan lebih dari 300.000 koleksi ikon, foto, dan juga ilustrasi untuk mendukung proyek desain yang sedang Anda kerjakan.

Ikon yang tersedia di Icons8 dibuat oleh desainer yang memang memiliki spesialisasi untuk membuat ikon. Mereka menyediakan lebih dari 40 gaya ikon di plugin ini.

Icons8 menawarkan dua versi untuk pengguna yaitu gratis dan berbayar. Akses gratis terbatas pada PNG dalam ukuran yang lebih kecil, sedangkan jika Anda berlangganan ke versi berbayar, maka Anda akan mendapatkan lisensi komersial untuk semua gambar dalam format apapun.

Fitur Unggulan

  • Memisahkan ikon, foto, dan ilustrasi ke dalam menu yang berbeda-beda.
  • Menyediakan fitur filter untuk masing-masing menu.
  • Tersedia 40+ gaya ikon.

Developer: Icons8
Tautan plugin: https://www.figma.com/community/plugin/791103617505812222/Icons8-Free-Icons 

Iconscout

Iconscout: Plugin library icon untuk Figma
Iconscout: Plugin library icon untuk Figma

Iconscout merupakan salah satu plugin library icon yang cukup populer digunakan di Figma. Di dalamnya tersedia lebih dari 4.7 juta aset desain yang terdiri dari icon, ilustrasi, 3D assets, bahkan tersedia juga animasi.

Jumlah tersebut juga akan terus bertambah karena setiap hari ada lebih dari 41.000 aset baru yang ditambahkan ke dalam Iconscout. 

Kenapa bisa sebanyak itu? alasannya adalah karena Iconscout mengkurasi aset dari banyak sumber yang sudah bergabung dan terdaftar menjadi kontributor di Iconscout.

Maka dari itu, tersedia versi gratis dan juga berbayar jika Anda ingin mendapatkan aset yang lebih banyak lagi.

Hal yang sedikit berbeda dari Iconsout dengan plugin library icon yang sudah kita bahas sebelumnya adalah Anda perlu membuat akun di website Iconscout terlebih dahulu, setelah itu Anda baru bisa menggunakan plugin ini.

Fitur Unggulan

  • Semua ikon dan aset desain lainnya bisa disesuaikan.
  • Kemampuan menerapkan warna baru ke semua aset sesuai dengan palet warna dengan instan.

Developer: IconScout
Tautan plugin: https://www.figma.com/community/plugin/744098704933821409 

Iconsax

Iconsax: Plugin library icon untuk Figma
Iconsax: Plugin library icon untuk Figma

Iconsax merupakan plugin baru jika dibandingkan dengan beberapa plugin yang kita bahas sebelumnya. Versi pertamanya baru dirilis pada 30 September 2022.

Meskipun masih baru, plugin ini sudah digunakan lebih dari 20.000 orang dan masuk di plugin icon yang sedang trending saat artikel ini ditulis. Itu artinya, plugin ini sangat menarik untuk Anda coba.

Iconsax menyediakan lebih dari 6.000 ikon dengan 6 gaya yang berbeda. Sehingga memudahkan Anda ketika ingin memilih ikon yang sesuai dengan gaya desain yang Anda buat.

Fitur Unggulan

  • Memiliki 6 gaya yang berbeda (Linear, Outline, Bold, Bulk, Two-tone, Broken)
  • Bisa diaplikasikan dengan cara drag & drop.

Developer: Hasan Ahani
Tautan plugin: https://www.figma.com/community/plugin/1157650182274906132 

Cara Instal Plugin di Figma

Sebelum bisa digunakan di Figma, Anda perlu menginstal terlebih dahulu plugin yang Anda inginkan. Cara instal plugin Figma cukup mudah, silahkan ikuti beberapa langkah berikut:

  • Buka aplikasi Figma, kemudian pergi ke profil Anda dan klik menu Community, atau Anda bisa tekan langsung ikon globe yang berada di kiri atas.
Halaman beranda aplikasi Figma
Langkah 1: Cara instal plugin di Figma
  • Setelah itu gulir sedikit ke bawah dan ubah menu All resources menjadi Plugins. Maka di situ akan ditampilkan plugin yang bisa Anda instal.
Laman Figma Community
Langkah 2: Cara instal plugin di Figma
  • Jika Anda tidak menemukan plugin yang ingin Anda instal, Anda bisa menggunakan kotak pencarian Figma Community yang terletak di bagian atas untuk mencari pluginnya.

    Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menginstal plugin Iconify, maka Anda bisa ketikkan nama plugin tersebut.
Laman plugin di Figma Community
Langkah 3: Cara instal plugin di Figma
  • Langkah terakhir, klik Try it out dan plugin tersebut sudah bisa Anda gunakan di Figma.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menginstal plugin Figma.

Baca juga: Tool Desain Selain Figma yang Perlu Anda Ketahui

Pilih Plugin Icon Library Terbaik untuk Mendukung Desain Anda!

Itulah beberapa jenis plugin library icon yang tersedia di Figma. Plugin yang tersedia di Figma memang sangat beragam.

Ada plugin yang mengharuskan Anda login terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa digunakan. Ada juga yang harus berlangganan ketika ingin mendapatkan fitur dan aset yang lebih lengkap. 

Namun, tidak sedikit pula plugin yang bisa Anda gunakan secara gratis dan sudah sangat cukup untuk mendukung pekerjaan Anda dalam membuat desain UI/UX, semua bisa Anda pilih tergantung kebutuhan.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Ada pertanyaan atau koreksi? Tulis di kolom komentar!