Tips – Tips Membuat Promo Menarik untuk UMKM

Konsumen tentu senang dengan yang namanya promo. Inilah mengapa banyak pesta belanja online dinanti-nantikan oleh konsumen maupun pebisnis. Makanya banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran terutama menjelang akhir tahun. Dengan banyaknya brand yang menawarkan promosi, bisnis tidak bisa lagi sekadar menawarkan promo berupa potongan harga. Diperlukan trik dan upaya tertentu untuk bisa menarik konsumen agar memilih untuk membeli produk. Berikut tips-tips membuat promo menarik untuk UMKM yang bisa kamu terapkan pada brand mu!

Tips Membuat Promo Menarik untuk UMKM :

Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia menuntut para pebisnis UMKM agar semakin kreatif dalam menyusun strategi pemasarannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir, di sini saya akan memberikan beberapa strategi pemasaran yang efektif untuk Anda lakukan :

1. Ciptakan Produk yang Unik

Siapkan produk yang unik terlebih dahulu. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menangani persaingan diluar sana karena banyak konsumen loyal yang menggunakan produk Anda. Tidak hanya itu, dengan menciptakan produk yang unik juga dapat meningkatkan ketertarikan kosumen terhadap produk Anda.

2. Tujuan Iklan yang Jelas

Selanjutnya Anda bisa membuat iklan, sebelum itu tentukan tujuan iklan Anda terlebih dahulu. Tujuan yang jelas akan mempermudah Anda dalam mencapai tujuan iklan. Misalnya jika Anda memiliki UMKM kuliner, maka Anda bisa memperkenalkan varian rasa terbaru kepada konsumen atau yang lainnya. Sehingga Anda hanya terfokus pada satu tujuan saat membuat iklan tersebut.

Baca Juga: 5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

3. Membuat Online Marketing

untuk UMKM

Pemasaran secara online biasa disebut online marketing, Online marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis UMKM Anda. Dengan online marketing Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan. Ada beberapa macam cara untuk mempromosikan produk Anda, seperti content marketing, sosial media marketing, Google Ads, atau video marketing.

Manfaatkan platform online seperti email, push notification, dan media sosial lainnya dapat meningkatkan jangkauan promo. Kalian juga dapat membuat promo dengan syarat harus merepost postingan promo di akun media sosial mereka.

4. Buat Promo Menarik

untuk UMKM

Salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan membuat promo. Promo yang bisa Anda gunakan adalah dengan memberikan potongan harga, kupon hadiah, cashback atau promo yang lainnya. Anda bisa membuatnya di hari-hari penting atau yang biasa disebut promo musiman, seperti harbolnas, lebaran, natal, dan tahun baru. Dengan mengadakan promo spesial pada moment – moment tertentu kita dapat menarik konsumen. kalian bisa menentukan tema yang sesuai dengan momen – momen agar terlihat up to date.

Contohnya seperti gambar diibawah, promo Shopee dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

untuk UMKM

Untuk meningkatkan urgensi berikan durasi waktu pada promo. Durasi promo bisa beragam jangka waktunya, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam seperti flash sale. Dengan cara ini, konsumen yang tertarik akan segera membeli produk agar tidak ketinggalan. Selain batas waktu, kamu juga bisa memberikan batas jumlah customer yang bisa mendapatkan promo. 

5. Konsisten Menjalankan Strategi Pemasaran 

untuk UMKM

Tujuan dari strategi ke-lima ini adalah utuk membangun kepercayan konsumen terhadap UMKM Anda. Misalnya jika Anda menggunakan strategi Sosial Media Marketing untuk mempromosikan UMKM Anda, maka Anda harus tetap konsisten untuk membuat konten-konten dan melakukan evaluasi agar menghasilkan konten yang berkualitas.

Baca juga : 5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Tips – Tips Membuat Promo Menarik untuk UMKM”

× Konsultasi GRATIS dengan kami?