tampilan website pada sebuah layar komputer

Kapan waktu yang tepat membuat website untuk bisnismu?

Anda pemilik bisnis yang masih bingung memikirkan waktu yang tepat untuk membuat website?sudah mempertimbangkan untuk membuat website tapi masih ragu-ragu? 

Pada artikel ini kami akan memberikan gambaran jelas tentang kapan waktu yang tepat bisnis Anda harus membuat website. sehingga membuat Anda lebih yakin dan bisa segera memutuskan untuk membuat website.

Pertumbuhan bisnis digital yang semakin pesat, membuat keberadaan website menjadi salah satu komponen penting yang harus ada dalam sebuah bisnis. baik itu bisnis kecil atau bisnis yang sudah berskala besar.

Selain bisa digunakan sebagai salah satu media promosi untuk meningkatkan penjualan, adanya website pada bisnis Anda  juga bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran seseorang terhadap keberadaan bisnis Anda.

Alasan pemilik bisnis belum membuat website

seorang developer website yang sedang bekerja di depan tiga layar desktop
Sumber : Pexel.com

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu tahu bahwa bisnis e-Commerce atau bisnis yang berbasis digital semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dilansir dari indonesia.go.id, Gubernur Bank Indonesia memproyeksikan perdagangan digital tumbuh sebesar 33,2% pada 2021.

Itu artinya, persaingan bisnis juga akan semakin tinggi dan bisnis-bisnis baru akan semakin banyak bermunculan. Sedangkan bisnis yang tidak mampu bersaing pada akhirnya akan tumbang.

Bisnis-bisnis yang tidak memiliki keunikan dan tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi akan tumbang dengan sendirinya. Karena semakin hari, orang akan lebih selektif dalam memilih mana bisnis yang terpercaya dan mana yang tidak.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis kita. Selain berada di berbagai media sosial, membuat sebuah website juga bisa menjadi salah satunya.

Website dengan kriteria tertentu bisa menjadi salah satu dari banyaknya alasan bisnis Anda lebih dipercaya. Berbeda dengan media sosial yang hanya membutuhkan jaringan internet, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah website.

Namun, banyak pemilik bisnis yang masih ragu untuk membuat website karena berbagai alasan.

1. Pertimbangan biaya membuat website

Para pemilik bisnis merasa biaya pembuatan website terlalu mahal. Padahal jika dipertimbangkan secara jangka panjang, biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang didapatkan oleh perusahaan.

Saat ini juga sudah banyak jasa pembuatan website yang menawarkan harga yang cukup terjangkau. Cukup dengan menyampaikan website seperti apa yang bisnis Anda butuhkan, serta pertimbangan anggaran yang Anda miliki, maka website yang Anda butuhkan bisa segera terealisasi.

2. Ketersediaan sumber daya manusia

Belum adanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk membuat dan mengelola website, menjadi alasan berikutnya. Selain itu, Anda mungkin merasa belum terlalu butuh untuk merekrut tenaga yang khusus di bidang ini.

Hal itu wajar, karena memang dalam membuat website membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus. Selain itu, sebuah website juga memerlukan pemeliharaan agar tetap bisa berjalan optimal.

Namun, sebagai pemilik bisnis yang punya visi yang besar, tentunya Anda harus memikirkan masalah ini. karena semakin hari, teknologi informasi akan terus berkembang dan itu berpengaruh terhadap berbagai bidang salah satunya dalam bidang bisnis.

3. Belum mengetahui manfaatnya

Selanjutnya, pengetahuan tentang manfaat adanya website untuk sebuah bisnis menjadi penyebab yang banyak dialami oleh para pemilik bisnis.

Banyak dari pemilik bisnis yang masih belum tahu apa saja fungsi dan manfaat yang bisa dia dapatkan ketika sudah memiliki website.

Nyatanya, cukup banyak manfaat yang akan didapatkan. Contohnya seperti untuk branding, marketing, selling dan lain sebagainya.

4. Masih menunggu waktu yang tepat

Menunggu timing yang tepat. itulah alasan banyak pemilik bisnis masih menunda-nunda ide mereka untuk merealisasikan sebuah website.

Padahal, Anda seharusnya bisa menciptakan timing anda sendiri untuk keputusan-keputusan yang menurut anda krusial dan bisa berdampak besar pada bisnis.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Email Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda Berkembang

Waktu yang Tepat untuk Membuat Website

tampilan sebuah wbsite di layar tablet
Sumber : Pexel.com

Setelah mengetahui berbagai alasan yang membuat Anda masih ragu untuk membuat website, sekarang saatnya Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membuat sebuah website. 

Kebutuhan dan perlakuan pada setiap bisnis memang berbeda, misalnya strategi pemasaran bisnis kuliner akan berbeda dengan bisnis fashion dan lain sebagainya. Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa menganalisa dengan baik apa saja kebutuhan yang bisa membuat bisnis anda terus berkembang.

Beberapa faktor berikut ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk memutuskan kebutuhan dan waktu yang tepat untuk membuat sebuah website.

1. Ketika ingin mempromosikan bisnis lebih luas 

Semakin besar target customer yang ingin Anda jangkau, semakin beragam pula strategi yang harus Anda gunakan untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Membuat website bisa menjadi salah satu sarana yang tepat untuk bisnis Anda menjangkau lebih banyak orang di internet. apalagi jika Anda mampu menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimitation) yang tepat.

Penerapan SEO yang tepat membantu website Anda mudah ditemukan di mesin pencarian google, hal itulah yang nantinya akan meningkatkan potensi bisnis Anda dikenal lebih luas lagi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan website untuk beriklan di Google Ads dan mengumpulkan database calon customer bisnis Anda.

2. Ketika ingin meningkatkan kredibilitas bisnis

Saat ini siapapun bisa membuka bisnis di internet dengan cara yang sangat mudah, bahkan hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet.

Hal itu ternyata mempengaruhi kebiasaan seseorang dalam berbelanja dan mencari informasi secara online. orang cenderung mengecek kredibilitas sebuah bisnis dari berbagai sumber sebelum akhirnya yakin melakukan transaksi.

Membuat website bisa membantu meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan calon customer terhadap bisnis Anda dengan catatan :

  • Memiliki tampilan yang menarik
  • Mudah diakses
  • Memuat informasi yang lengkap seperti kontak, alamat, detai produk/jasa, portfolio dan lain sebagainya.

3. Ketika ingin memberikan informasi lebih detail terkait bisnis/produkmu

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk/jasa yang Anda tawarkan, seseorang pasti membutuhkan informasi lebih detail tentang bisnis, produk/jasa yang Anda miliki.

Membuat website khusus untuk bisnis Anda, bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah.

Calon customer bisa menemukan segala informasi tentang bisnis, produk, atau jasa yang Anda tawarkan tanpa harus bertanya kepada Anda.

Meskipun akan tetap ada saja yang bertanya secara langsung, namun dengan adanya website tersebut Anda tidak perlu lagi menjelaskan satu persatu dengan detail. karena semua informasi sudah tersedia disitu.

4. Ketika ingin menghemat waktu dan pengeluaran

Masih terkait dengan poin sebelumnya, bayangkan jika Anda atau tim Anda harus menjawab setiap pertanyaan dari calon customer atau orang yang ingin bekerjasama dengan bisnis Anda.

Pasti akan banyak waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Semakin banyak waktu yang dibutuhkan itu artinya juga akan semakin banyak pengeluaran.

Jika semua informasi sudah tersedia dengan lengkap di website, Anda bisa mengalihkan sumber daya yang ada untuk memaksimalkan yang lain.

Baca juga : Memilih Tema Website Untuk Menarik Banyak Pelanggan

Kesimpulan

Kemudahan dan kecepatan teknologi membuat para pebisnis juga harus cepat dalam berfikir dan mengambil keputusan.

Jika bisnis Anda memerlukan salah satu atau bahkan empat faktor diatas, artinya sekaranglah waktu yang tepat untuk membuat sebuah website.

Selain itu, semakin cepat bisnis Anda memiliki website, bisnis Anda selangkah lebih maju dari kompetitor yang mungkin saat ini belum terfikirkan untuk membuat website.

Banyak sekali sumber informasi yang bisa Anda jadikan panduan tentang cara membuat website, atau jika tidak memiliki sumber daya yang mampu merealisasikan hal itu, Anda bisa menghubungi Techarea dan berkonsultasi tentang website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?